Begini Cara Cegah dan Atasi Perut Kembung pada Bayi

mengatasi-perut-kembung-pada-bayi

Perut kembung pada bayi memang sangat rentan terjadi. Dan banyak ibu yang khawatir tentang si buah sehingga tak jarang para ibu ngeblank untuk mengatasinya. Padahal hal ini sangat wajar terjadi karena kita ketahui bahwa bayi belum memiliki sistem pencernaan yang normal.  

Biasanya bayi yang mengalami perut kembung akan rewel, susah tidur dan menangis trus menerus karena merasakan ketidaknyaman dengan kondisi tubuhnya.  Ketika perutnya membuncit dan ketika diketuk seakan terasa adanya perubahan dari kondisi perut bayi normal. Hal demikian terjadi dikarena adanya peningkatan jumlah gas di dalam saluran pencernaan bayi atau dikenal dengan istilah kembung. Apalagi usia bayi yang kurang dari 4 bulan, biasanya bayi dengan kondisi ini belum mempunyai sistem organ yang sempurna atau belum terlalu kuat sehingga gas di dalam perut dan usus bayi mudah untuk meningkat. Namun seperti yang dikatakan sebelumnya, para ibu jangan khawatir.

Terkadang para ibu seorang ibu mengoleskan campuran bawang merah yang ditumbuk dan minyak telon ke bagian perut bayi untuk dapat mengatasinya. Padahal menurut Dr. Melisa Anggraeni, MBiomed, SPA, seorang Dokter anak menjelaskan bahwa mencampur bawang merah dengan minyak telon sebenarnya salah satu cara tradisional yang sering dilakukan para ibu namun hal ini bukan untuk menghilangkan kembung pada bayi namun memberikan kehangatan perut bayi. Perlu diketahui bahwa barang merah bersifat panas dan iritatif bagi kulit dan dapat menyebabkan alergi serta iritasi. Apalagi ditambahkan dengan pemberian campuran minyak telon yang juga memiliki kandungan iritatif lainnya. Kebiasaan ini bisa digantikan dengan memakai baby oil ataupun dengan usapan air hangat karena hal ini jauh lebih aman.

Selain cara tersebut ada juga beberapa cara cegah dan atasi perut kembung pada bayi diantaranya dengan menepuk lembut bagian punggung bayi, menggosok bagian perut bayi dengan lembut, memberikan air hangat, waspada dengan susu formula, melakukan latihan untuk bayi anda, membiarkan bayi anda aktif, menerapkan teknik menyusui yang benar, stimulasi sendawa ketika bayi selesai disusui, menggunakan minyak telon atau baby oil, memberikan asupan makanan yang sesuai karena bayi sangat sensitif dengan makanan, serta  berikan pijatan atau kerokan pada bayi dibagian punggungnya.

Bagaimana dengan artikel yang saya sajikan? Apakah para ibu masih ingin memberikan campuran bawang merah dan minyak telon? Semoga dengan artikel ini, para ibu semakin bijak untuk memilih cara yang tepat dalam mengatasi perut kembung utuk si buah hati.