5 Alasan Anda Harus Mencoba Belanja Online

5 Alasan Anda Harus Mencoba Belanja Online

Tren belanja di Indonesia kini mulai bergeser kearah digital , jika dulu kita berbelanja di pasar tradisional lalu kita naik tingkat lagi di supermarket dan kini kita menyambut era online shop dimana pembeli dan penjual tidak bertemu tatap muka namun transaksi bisa berjalan dengan model transfer antarbank . Memang , masyarakat Indonesia belum terbiasa dengan belanja online apalagi toko online yang mewajibkan pemesanan via website atau keranjang belanja , tentu masyarakat akan kelimpungan karena tidak tahu harus bagaimana cara memprosesnya .

Tidak hanya masalah transaksinya , namun juga kredibilitas atau kepercayaan antara kedua belah pihak sangat riskan . Karena tidak adanya tatap muka secara langsung , seperti pembelian di toko atau pasar maka resiko akan penipuan seringkali terjadi dan ini seringkali menyerang korban terutama mereka calon konsumen pertama di dunia belanja online . Manakala konsumen yang baru pertama kali mencoba transaksi belanja online , maka trauma akan aktivitas pembelian barang secara online pun menjadi-jadi bahkan bisa menjadi viral yang kuat kepada teman atau keluarga yang menghimbau untuk tidak berbelanja online karena isinya penipuan . Efek viral seperti inilah yang menjadikan penjual online yang jujur mendapatkan omzet jauh lebih sedikit dari biasanya gara-gara satu penjual abal-abal .

5 alasan anda harus mencoba belanja online
alasan belanja online itu mudah

Namun , anda tidak perlu khawatir akan penipuan atau transaksinya sulit karena di Indonesia metode belanja online masih menggunakan cara konvensional yaitu pemesanan bisa dilakukan via SMS atau BBM atau pesan instan lainnya dan penjual online yang kerap melakukan penipuan adalah penjual ponsel atau laptop (gadget) dengan harga memikat (setengah harga normal) , sedangkan penjual online yang menjual barang seperti fashion , sepatu , jam tangan , mesin jahit mini , ac mini fragrance jarang yang melakukan penipuan karena penjual barang tersebut umumnya menjadikan bisnis jualan online sebagai usaha rumahan yang menjadi tulang punggung ekonomi keluarga .

Jangan hiraukan ocehan orang lain yang mengatakan belanja online itu penipuan semua , jangan transfer dulu dan lain-lain . Lebih baik buktikan kemudahan dan kenyamanan yang anda dapatkan jika berbelanja online , berikut alasannya :

•    Mudah

Saat anda berbelanja online , anda tidak perlu membawa troli yang besar untuk membawa barang yang dibeli . Cukup menggunakan laptop atau ponsel , anda bisa menjelajahi toko online milik perseorangan seperti lucumurah.com yang menjual aneka peralatan rumah tangga .

•    Kapan saja dan dimana saja

Anda bisa mengakses toko online kapan saja dan dimana saja , saat anda malas bepergian namun ingin membeli sesuatu bisa mencari barang via mesin pencari . Saat anda tiduran di kamar tidur , anda bisa mencari barang  via internet , bahkan saat anda sedang buang air besar pun juga bisa melakukan demikian .

•    Anti repot

Banyak yang bilang belanja online itu repot , memang repot jika metode yang anda terapkan adalah manual yaitu mencari barang di internet namun transaksinya ketemuan alias COD . Kalau anda menerapkan model modern yaitu anda transfer atau bayar terlebih dahulu , anda tinggal menunggu barang di rumah tanpa harus pergi keluar rumah .

•    Hemat bbm

Isu pemanasan global mencuat akhir – akhir ini , untuk mengatasinya kita harus sehemat mungkin untuk menggunakan kendaraan bermotor . Gunakanlah kendaraan bermotor seperlunya saja , dan cara untuk menanggulangi pemanasan global adalah dengan belanja online .

•    Lebih hemat

Hemat atau tidak itu relatif , namun ketika anda berbelanja online , anda membayar dengan metode transfer bank sehingga nominal yang anda bayarkan selalu pas . Contoh total pembayaran 70.632 maka anda bisa mentransfer sesuai nominal tersebut , coba bayangkan jika total pembayaran tersebut ada di mall atau minimarket , pasti sisa kembalian yang sebesar 368 rupiah akan didonasikan untuk amal yang sejatinya apakah itu benar untu kegiatan amall atau malah menjadi sumber penghasilan tambahan mall atau minimarket tersebut .
Lebih hematnya lagi anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk pembelian barang yang tidak diperlukan . Contohnya apabila anda belanja barang di mall , maka Anda membutuhkan biaya untuk transport , biaya makan di restoran . Semua itu tidak akan terjadi apabila anda berbelanja online , cukup keluarkan uang seperlunya untuk membeli barang .
Itulah 5 alasan kenapa anda harus mencoba belanja online . Belanja online bukanlah pengganti belanja tradisional , namun lebih tepatnya melengkapi . Penjual online juga tidak bermusuhan dengan mall atau pasar karena barang yang dijual berbeda satu sama lain . Penjual online dan penjual offline keduanya merupakan hubungan saling menguntungkan .