6 Keuntungan Bisnis Sampingan Kost-Kostan

6 Keuntungan Bisnis Sampingan Kost-Kostan

Dalam artikel usaha rumahan ibu rumah tangga , disitu terdapat usaha rumahan kost-kostan yang bisa dijalankan siapa saja entah itu ibu rumah tangga , karyawan , mahasiswa , dan masyarakat umum . Bisnis rumahan kost-kostan saat ini sudah menjamur dimana-mana , fenomena urban masyarakat sekarang yang mencari pekerjaan di luar kota , atau menimba ilmu di luar kota merupakan faktor yang menyebabkan mengapa bisnis rumahan kost-kostan ini laku keras dan menguntungkan .

bisnis sampingan
keuntungan bisnis rumah kost-kostan

Menjalankan bisnis ini tak perlu mengontrol seharian layaknya bisnis toko konvensional , karena prosesnya bisa dijalankan otomatis tanpa perlu kehadiran pemilik kost-kostan . Tipe bisnis kost-kostan ini bisa disebut sebagai bisnis sampingan yang menggiurkan karena bisa jadi pendapatan dari usaha ini jauh lebih besar daripada gaji bulanan yang Anda dapatkan . Besar-kecilnya pendapatan kost-kostan ini tergantung seberapa banyak jumlah kamar/rumah yang disediakan dan banyaknya orang yang menyewa kamar/rumah . Mirip dengan bisnis properti namun dalam skala kecil , berikut ini beberapa keuntungan yang diperoleh jika Anda membuka bisnis sampingan kost-kostan .

usaha sampingan
usaha rumahan rumah kontrak

•    Modal awal besar

Untuk membuka bisnis sampingan kost-kostan ini , Anda membutuhkan modal yang cukup besar . Tentunya modal ini digunakan untuk membuat beberapa petak kamar yang bisa anda jadikan sebagai ladang emas nantinya . Jika anda memiliki sebidang tanah yang cukup luas , modal yang Anda keluarkan relatif lebih sedikit daripada yang belum memiliki tanah . Kenaikan harga bahan bangunan tiap tahun , tak menyurutkan masyarakat untuk membuat rumah atau bangunan , bahkan setiap tahun cenderung meningkat karena bisnis ini bisa dijadikan sebagai dana pensiun Anda dihari tua.

•    Pemilihan tempat yang strategis

Orang yang membutuhkan kost-kostan biasanya para pekerja dari luar kota ataupun mahasiswa luar kota . Jarang orang biasa yang bersedia untuk menyewa kamar dalam jangka waktu lama , karena kebutuhan akan kost-kostan ini sebenarnya hanya untuk tempat tidur dan menyimpan barang bawaan . Kehadiran para penyewa kost tidak akan melebihi dari 10 jam karena aktifitas diluar , apalagi seorang mahasiswa yang memiliki jadwal padat , menyewa kamar hanya diibaratkan untuk penitipan barang saja .
Terlepas dari kebiasaan ataupun kondisis penyewa kamar kost , tentunya anda harus mencari tempat strategis yang dekat dengan lokasi pabrik untuk pekerja ataupun kampus . Bersyukur jika rumah yang akan anda sewakan dekat dengan salah satu bangunan pabrik atau kampus , pastinya ketika awal tahun ajaran baru atau sehabis lebaran , rumah kost Anda akan didatangi para pencari kamar sewa .

•    Tidak perlu keahlian khusus

Untuk menjalankan bisnis rumahan ini , Anda tidak dituntut untuk memiliki keahlian / ketrampilan khusus untuk menunjang bisnis . Cukup sediakan modal diawal , lalu anda bisa tetap bekerja diluar rumah dan anda akan mendapatkan “gaji pasif” tiap bulan tanpa bersusah payah bekerja di luar rumah .

•    Perawatan mudah

Yang namanya bisnis , baik itu bisnis sampingan , bisnis rumahan , bisnis online , bisnis nyata tetap membutuhkan perawatan yang baik setiap harinya agar bisa berjalan terus . Nah untuk bisnis kost-kostan ini perawatan yang harus dijaga sangatlah mudah . Anda bisa menyuruh atau menugaskan karyawan untuk bersih-bersih rumah , membayar tagihan listrik , membersihkan kamar mandi dan pengelolaan sampah .
Para penyewa pasti akan merasa senang jika kamar atau rumah yang ia sewa selalu bersih , sedangkan para penyewa tidak memiliki waktu untuk membersihkan area kost-kostan karena keterbatasan waktu sehingga pemilik kost-lah yang bertanggung jawab akan kebersihan kost-kostan tersebut .

•    Tidak perlu kehadiran setiap hari

Bisnis rumahan kost-kostan ini tidak memerlukan kehadiran Anda setiap hari untuk memantau jalannya bisnis sehingga anda tetap bisa bekerja diluar rumah . Dengan kelebihan inilah , bisnis rumahan kost-kostan ini bisa dijadikan bisnis sampingan menggiurkan yang menjanjikan , terlebih jika Anda mengingikan dana pensiun dini maka ini merupakan solusi tepat .
bisnis sampingan karyawan
bisnis sampingan menggiurkan

•    Keuntungan didepan mata

Bisnis ini tidak seperti jualan produk yang bisa kena rugi . Bisnis kost-kostan hampir dipastika menguntungkan setiap saat . Pendapatan yang diperoleh berbanding lurus dengan jumlah kamar yan g disediakan dan jumlah penyewa kamar . Semakin banyak kamar yang disewa semakin besar pula pendapatan yang didapat . Akan tetapi , tarif yang Anda tentukan juga harus berbanding lurus dengan fasilitas yang disediakan dan juga melihat kompetitor .
Untuk tarif normal di kota-kota besar seperti Bandung , Surabaya untuk kawasan Perkampusan , tarif perbulan berkisar antara Rp 200.000-Rp 400.000 untuk kamar dengan fasilitas non ac , kamar mandi di luar , ukuran kamar 3×4 m . Sedangkan untuk kamar VIP dengan fasilitas ac , kamar mandi dalam , ukuran 3×4 tarif yang dikenakan sebesar Rp 500.000- Rp 800.000 . Dan yang tak kalah penting adalah akses menuju tempat aktifitas , semakin dekat dengan lokasi semakin mahal pula harga yang dikenakan meskipun fasilitas yang didapat normal .

artikel lain : faktor pendongkrak bisnis kost

Bisa anda hitung kasar sendiri jika anda memiliki 10 kamar dan dalam satu bulan ada 10 orang yang menyewa kamar , tarif yang anda patok sebesar 300ribu . Dalam satu bulan Anda akan mendapatkan omzet 3juta rupiah , angka ini belum dipotong untuk pemeliharaan akses listrik , air pdam dan untuk menggaji karyawan (apabila ada) . Tentunya masih lebih dari cukup profit yang bisa dihasilkan meskipun Anda tidak perlu keluar rumah untuk bekerja .

Itulah 6 keuntungan bisnis sampingan kost-kostan yang bisa dijadikan referensi bagi Anda yang mengingikan bisnis sampingan mudah modal kecil menjanjikan . Semoga bermanfaat .