4 Cara Membuat Masker Aloe Vera Sesuai Jenis Kulit

Ternyata manfaat aloe vera sangat kuat dalam hal kecantikan. Anda bisa membuat maskernya agar bisa memancarkan kecantikan alami. Kandungan zat yang terdapat dalam lidah buaya ini sangat banyak dan berkhasiat untuk kesehatan kulit.

gel-lidah-buaya

Aloe vera mengandung vitamin C dan E yang mampu menjaga kelembaban, mengencangkan, serta meregenerasi sel kulit. Hormon giberelin serta auksin di dalamnya mampu mencegah inflamasi. Agar aman dalam pemakaiannya, berikut ini adalah cara membuat sesuai jenis kulit.

  1. Kulit Normal

Kulit normal merupakan jenis kulit yang tingkat sensitivitasnya rendah, sehingga tidak rentan terhadap zat atau suatu keadaan tertentu. Kelembabannya juga baik, tidak berlebihan atau kekurangan. Dalam membuat masker untuk kulit normal juga mudah.

Pertama, campurkan 1 sdm gel aloe vera dengan tepung garam sebanyak 1 sdm serta air perasan jeruk 1 sdt. Setelah tercampur merata, oleskan masker tersebut pada area wajah dan leher sampai merata. Biarkan sampai 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  1. Kulit Berminyak

Jenis kulit ini mempunyai tingkat kelembaban tinggi, sehingga mudah terkena persoalan seperti jerawat ataupun komedo. Lidah buaya mengandung zat antiinflamasi dan vitamin E yang bisa meregenerasi sel kulit, sehingga persoalan kulit berminyak bisa diatasi.

Cara membuat maskernya adalah dengan merebus lidah buaya dan blender sampai menjadi pasta kental, lalu tambahkan beberapa tetes madu. Setelah maskernya jadi, oleskan masker secara merata di area wajah dan biarkan selama 15 menit. Bilaslah dengan air hangat. Lakukan hal ini sebanyak sekali seminggu.

  1. Kulit Sensitif

Kulit sensitif ini lebih rentan dengan tingkat sensitivitas kulit tinggi. Persoalan kulit seperti alergi, jerawat, dan seputar masalah kulit lainnya mudah menyerang. Untuk itu, dalam memakai masker alami sekalipun harus berhati-hati.

Cara membuat masker aloe vera untuk kulit sensitif adalah mencampurkan gel lidah buaya dengan jus mentimun. Tambahkan juga air mawar ataupun minyak esensial. Oleskan masker ini di area wajah sampai leher. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

  1. Kulit Kering

Berbeda dengan kulit kering. Jenis kulit ini mudah mengalami kerutan ataupun penuaan dini. Tingkat kelembabannya rendah. Aloe vera mengandung vitamin C dan E yang mampu menjaga kelembaban kulit dan meregenerasi sel yang mati atau mengerut.

Anda bisa menggunakan masker aloe vera dengan cara mencampurkan gelnya dengan butter dan minyak zaitun hingga membentuk pasta kental. Oleskan pada wajah dan leher sampai 20 menit, lalu bilaslah menggunakan air bersih dan hangat.

Berbagai jenis kulit tersebut punya sensitivitas berbeda. Karenanya, cara pembuatan masker alami dari aloe vera juga berbeda dan menyesuaikan kondisi kulit. Anda harus memahami bagaimana jenis kulit dan menggunakan cara pembuatan yang sesuai. Gunakan secara rutin agar memperoleh manfaat aloe vera secara optimal.