4 Tips Bisnis Sampingan Menjadi Penghasilan Utama

4 Tips Bisnis Sampingan Menjadi Penghasilan Utama

Bisnis sampingan ialah bisnis yang dijalankan oleh seseorang untuk mendapatkan penghasilan tambahan namun tidak melepas pekerjaan utamanya . Istilah peribahasanya sambil menyelam minum air , sekali dayung dua tiga pulau terlampaui . Namun , masyarakat masih menganggap bisnis sampingan itu tidak memiliki prospek cerah dalam hal ini finansial yang bisa dihasilkan . Anggapan sebagai sampingan masih melekat  dibenak masyarakat , namanya juga sampingan mana mungkin bisa mendapat keuntungan maksimal seperti bisnis utama . Memang benar demikian , namun jika anda tahu bagaimana caranya , bukan mustahil jika bisnis sampingan justru akan menjadi penghasilan utama untuk anda .

Ketika seseorang ingin terjun ke dunia bisnis , langkah yang banyak diambil dengan cara memulainya dengan bisnis sampingan . Sehingga mereka tidak punya resiko tinggi , manakalah bisnis tersebut tidak berjalan sesuai yang diharapkan . Salah contoh bisnis sampingan yang sedang booming sekarang ini adalah bisnis online , baik itu model berjualan produk nyata (dropship , toko online) ataupun bidang periklanan (ppc , adsense, clickbank) . Bisnis online ini rata-rata dijadikan sampingan oleh para karyawan atau mahasiswa yang ingin menambah pundi-pundi uang mereka tanpa meninggalkan aktifitas utama lantaran mudah dijalankan .

Artikel terkait : usaha rumahan bisnis dropship

Alasan orang menjalani terlebih dahulu bisnis sampingan yaitu takut akan gagal , dan biasanya mereka tidak punya cukup modal untuk berbisnis . Alasan yang kedua , mencoba peruntungan atau hanya tren belaka ikut teman . Nah , berikut ini adalah beberapa tips bisnis sampingan menjadi penghasilan utama yang bisa anda rujuk sebagai referensi untuk kedepan sehingga bisnis sampingan yang hanya sampingan belaka kini menjadi sumber penghasilan utama Anda , menarik bukan ?

1.    Fokus

tips bisnis sampingan
fokus
Fokus itu penting , jika sekarang ini anda menggeluti bisnis sampingan model dropshipping , anda harus fokus pada salah satu produk yang Anda jual . Jangan karena tidak stok barang di rumah , anda bebas menjual produk apapun , iya boleh menjual produk apapun tapi harus lihat kategori apa yang Anda jual . Misalnya anda jualan baju (fashion) maka sepatutnya Anda menjual hanya produk fashion saja entah itu baju pria , baju wanita , baju anak-anak . Jangan mencampur , sekarang anda jual baju besoknya jual powerbank , kan tidak sinkron dikiranya Anda dropship dan pembeli akan kabur .
Selain fokus pada produk yang dijual , juga harus fokus pada salah satu bisnis . Jika sekarang sedang bisnis dropship maka jangan mengakali bisnis afiliasi amazon . Cobalah hingga sukses bisnis dropship ini baru anda belajar bisnis lainnya . Karena jika tidak fokus , yang ada hanyalah buang-buang waktu . Memang , belajar bisnis itu gampang , tapi untuk menuju sukses itu sulit sekali .

2.    Konsisten

tips usaha sampingan
ilustrasi konsisten
Kontinuitas pada proses adalah suatu hal yang paling penting dalam dunia bisnis , jika saat ini anda mencoba model bisnis dropship baru beberapa hari dan ternyata selama itu Anda belum mendapatkan penjualan jangan berhenti begitu saja putus asa . Cobalah terus sampai kegagalan itu malas menghampiri Anda , baru jualan beberapa hari saja langsung menyerah , kalah sama pedagang pasar tradisional yang setiap hari mereka belum tentu dapat untung .

3.    Manajemen Waktu 

tips usaha rumahan sampingan
manejemen waktu
Manajemen waktu juga merupakan tips penting untuk bisnis sampingan menjadi penghasilan utama , seringkali karena kita sudah lelah pulang kerja seharian di kantor maka kita akan bermusuhan dengan rasa malas yang menghampiri . Seringkali karena sifatnya sampingan , kita selalu mengucap “ah paling buat jajan doank , gak perlu diurus sering-sering amatlah” . Jika kita terus menganggap seperti itu , bukannya dapat untung justru capek tiada tara yang kita dapat .
Buatlah manajemen waktu sebaik mungkin , jika anda seorang dropshipper maka perlu mengatur waktu untuk keperluan marketing , merekap penjualan , mengontak suplier , menjadi layanan konsumen sebaik mungkin . Ingat , kita harus profesional dalam mengerjakan sesuatu karena pelanggan Anda tidak mau dijadikan pelanggan sampingan .

4.    Segera resign

Tak ada cara lain untuk mendapatkan penghasilan utama dari bisnis sampingan selain resign dari kantor . Selama ini pendapatan Anda dari bisnis sampingan masih stagnan dan ingin mencapai level tertentu , tapi enggan mengundurkan diri dari pekerjaan sekarang . Sepertinya anda harus mengurungkan impian anda untuk mendapatkan penghasilan mewah dari bisnis sampingan . Hakikatnya adalah bisnis sampingan itu dijadikan batu loncatan untuk naik level ke bisnis utama , kalau anda tidak mengambil resiko yang tinggi ya akan seperti itu profit yang bisa Anda raih dari bisnis sampingan .
Memang bukan perkara mudah resign dari kantor , ada seribu alasan yang hinggap di otak Anda lantaran akan meninggalkan pekerjaan yang sudah memberikan gaji tetap perbulan dibandingkan dengan  bisnis yang sifatnya naik turun bak pelana kuda . Sebelum anda resign ada baiknya untuk berdiskusi dengan anggota keluarga dan yang paling penting anda tahu harus bagaimana setelah resign kerja jangan sampai salah arah .
Itulah 4 Tips Bisnis Sampingan Menjadi Penghasilan Utama , semoga Anda yang masih menggeluti dunia bisnis sampingan menerapkan tips diatas agar keuntungan yang didapatkan bisa maksimal .