7 Tips Berjualan di Tokopedia Agar Cepat Laku

7 Tips Berjualan di Tokopedia Agar Cepat Laku

Berjualan online sama halnya dengan berjualan secara konvensional seperti mendirikan toko atau kios , berjualan keliling sampai mengikuti pasar kaget . Semua itu dilakukan agar terjadi aksi penjualan yang diinginkan oleh semua penjual agar mendapatkan keuntungan . Berjualan online bukanlah sebuah pekerjaan atau perkara yang mudah , melainkan membutuhkan kesabaran yang tinggi dan ulet agar bisa berhasil , mengingat persaingan baik di ranah online atau nyata cukuplah sengit sehingga orang yang bertahan itulah orang yang akan sukses . Berjualan online memang tidak membutuhkan modal sehingga bisnis ini menjadi idola semua orang .

Bak pedagang nyata , pedagang online pun bisa meniru perilaku pedagang dalam memasarkan produknya mulai meniru cara pedagang asongan yang bisa diterapkan di situs jual beli listing , menjadi pedagang pasar kaget yang bisa diterapkan atau ditiru di forum jual beli dan grup jual beli facebook , sampai mendirikan toko dengan biaya mahal yang di dunia online bisa kita contoh dengan mendirikan toko online seperti lucumurah.com . Tapi ada metode unik dimana cara ini belum ada padanannya jika di dunia nyata , yaitu berjualan di tokopedia .

Berjualan di tokopedia itu unik karena kita sebagai penjual tidak akan dipungut biaya apapun atas transaksi yang terjadi , memang cara seperti ini mirip dengan situs listing namun tokopedia bertanggung jawab atas transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli sebagai penengah . Maraknya aksi penipuan belanja online membuat sistem escrow atau rekening bersama merupakan cara tepat untuk menghindari sistem penipuan . Karena faktor inilah , banyak penjual yang menjajakan produknya di tokopedia dengan berharap mendulang kesuksesan dari sana . Memang , banyak penjual di tokopedia yang memiliki omzet puluhan juta hingga ratusan juta rupiah dari hasil “nebeng” di situs orang lain .

7 tips berjualan di tokopedia agar cepat laku
berjualan di tokopedia

Kemudahan yang ditawarkan tokopedia antara lain kita memiliki toko online sendiri yang buka 24 jam x 7 hari tanpa harus memikirkan biaya hosting , biaya seo dan lain-lain . Selain itu , kita tidak direpotkan dari pembeli yang “merepotkan” karena ragu-ragu akan bertransaksi dengan Anda . Jika anda berniat untuk berjualan di tokopedia , dan berharap setiap hari selalu ada minimal 5 penjualan maka anda harus mengikuti tips-tips berikut ini agar penjualan anda di tokopedia berjalan lancar . Berikut tipsnya :

•    Gunakan Foto yang berbeda

Seringkali kita mencari produk tertentu di tokopedia , namun foto produk tersebut sama semua antara satu sama lain sehingga kita dibingungkan karena meskipun foto produknya sama tapi harganya beda-beda . Nah , jika anda ingin berjualan di tokopedia atau situs sejenisnya , ada baiknya untuk menggunakan foto produk yang diambil sendiri . Ini untuk memberikan ciri pada produk Anda , sehingga manakala harga yang anda tawarkan jauh lebih mahal tetap akan menarik calon pembeli .

•    Selalu buka toko lebih awal

Anda jangan berharap akan ada penjualan meskipun harga barang Anda merupakan yang termurah jika toko anda tidak buka . Status keaktifan toko dinyatakan 1 minggu yang lalu atau 2 hari yang lalu akan membuat calon konsumen enggan berbelanja di toko Anda . Beda halnya jika status keaktifan toko anda adalah hari ini maka konsumen akan melirik meskipun harga yang anda tawarkan cenderung mahal .

•    Balas pesan dan diskusi produk secepatnya

Anda dituntut untuk cepat dalam merespon pertanyaan yang diajukan konsumen seperti fitur pesan atau diskusi produk . Kebanyakan penjual tokopedia terkesan acuh , meski dikirim pesan atau diskusi produk tidak dibalas . Meskipun harga barang-barangnya murah kalau penjualnya cuek siapa yang mau belanja disitu ?

•    Hindari No Retur , No Cancel , No Complain

3 N yang sering muncul di deskripsi produk yang dijual di tokopedia ialah  no retur , no cancel , no complain . Kesannya penjual itu tidak mau bertanggung jawab apabila barang sudah sampai di tangan konsumen , tentu konsumen tidak akan komplain jika tidak ada masalah barang yang ia beli . Anehnya, rata-rata penjual di tokopedia menggunakan kata-kata diatas untuk menyangkal keluhan konsumen sehingga konsumenlah yang dirugikan . Kalau anda berjualan ya harus menerima keluhan atau masukan dari pembeli agar bisnis anda terus maju .

•    Cantumkan no hp pada informasi toko

Pihak tokopedia memang tidak mewajibkan anda untuk memajang no ponsel secara terbuka yang bisa dilihat publik . Namun , demi kebaikan ada baiknya anda memasang informasi sejelas mungkin agar pembeli bisa menghubungi anda kapan saja tanpa harus menggunakan fitur yang disediakan situs yang kurang efisien .

•    Aktifkan notifikasi email

Anda tidak bisa menyalakan pc seharian ? nyalakan saja fitur notifikasi email pada ponsel pintar anda supaya anda mendapatkan pemberitahuan dari tokopedia entah penjualan , ada pesan baru , ada diskusi produk terbaru sehingga anda bisa cepat membalas . Sekarang tokopedia sudah menyediakan aplikasi sehingga tidak ada alasan bagi anda untuk telat membalas pesan atau diskusi produk .

•    Jangan perang harga

Apabila anda melihat suatu produk misalnya X dan harga paling murahnya di tokopedia sebesar 40.000 rupiah maka jangan sekali-kali anda menurunkan harga produk tersebut ke level terendah misalnya 38.000 atau nyaris 30.000 rupiah . Memang , anda berpikiran bahwa dengan mendirikan harga murah akan terjadi penjualan dalam jumlah banyak namun itu hanya sesaat . Berjualan bukanlah sekali atau dua kali , namun terus menerus dan cara mendatangkan pembeli melalui banting-bantingan harga merupakan cara salah .
Itulah 7 tips berjualan di tokopedia agar cepat laku , bagi anda seorang pedagang online yang menjadikan sebagai usaha rumahan maka situs tokopedia wajib anda coba agar jaring-jaring pemasaran bisa meluas .