4 Usaha Rumahan Musim Haji

4 Usaha Rumahan Musim Haji

Tak terasa 1 bulan mendatang sudah memasuki bulan Dzulhijah atau biasa disebut sebagai musim haji . Dibulan inilah , seluruh umat Islam di dunia yang mampu menunaikan ibadah haji di Mekkah . Suasana musim haji pun sudah bisa tercium 1 bulan sebelum tanggal 10 bulan dzulhijah . Momen 1 tahun sekali ini biasa dimanfaatkan oleh orang-orang untuk berjualan berbagai macam keperluan untuk ibadah haji , kurban , dan masih banyak lagi . Tak terkecuali Anda yang saat ini sedang kebingungan mencari usaha rumahan yang cocok , tak ada salahnya bukan memanfaatkan momen spesial seperti ini .

Tipikal usaha rumahan musiman seperti ini biasanya hanya 1 tahun sekali , jadi tidak bisa dipatok sebagai usaha berkelangsungan , kecuali memiliki produk atau jasa sebagai diversifikasi usaha sehingga saling tumpang tindih melengkapi . Namun , jika anda memang mencari usaha rumahan yang bersifat musiman seperti ini , maka sangat disarankan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya agar “feel” usahanya bisa didapatkan . Berikut ini adalah berbagai macam jenis usaha rumahan musim haji yang bisa anda jadikan referensi untuk kedepannya :

usaha rumahan musim haji
usaha rumahan haji

1. Usaha Rumahan Peralatan Haji

Tentu saja , urutan pertama ditempati peralatan haji sebagai usaha rumahan musim haji . Setiap tahun jumlah jamaah haji di Indonesia semakin meningkat , maka berbanding lurus pula permintaan akan peralatan haji seperti pakaian ihram , kitab-kitab doa manasik haji , wewangian . Jumlah pedagang peralatan haji seperti ini biasanya terlalu sedikit , sehingga orang-orang yang ingin berhaji harus ke tempat yang jauh untuk membeli peralatan tersebut .

baca juga : usaha rumahan musim penghujan

Jika tetangga anda banyak yang berangkat ibadah haji , kenapa Anda tidak menyediakan peralatan haji untuk  mereka ? pasti calon jamaah haji yang dekat rumah anda akan senang , tak perlu ke tempat yang jauh untuk membeli barang toh tetangganya jualan juga . Keuntungan yang didapatkan oleh calon jamaah haji adalah mempersingkat waktu untuk persiapan menuju ke Tanah Suci , dan tentunya anda akan mendapatkan keuntungan yang maksimal apabila tetangga atau saudara Anda banyak yang pergi ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji .

usaha rumahan bulan haji
usaha rumahan jual kurma

2. Usaha Rumahan Oleh-Oleh Haji

Tak kalah dengan peralatan haji yang diburu calon jamaah haji , oleh-oleh haji pun merupakan produk yang diburu oleh Jamaah Haji sepulang dari Tanah Suci . Mereka tidak mungkin membeli oleh-oleh langsung dari Makkah , karena adanya larangan membawa jumlah barang bawaan yang terlalu berat di Pesawat . Cara mensiasatinya bagi Jamaah Haji adalah dengan membeli di Tanah Air . Selain harganya murah , juga tidak repot untuk dibawa pulang .
Untuk jamaah haji yang berasal dari kota kecil di Indonesia  sangat susah untuk mencari oleh – oleh haji seperti kismis , tasbih , siwak , kurma di kota mereka . Biasanya jika sudah tiba di bandara , mereka langsung membeli oleh-oleh tersebut . Namun apa jadinya jika mereka tidak membawa uang yang cukup karena uangnya habis di Tanah Suci ? solusinya ya beli di kota mereka sendiri . Tentunya ini menjadi peluang besar bagi anda , mengingat jumlah pedagang oleh-oleh musim haji itu sedikit 
usaha rumahan oleh-oleh haji
usaha rumahan jual air zam-zam

3. Usaha Rumahan Air Zam-Zam

Air zam-zam , siapa yang tidak kenal dengan air yang sangat fenomenal ini ? air yang sangat berkhasiat dan menyehatkan ini merupakan air yang berasal dari sumur di Masjidil Haram yang tak pernah kering meskipun cuaca di Makkah kering kerontang . Semua orang sudah membuktikan khasiat air zam-zam ini , ada yang mempunyai penyakit kronis lalu setelah meminum air zam-zam penyakitnya hilang secara perlahan .
Usaha penyediaan air zam-zam ini tak hanya berlaku saat musim haji tiba saja , dihari-hari biasa pun tetap laku keras . Karena hampir setiap hari ada orang yang sakit baik itu sakit jiwanya atau fisiknya , air zam-zam ini bisa menyembuhkan (perantara saja) dan tentunya mereka akan mencari pedagang yang menjual air zam-zam . Air zam – zam asli tidak akan mengandung bakteri meskipun disimpan dalam jangka waktu yang lama , berbeda dengan air  mineral yang tak tahan lama jika disimpan .
usaha rumahan bulan haji 2014
usaha rumahan jual hewan

4. Usaha Rumahan Hewan Ternak

Musim haji tidak hanya identik dengan ibadah haji di Tanah suci saja , melainkan pelaksanaan kurban juga terjadi di bulan Dzulhijah tanggal 10 , 11 , 12 ,13 . Para warga yang mampu atau sedang , akan menyembelih hewan kurban sebagai bagian dalam menjalankan rukun Islam yang keempat . Tentunya dengan seiring bertambahnya waktu , orang-orang yang melaksanakan ibadah kurban jumlahnya terus meningkat . Tak peduli pria , wanita , orang tua , remaja semua yang kategori orang mampu wajib melaksanakan ibadah qurban .
Itulah 4 Usaha Rumahan musim haji yang sekiranya bisa anda jadikan referensi untuk membuka usaha rumahan yang menjanjikan berdasarkan musiman . Tentunya untuk membuka jenis usaha ini diperlukan modal yang cukup besar , mengingat pembelian barang dalam jumlah besar dan harganya pun terbilang tidak murah (hewan kurban) . Oleh karena itu , anda harus memikirkan secara matang apakah usaha jenis ini cocok atau tidak .