4 Hal yang Paling Berpotensi Mengancam Kesehatan Anak

kesehatan anak

Anak-anak memang rentan dengan segala bentuk ancaman kesehatan. Daya tahan tubuh akan segolongan penyakit pun secara normal memang tidak bisa didapatkan dengan sempurna di masa kecil. Selain itu, anak-anak juga tidak bisa menjaga segalanya sendiri melainkan harus dengan arahan orang tuanya. Nah, orang tua pun harus mengetahui hal apa saja di sekitar anak yang paling berpotensi mengancam kesehatan anak seperti di bawah ini.

  1. Bahan Kimia

Masalah kebersihan lingkungan merupakan faktor yang kadang terlupakan oleh sebagian besar orang tua. Padahal, perlu Anda ketahui bahwa anak-anak sangat rentan terhadap bahan kimia yang dihasilakan dari asap kendaraan bermotor, cemaran pestisida, bahkan debu sekalipun.

Mulai benahi lingkungan terdekatnya dahulu, yaitu rumah. Rajinlah membersihkan rumah dan bebaskan asap dari rumah seperti asap rokok misalnya. Walaupun merokok di luar, orang yang merokok tersebut tidak boleh langsung menyentuh anak apalagi bayi sebelum mengganti pakaian, mandi dan mencuci tangan.

  1. Tas Sekolah

Lo, kenapa tas sekolah? Iya, sekali lagi, hal ini rasanya jarang diperhatikan oleh para orang tua. Tas sekolah yang berat juga dapat mengancam kesehatan anak. Tidak sedikit anak-anak yang memakai tas ransel yang lebih besar dari ukurang badannya. Penelitian menyebutkan bahwa sepertiga anak-anak yang berumur 11-14 tahun menderita sakit punggung yang diakibatkan oleh tas sekolah yang berat. Selain itu, penggunaan tas berat juga akan menekan tulang punggung dan memicu terjadinya gangguan pertumbuhan.

  1. Mainan yang Kurang Tepat

Mainan memang memiliki banyak fungsi apalagi jika orang tua sadar untuk memilih permainan edukatif. Namun, pemilihan mainan yang kurang tepat justru akan mengancam kesehatan anak Anda.

Berikanlah mainan berukuran lebih besar dari mulut anak jika Anda memiliki anak usia sekitar 3 tahunan. Lalu, jangan mengajarkan anak yang belum cukup usia untuk meniup balon yang dapat membuatnya kesulitan bernapas.

  1. Jajanan di Sekolah

Jika Anda memiliki anak usia sekolah dasar, maka hal ini benar-benar penting untuk Anda perhatikan. Pasalnya, jajanan di sekolah tak bisa dijamin kualitasnya dan umumnya mengandung zat kimia, MSG yang berlebihan, tercemar mikroba bahkan penggunaan minyak goreng bekas. Makanan seperti ini akan membuat anak Anda terserang berbagai macam penyakit. Sebaiknya, berikanlah ia bekal makanan sehat setiap hari.

Itulah 4 hal yang paling berpotensi mengancam kesehatan anak Anda. Baca artikel kesehatan anak lainnya di situs WEYTH yang paling berguna untuk orang tua.