4 Macam Usaha Rumahan Ternak Hewan

4 Macam Usaha Rumahan Ternak Hewan

Menjelang hari raya Idul Adha seperti sekarang ini , kita bisa melihat para penjual hewan kurban di pinggir jalan yang menjajakan hewan kurban seperti kambing , kerbau dan sapi . Coba bayangkan , berapa keuntungan yang didapatkan dari setiap penjualan satu hewannya ? saya mencoba mengulik salah satu penjual hewan kurban terutama kambing , setiap penjualan kambing para pedagang bisa mengambil keuntungan 500ribu rupiah hingga 2juta rupiah tergantung jenis dan berat hewan yang dijualnya . Apalagi jika kerbau atau sapi , mereka bisa meraup jutaan rupiah dari satu penjualan saja . Sangat menggiurkan bukan ?

Bagi anda yang mempunyai waktu luang , dan termasuk orang yang sayang terhadap binatang , tak ada salahnya jika mulai sekarang menggeluti dunia bisnis hewan ternak . Hewan ternak tidak harus hewan besar seperti kambing , kerbau atau sapi yang membutuhkan pemeliharaan ekstra besar , namun memelihara hewan ternak yang ringan saja seperti ayam , ikan . Sebenarnya , bisnis hewan ternak itu merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan dan termasuk usaha rumahan karena anda bisa menjalankannya tanpa meninggalkan rumah . Berbagai macam usaha rumahan dari hewan ternak akan saya bahas  berikut ini :

1.    Usaha Rumahan Ternak Ayam

macam usaha rumahan ternak hewan
ternak ayam
Kebutuhan masyarakat akan protein hewani setiap hari membuat ternak ayam merupakan pilihan mudah bagi semua orang yang ingin berbisnis hewan ternak . Daging ayam sangat baik untuk kesehatan karena dagingnya tidak berlemak jenuh seperti daging sapi atau kerbau , selain hasil dagingnya yang enak , ayam juga dimanfaatkan untuk bertelur . Telur ayam ini sangat tinggi protein sehingga bagus untuk anak yang masih mengalami masa pertumbuhan .
Untuk memulai beternak ayam , anda bisa membeli anak ayam yang masih kecil di pasar . Umumnya berharga relatif murah , anda sebisa mungkin memeliharanya sampai besar hingga umur 1-2 tahun . Setelah besar , anda bisa menjualnya kembali atau bisa juga untuk konsumsi pribadi . Jika dijual saat bulan puasa jelang hari raya idul fitri , harga ayam bisa menjulang tinggi , sehingga sangat tepat bagi anda yang ingin meraup keuntungan yang maksimal dari beternak ayam .

2.    Usaha Rumahan Ternak Kucing Persia

macam bisnis rumahan ernak hewan
ternak kucing
Buat anda pecinta kucing , mulai sekarang rawatlah kucing-kucing anda dengan baik , apalagi jika kucing anda termasuk kucing impor . Selain perawatan yang baik terhadap kucing , anda juga harus berinisiatif untuk beternak kucing agar menghasilkan rupiah . Kucing betina yang sudah berumur 8 bulan keatas akan mengalami masa birahi atau saatnya untuk kawin , jika anda tidak memiliki kucing pejantan , anda bisa menyewa kucing pejantan di toko hewan untuk dikawinkan dengan kucing betina anda .
Semakin kucing anda produktif , semakin banyak pula kucing yang anda punya . Dan tentunya bisa dijual . Harga kucing persia atau sejenisnya yang relatif mahal menjadikan bisnis kucing rumahan salah satu alternatif bisnis hewan ternak terutama anda yang tidak punya lahan besar , karena untuk membesarkan kucing dengan baik bisa di rumah tanpa kandang khusus yang ditempatkan di luar rumah .

3.    Usaha rumahan ternak kambing

berbagai usaha rumahan ternak hewan
ternak kambing
Beruntung jika anda tinggal dikawasan pedesaan yang masih asri , ladang persawahan yang masih luas , padang rumput mudah dijumpai dan mempunyai halaman rumah yang lebar . Pasalnya , untuk memelihara kambing memang butuh tempat yang luas dan persediaan pakan (rumput) yang banyak . Tapi bagi anda yang tinggal di kota , anda bisa juga menitipkan kambing untuk dipelihara oleh rekan atau keluarga yang mempunyai tempat tinggal luas dan sekiranya mampu menyediakan rumput untuk kambing .

baca juga : usaha rumahan musim haji

 4.    Usaha rumahan budidaya ikan lele

Ikan lele merupakan ikan tawar yang biasa dijadikan menu lauk pauk di rumah makan baik rumah makan mewah hingga kaki lima . Rasanya yang gurih dan manis membuat ikan lele digemari banyak orang , selain harganya murah tentunya . Melihat kondisi seperti ini , kita bisa memanfaatkannya untuk membudidayakan ikan lele .
Untuk membudidayakan lele caranya mudah , sediakan kolam berukuran 2 x 3 meter di pekarangan rumah dengan air yang tidak perlu dibersihkan setiap saat , lalu masukkan ikan lele yang masih kecil kecil . Beri makan setiap hari dua kali , pakan bisa dari cacing , bekicot atau keong yang dihancurkan . Tunggu hingga 3-6 bulan anda sudah bisa panen , ikan lele yang berukuran sedang bisa dijual baik satuan atau kiloan .
Itulah 4 macam usaha rumahan dari hewan ternak, semoga anda yang masih bingung mencari bisnis rumahan yang cocok bisa melihat contoh diatas untuk dijadikan referensi yang bermanfaat .