5 Ide Marketing Sederhana untuk Bisnis Online Kamu

pemasaran-bisnis-baru-760x475

Tak dapat dipungkiri, internet kini telah menjelma menjadi arena jual-beli paling hype. Iya betul sekali, hari ini orang-orang lebih menyukai aktivitas online shopping dan juga online selling karena dirasa lebih efisien dan lebih efektif. Bagi kamu yang punya ide bisnis atau mungkin sudah memiliki produk, sebaiknya ubah perspektif kamu dari jualan via toko fisik menjadi jualan via toko online. Banyak sekali poin plus dari bisnis online ini, salah satunya yaitu lebih mudah dalam hal marketing. Nah kali ini kami ingin membahas 5 ide marketing sederhana untuk bisnis online kamu.

1.  Publikasikan Konten yang Berkualitas

Apapun media pemasaran yang kamu gunakan, pastikan kamu selalu mempublikasikan konten marketing yang berkualitas. Konten yang berkualitas tentunya berisikan hal-hal yang bermanfaat dan juga berhubungan dengan produk yang kamu pasarkan. Jika kamu menggunakan blog, maka kamu bisa membuat artikel dengan poin-poin yang lebih detail. Pastikan kamu memasukan unsur persuasi dan juga emosi didalamnya, sehingga calon konsumen punya sense of belonging akan produk yang kamu tawarkan. Jika kamu menggunakan akun media sosial untuk marketing – misal seperti Instagram – maka buatlah caption yang berkualitas. Caption yang berkualitas biasanya berisikan story telling, sehingga calon konsumen semakin percaya dengan produk yang kamu tawarkan.

2. Video Instruksional atau Testimonial

Ide marketing lainnya yang bisa kamu aplikasikan yaitu membuat video instruksional atau testimonial. Dibanding konten berbentuk teks, konten berbentuk video jauh lebih bernilai dan mampu menghasilkan konversi yang lebih tinggi. Buatlah video instruksional dengan tema ‘how-to’ atau ‘do-it-yourself’, sehingga calon konsumen lebih mengenal produk yang kamu pasarkan. Misalnya kamu punya produk hijab, maka kamu bisa membuat video instruksional yang berisikan tutorial menciptakan kreasi hijab paling modern. Tak hanya video instruksional, kamu ‘pun bisa membuat video testimonial agar produk yang kamu jual memiliki trust point yang lebih tinggi lagi. Meskipun membutuhkan budget dan waktu yang tak sedikit, namun video instruksional dan testimonial ini mampu menjaring calon konsumen yang sangat banyak.

3. Giveaway dengan Promo Lazada

Ide marketing lainnya untuk bisnis online kamu yaitu giveaway dengan promo Lazada. Giveaway atau hadiah cuma-cuma bisa kamu berikan dengan beberapa cara. Salah satunya yaitu dengan share produk dengan tagline teman. Nah tentunya untuk proyek giveaway ini kamu mesti mempersiapkan beberapa item yang akan diberikan kepada konsumen. Untuk meminimalisir budget, kamu bisa memanfaatkan promo Lazada. Lewat promo  Lazada 2017, kamu bisa membeli berbagai produk dengan potongan harga tertentu. Alhasil, kamu tak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak untuk proyek giveaway ini. Dibanding teknik marketing lainnya, konsep giveaway ini mampu menjaring lebih banyak konsumen karena konsumen sendirilah yang memasarkan produk kamu.

4. Sistem Pre-Order

Untuk mengetahui siapa saja yang tertarik dengan produk yang kamu jual, kamu bisa menerapkan sistem pre-order setiap kali kamu akan merilis produk tertentu. Teknik ini sebenarnya lebih mengutamakan pemasaran daripada penjualan itu sendiri. Namun kebanyakan brand malah menjadikan sistem pre-order ini sebagai sarana meraup lebih banyak sales. Terlepas dari hal tersebut, kamu bisa menerapkan sistem pre-order setiap akan merilis item terbaru. Misalnya kamu akan mengeluarkan produk hijab terbaru, kamu bisa menawarkan sistem pre-order kepada setiap konsumen kamu. Pastikan kamu mengkombinasikannya dengan konten yang berkualitas, agar konsumen tertarik mengikuti sistem pre-order tersebut.

5. Pasarkan di Semua Media Sosial

Agar bisa survive, kamu mesti menjadi seorang social networker atau seseorang yang paham betul cara kerja media sosial itu seperti apa. Buat beberapa akun platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Pinterest, dan lainnya. Kamu bisa menjadikan akun media sosial tersebut sebagai ladang marketing kamu. Pastikan kamu selalu up-to-date dan juga mesti selalu update dengan selalu memberikan kabar pada setiap followers kamu.

Memasarkan produk merupakan salah satu elemen terpenting dalam bisnis online. Lewat beberapa cara diatas, kamu bisa menjaring lebih banyak konsumen, tanpa perlu mengeluarkan budget yang terlalu banyak.