Beli Mobil Bekas atau Baru? Baca Tipsnya!

Beli Mobil Bekas atau Baru? Baca Tipsnya!

Tips panduan penting untuk beli mobil bekas dan baru

Dijaman sekarang ini, biasanya orang yang ingin beli mobil bekas atau baru akan dibuat pusing dan bingung dengan banyaknya pilihan yang dimiliki merk-merk mobil ternama di Indonesia. Bahkan satu jenis mobil dapat memiliki beberapa varian dengan kelebihan kelengkapan interior dan eksterior masing-masing produk. Perencanaan dan pertimbangan yang tepat sebelum memutuskan untuk beli mobil bekas atau baru tentu dapat menghindarkan Anda dari kerugian akibat salah beli. Ada baiknya juga untuk mengkonsultasikan keinginan Anda ini dengan kerabat ataupun teman dekat Anda yang lebih paham mengenai dunia otomotif. Mereka tentu akan dengan senang hati memberikan Anda panduan sebelum beli mobil bekas atau baru. Nah untuk melengkapi panduan dari kerabat dan teman Anda, kini kami sediakan pula tips lengkap sebelum beli mobil bekas atau baru.

Jadikan kebutuhan Anda sebagai pertimbangan utama. Tidak sedikit orang yang menyesal setelah membeli mobil karena mereka kurang pertimbangan. Ada yang merasa mobil yang telah dibeli tidak dapat memenuhi kebutuhan dan tidak sesuai dengan harapan mereka. Ada pula yang mendapatkan fitur mobil yang berlebihan, sehingga tidak terpakai dan terkesan seperti membuang uang. Buatlah daftar perimbangan Anda, misalnya tentang pilihan transmisi, mau yang manual atau otomatis(matic)? Fitur keselamatan yang diinginkan apa saja? Seberapa besar cc mesinnya? Seberapa besar dimensi mobilnya? Fitur teknologi interior dan eksterior seperti apa yang diinginkan? Dll. Pertimbangkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.Carilah mobil yang cocok atau mendekati kriteria dalam daftar yang telah Anda buat.

Jika sudah, perhitungkan berapa budget yang Anda miliki. Sesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda. Jika budget Anda minim, Anda dapat mengurangi spesifikasi kriteria yang telah Anda buat sebelumnya. Ingatlah untuk tidak terlalu memaksakan diri untuk membeli mobil secara seketika. Anda dapat menabung sambil melakukan riset terhadap target mobil Anda. Sebaiknya juga jangan terlalu fokus pada harga beli mobil yang Anda inginkan. Pertimbangkan pula hal-hal lain yang berkaitan dengan pembiayaan mobil Anda selanjutnya, seperti biaya untuk pajak, biaya perawatan berkala, biaya asuransi, ataupun biaya-biaya tak terduga ketika mobil Anda bermasalah nantinya. Jika Anda termasuk tipe orang yang mudah bosan, atau ada rencana akan berganti mobil dikemudian hari, ada baiknya untuk mempertimbangkan nilai jual dari mobil yang akan Anda beli tersebut.

Untuk semakin memantapkan keputusan Anda sebelum akhirnya pergi ke dealer, Anda dapat melakukan riset dengan cara mencari rekomendari dari keluarga, kerabat, maupun teman-teman Anda untuk mendapatkan mobil dengan kuliatas terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertimbangkan juga apakah Anda akan membeli mobil yang 'ready stock' atau 'indent'. Setelah memutuskan pergi ke dealer, cobalah untuk melakukan test drive. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan test drive antara lain suara mesin, akselarasi biasa, akselarasi saat menikung, ataupun akselerasi saat menyalip, suspense, kekuatan mesin ditanjakan, pengereman, kenyamanan kemudi, kenyamanan kursi dan ergonomis, derik dan derak, entertainment system, maupun kelegaan ruang kargo. Itulah tips lengkap sebelum membeli mobil yang langsung dapat Anda praktekan. Semoga tips-tips diatas membantu Anda menemukan mobil idaman yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Mari bagikan pengalaman Anda saat hendak beli mobil bekas atau baru, agar teman-teman pembaca lain dapat makin terbantu. Terimakasih.