3 Bisnis Online Ibu Rumah Tangga

3 Bisnis Online Ibu Rumah Tangga

Bisnis online kini banyak digemari semua kalangan karena kemudahan dalam operasionalnya . Meskipun begitu , masih banyak orang yang menganggap remeh akan bisnis online , anggapan bahwa bisnis ini hanyalah untuk sampingan atau penambah uang jajan belaka masih diterapkan dalam pola pikir masyarakat . Memang , bisnis online tidak seperti bisnis kebanyakan yang menawarkan kesibukan nyata baik di rumah atau tempat usaha sehingga terkesan kegiatan atau usaha berbasis internet ini seperti pekerjaan sia-sia , Cuma membuang waktu dan menguras kantong serta pikiran . Memang tak salah anggapan seperti ini , namun jika kita tahu apa itu hakikatnya , tentu akan ketagihan .

3 bisnis online ibu rumah tangga
bisnis online ibu rumah tangga

Anggapan semacam diatas memang wajar , karena dalam benak mereka terutama ibu rumah tangga bahwa bisnis online itu semacam MLM yang harus mencari anggota baru agar dapat keuntungan bahkan tak jarang yang berujung penipuan . Ketika kita mencari ide akan bisnis online di internet , muncul informasi – informasi yang menyesatkan seperti modal berapa ratus ribu rupiah nanti akan dapat puluhan juta rupiah dalam jangka waktu relatif singkat tanpa harus bekerja . Si pemilik informasi atau situs penyedia informasi tersebut memberikan testimonial palsu agar korban percaya dan mentransfer , setelah transfer langsung tidak digubris oleh pemilik situs.

Karena ketidaktahuan akan hakikat bisnis online , masyarakat kita terjerumus kedalam praktik MLM yang menyesatkan seperti contoh kasus diatas . Padahal , bisnis online itu sama halnya dengan bisnis di dunia nyata yaitu ada sesuatu yang bisa kita jual atau perdagangkan . Bisnis itu berjualan , berjualan yang dikemas dengan skema tersusun rapi sehingga skema kerja bisa berjalan dengan baik . Nah , bisnis online juga demikian , apabila anda tidak punya barang atau jasa yang diperjualbelikan maka anda tidak akan mendapatkan keuntungan . Bisnis online bukanlah metode singkat untuk cepat kaya seperti informasi-informasi menyesatkan yang beredar , namun sebuah proses untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh pelaku bisnis .

Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis online yang bisa dilakukan siapa saja termasuk ibu rumah tangga yang ingin mendirikan usaha rumahan . Bisnis ini bisa dikerjakan di rumah sembari mengasuh anak atau mengurus rumah .

•    Bisnis Toko Online

3 bisnis online ibu rumah tangga
bisnis toko online
Toko online ini luas cakupannnya , apakah anda akan menggunakan toko online untuk berjualan produk atau justru menjual toko online ? jika anda memilih opsi pertama yaitu toko online berjualan produk , anda bisa membeli paket toko online lalu isi dengan produk yang ingin anda jual . Sedangkan jika anda memilih opsi kedua , maka anda harus menguasai tentang web design beserta pengetahuan mengenai hosting , CMS , SEO dan sebagainya . Untuk ibu rumah tangga disarankan untuk memilih opsi pertama saja ya , biar tidak pusing .

•    Bisnis dropship

Kalau bisnis dropship ini jualan produk tapi kita tidak punya produknya di rumah . Jadi kita hanya sebatas perantara saja alias makelar , namun pendapatan kita didasarkan pada selisih harga jual ke pembeli dengan harga dari penjual . Untuk pemasaran produk sendiri bisa dilakukan secara online atau offline , atau juga bisa menggunakan toko online yang berbayar .

•    Bisnis afiliasi

Hampir mirip dengan dropship , namun afiliasi ini tidak berhubungan langsung dengan pembeli atau penjual . Kita hanya sebagai perantara saja yaitu menggiring konsumen untuk membeli produk melalui link afiliasi kita sehingga di situs , tertampilah statistis afiliasi kita . Keuntungan bisa didapatkan manakala ada konsumen yang membeli barang melalui link anda . Afiliasi di Indonesia itu sendiri beragam mulai dari produk nyata seperti mesin jahit mini hingga produk digital atau ebook seperti profit sms marketing dan sebagainya . Untuk produk-produk nyata , anda bisa mendaftarkan diri menjadi pemasar atau afiliasi di situs tokoone.com , sedangkan jika anda ingin menjual produk digital bisa mendaftar di ratakan.com
3 bisnis online ibu rumah tangga
bisnis online afiliasi
Lalu , dari kedua produk tersebut manakah yang memberikan profit besar ? untuk profit besar atau tidak itu tergantung seberapa pandai anda dalam memasarkan link afiliasi , jika anda punya blog dengan kunjungan tinggi katakanlah 1000 pengunjung setiap harinya dan rata-rata pengunjung adalah kaum wanita , maka situs tokoone.com bisa menjadi pilihan karena kaum wanita hobi berbelanja . Apalagi link afiliasi ini harus membuahkan pembelian barang menggunakan metode keranjang belanja yang mana masyarakat Indonesia belum terbiasa dengan hal seperti itu .
Namun , jika anda lebih memilih komisi besar anda lebih baik memilih ratakan marketplace . Karena , komisi yang dihasilkan setiap ada penjualan dari produk digital tersebut bisa mencapai >50% dan harga produk digital tersebut umumnya ratusan ribu rupiah .
Itulah 3 bisnis online ibu rumah tangga yang bisa jadi merupakan tren usaha rumahan ditahun 2015 , karena tahun 2015 diprediksi pengguna Internet akan terus bertambah serta bisnis online akan bertumbuh pesat . Tahun 2015 mendatang , bisnis online masih terbuka lebar untuk siapa saja yang mau menggelutinya .