5 Standar yang Wajib Dipakai Saat Memilih Jaket Motor

Bagi mereka yang termasuk bikers sejati tentunya akan mengutamakan keselamatan selama di jalan raya. Maka dari itu semua perlengkapan safety selalu siap sedia untuk dipakai kapan saja ketika memang dibutuhkan untuk berkendara. Perlengkapan pelindung ini ada beberapa macam, mulai dari helm, sepatu, dan tentunya jaket motor  hukumnya wajib dimiliki dan digunakan saat membelah jalanan. Semua perlengkapan ini bisa ditemukan dengan mudah di toko khusus aksesoris motor atau ke toko online.

5 Tips Simpel Memilih Jaket Motor

Jaket menjadi satu diantara beberapa perlengkapan safety para bikers yang tentunya memiliki sifat wajib bagi mereka yang doyan berkendara. Terlebih saat menggunakan motor sport yang mampu dilajukan dengan kecepatan cukup tinggi. Akan tetapi jangan asal memakai jaket sebab akan lebih cocok memakai jaket kulit atau material lain yang benar-benar melindungi tubuh pengendara. Dalam menentukan pilihan pun ternyata ada standar yang perlu diketahui kemudian dipatuhi agar tidak kecewa.

Standar Memilih Jaket Pengendara Motor

Agar tidak sekedar membuang uang demi memiliki jaket yang cocok dipakai berkendara, maka nantinya perlu memilih dengan benar. Gunakan standar berikut agar pilihan yang diambil benar-benar tepat:

  1. Ukuran yang benar-benar sesuai,

Mengingat jaket ini tidak hanya sebagai penunjang penampilan namun juga menjadi perlengkapan keselamatan selama berkendara. Maka penting untuk memilih ukuran yang benar-benar pas di badan, sehingga tidak kekecilan maupun kebesaran. Sebab akan lebih nyaman dan lebih melindungi.

  1. Model simpel dan tidak banyak tali,

Kebanyakan orang dalam memilih jaket motor selalu mengutamakan jaket kulit, padahal bisa memilih jenis lain misalnya Harrington. Apapun jenisnya ada baiknya tetap memilih model yang simpel dan hindari desain yang terlalu banyak tali di dalamnya. Sebab akan meningkatkan resiko kecelakaan karena tali ini bisa saja tiba-tiba tersangkut pada roda motor, atau bagian lainnya. Maka hindari tali terlalu banyak paling tidak hanya ada di pinggang supaya lebih kencang dan pas di badan.

  1. Modelnya menutupi bagian vital tubuh,

Sebagai salah satu perlengkapan keamanan selama di jalan raya, maka akan lebih baik kalau modelnya memang memberi perlindungan. Usahakan memilih jaket yang mampu menutupi bagian vital dimana sering terluka parah saat terjadi kecelakaan. Misalnya pada leher, siku, pergelangan tangan, dan juga pada pinggul. Akan lebih baik lagi kalau pada bagian-bagian tersebut dilapisi oleh pad khusus sehingga menghindari gesekan maupun benturan berlebihan saat kecelakaan terjadi.

  1. Tentukan material yang benar-benar bagus,

Jenis material jaket bagi bikers ini ternyata tidak sebatas kulit asli sebab bisa mengandalkan material lain yang lebih disukai. Setiap jenis bahan ini pun ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan, sebagai contoh untuk jaket kulit. Meski lebih maksimal dalam memberi perlindungan ternyata perawatannya susah, baik buruknya memang akan ditemukan. Namun bandingkan dulu semuanya sehingga bisa memilih yang memang benar-benar sesuai dengan selera dan karakter berkendara Anda.

  1. Lebih baik memilih warna cerah atau terang,

Demi keselamatan Anda selama berkendara, maka sangat disarankan untuk memilih jaket yang warnanya cerah. Sebab ketika memakai jaket berwarna gelap maka dikhawatirkan akan tidak terlihat saat melintas di jalan raya. Apalagi kalau berhenti di jalan untuk aneka keperluan sehingga tidak terlihat pengguna jalan lain, dan bisa menjadi korban penabrakan. Maka warna terang dan cerah yang cenderung mencolok akan menjadi jaket motor terbaik yang bisa diambil.