5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Susu untuk Balita

Batasan Minum Susu Formula Pada Balita Yang Sudah Disapih

Susu merupakan asupan utama yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh dan kembang balita. Dalam perkembangannya, ada banyak sekali macam, merek, dan rasa dari susu formula yang bisa didapatkan dengan mudah di pasaran. Orang tua cenderung memilih suatu brand susu formula hanya karena banyak orang tua lain yang memakainya atau hanya berpatokan pada harga. Padahal, ada sejumlah hal penting yang seharusnya diperhatikan dalam memilih susu untuk balita. Yuk, intip 5 hal tersebut.
•    Pilih Susu yang Sesuai dengan Usia Balita
Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah usia anak. Seorang anak dikatakan balita ketika ia berada di rentang usia antara 2 sampai dengan 5 tahun atau 24-60 bulan. Pastikan Anda memilih susu yang sesuai dengan usia tersebut. Susu formula dibuat dengan perbedaan umur bertujuan agar dapat sesuai dengan kemampuan pencernaan serta kebutuhan gizi anak.
•    Ketahui Apakah Bayi Anda Alergi Terhadap Satu Jenis Susu
Jika anak Anda mengalami diare atau sakit perut setelah mengonsumsi satu jenis susu formula, maka dapat disimpulkan bahwa ia mengalami alergi pada jenis susu tersebut. Jika hal ini terjadi, Anda harus dengan sigap mencari alternatif susu lain seperti susu kedelai dan susu elemental.
•    Perhatikan Kandungan Nutrisi pada Kemasan Susu
Walaupun benar bahwa susu formula tidaklah mampu menyamai peran ASI, namun Anda bisa memaksimalkan fungsinya dengan memperhatikan kandungan nutrisi pada kemasan susu terlebih dahulu. Bandingkanlah kandungan nutrisi dari beberapa merek susu dan pilih yang kandungannya paling lengkap.
Sebagai referensi, salah satu produk susu yang memiliki banyak sekali nutrisi adalah susu Friso Gold 3. Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalamnya pun akan terjaga walau telah melewati proses pemanasan dengan teknologi Locknutrisi-nya.
•    Hindari Mengganti Susu Terlalu Sering
Susu untuk balita sebaiknya tidak digonta-ganti terlalu sering karena pencernaan anak yang sensitif perlu adaptasi dengan jenis susu formula baru. Hal ini sangat penting diperhatikan terlebih untuk balita yang mudah diare. Diare yang terlalu sering dapat mengganggu pertumbuhannya.
•    Lihat Tanggal Kadaluwarsa dan Tampilan Kemasan
Terkesan sepele namun tidak kalah penting. Jangan sampai lupa untuk memastikan bahwa susu yang akan Anda pilih masih layak konsumsi dengan cara melihat tanggal kadaluarsa dan keutuhan kemasannya.
Demikianlah 5 hal yang perlu Anda perhatikan baik-baik dalam memilih susu untuk balita. Ingat bahwa perkembangannya juga sangat ditentukan oleh pemilihan susu formula yang tepat.