6 Tips Usaha Rumahan Toko Sembako

6 Tips Usaha Rumahan Toko Sembako

Kebutuhan pokok masyarakat Indonesia bergantung pada sembilan bahan pokok atau biasa disebut sembako . Sembako merupakan hajat hidup orang banyak , sehingga setiap hari selalu ada permintaan akan barang dalam jumlah yang stabil . Harga – harga produk sembako juga mengalami pasang surut kadang naik kadang turun sehingga harga bisa menyesuaikan dengan harga pasaran . Potensi yang bisa dihasilkan oleh toko sembako saat ini masih terbuka lebar dan tren ini tetap akan bertahan hingga beberapa tahun mendatang karena masyarakat tidak bisa terlepas pada kebutuhan pokok .

6 tips usaha rumahan toko sembako
usaha rumahan toko sembako

Jika anda ingin membuka sebuah usaha rumahan yang stabil perolehannya , anda bisa melirik toko sembako sebagai usaha yang menjanjikan saat ini . Toko sembako identik dengan usaha rumahan karena biasanya tempat usaha ini di depan rumah atau sebuah warung kecil tapi terpisah dari rumah , bagi yang punya modal besar kadang menyewa ruko di pinggir jalan dengan harapan pengguna jalan yang lewat akan mampir untuk membeli . Sah-sah saja anda mau mendirikan usaha ini dimana saja , karena bisnis ini memang bisnis kekal dalam artian tidak mengenal musiman seperti usaha rumahan musim hujan atau usaha rumahan menjelang natal .

Bagi Anda yang berniat membuka usaha rumahan toko sembako , ikuti tips berikut ini agar usaha Anda berjalan lancar tanpa ada kendala sedikitpun .

•    Tempat mendirikan usaha

Jika anda ingin membuka toko sembako , maka anda mempunyai pilihan tempat usaha yaitu di rumah sendiri atau menyewa ruko atau kios . Jika anda memilih di rumah , maka  Anda harus pastikan bahwa konsumen anda adalah orang-orang yang akan membeli dengan tunai tanpa ada unsur hutang dan sebagainya . Seringnya , toko sembako yang dibuka di rumah-rumah di perkampungan dijadikan ajang untuk mencari hutang bagi masyarakat sekitar otomatis si pemilik toko akan kelimpungan apabila konsumennya lebih banyak yang hutang daripada tunai .

artikel : usaha rumahan musim hujan

•    Modal awal dan modal sehari-hari

Hal yang paling penting dalam pendirian toko sembako ialah anda harus mengeluarkan modal awal untuk membuka warung seperti mendekorasi ruangan apabila dibuka di rumah , sewa ruko , pembelian barang-barang . Setelah modal awal , maka modal berikutnya ialah modal operasional seperti kulakan produk-produk yang habis setiap hari . Bisnis ini sarat akan modal , sehingga anda harus pandai mengatur keuangan .

•    Kelengkapan produk yang dijual

Toko sembako itu tidak hanya menjual kebutuhan pokok seperti gula , beras , mie instan , minyak goreng akan tetapi bisa juga dicampur dengan peralatan kosmetik seperti sabun pencuci muka , sabun mandi , tisu , celana dalam pria / wanita . Seringnya apabila toko sembako sudah mulai besar , maka konsumen akan menanyakan produk yang tidak dijual , untuk mengantisipasi kekecewaan dari pembeli anda bisa menjual produk yang dimaksud dikemudian hari . Anggap saja konsumen tersebut memberikan masukan yang bagus untuk kemajuan toko sembako Anda .

•    Peralatan penunjang

Mungkin ini bisa disebut sebagai modal awal juga , peralatan penunjang memiliki peran penting dalam operasional sehari-hari toko seperti kalkulator , timbangan , plastik kresek , rak etalase , lemari etalase . Barang-barang tersebut wajib hadir pada sebuah toko sembako .

•    Harga yang adil

Karena lokasi toko sembako anda di perkampungan , maka jangan sekali – kali menaruh dendam atau tidak suka pada seseorang terutama tetangga dengan cara memberikan harga yang berbeda dari konsumen lain . Contoh , anda membenci Budi , budi membeli gula pasir satu kilogram di tempat anda , anda memberikan harga 8.000 rupiah kepada budi , namun ketika rudi datang , rudi berbelanja barang yang sama namun dikasih harga 7.000 rupiah otomatis budi akan kecewa jika tahu bahwa ia telah dikasih harga yang tidak sama dan cenderung lebih mahal .

•    Tetapkan harga yang sama  dengan toko lain

Mungkin informasi yang beredar menyebutkan bahwa untuk menjaring konsumen lebih banyak yaitu dengan cara memberikan harga yang murah daripada toko lain , namun apabila keuntungan yang anda peroleh sedikit lebih baik jangan . Berikan harga yang sama sesuai pasaran dengan toko lain , ini bertujuan agar anda tidak diserang dikemudian hari . Anda pasti akan marah apabila toko sebelah memberikan harga produk a dengan selisih harga terlalu tinggi dengan toko Anda , bukan ?
Itulah tips mendirikan usaha rumahan toko sembako yang bisa anda pelajari , dengan mendirikan toko sembako anda selain mendapatkan keuntungan materi juga menolong masyarakat sekitar untuk mendapatkan kebutuhan pokok sehingga memberikan kepuasan tersendiri .