Bisnis Apa yang Mudah? Usaha Makanan Jawabannya

Bisnis Apa yang Mudah? Usaha Makanan Jawabannya

usaha makanan

Bagi yang punya sudut pandang sempit terhadap peluang usaha makanan yang ada, mungkin akan berpendapat seperti ini “mau usaha makanan apa?? semua jenis usaha makanan sudah dijalankan orang lain, kalau pun membuka usaha makanan yang sama dengan orang lain, maka hanya akan menambah sesaknya persaingan saja”.

Bisa jadi pendapat yang demikian BENAR, namun bisa jadi juga SALAH. Dimana benar dan salahnya. BENARnya, tentu saja semua jenis usaha makanan sudah banyak berdiri, apa lagi untuk ukuran kota besar yang menyesuikankebutuhan masyarakat. Anggapan tersebut bisa SALAH, karena meski usaha makanan memang sudah padat pemain, namun celahnya tetap ada. Bahkan bila mau berinovasi dengan bisnis makanan, masih banyak peluang bagus yang bisa kita ambil.

Lalu bagaimana sebenarnya trik dan tips untuk bisa terjun di usaha mananan, terutama tentang pemilihan jenis makanan yang tepat.. ?? semua tentu ada caranya, beberapa hal penting berikut, sangat penting untuk kita ketahui.

Mengetahui kebutuhan makanan bagi masyarakat

Semua jenis makanan mulai nasi, bakso, rujak, dan bermacam camilan, boleh jadi memiliki potensi yang sama-sama besar. Dan tentunya kita semua tahu bahwa jenis-jenis makanan tersebut cukup laku di masyarakat kita. Namun yang perlu diketahui secara mendasar adalah kebutuhan makanan yang lebih spesifik.

Misal bagi lingkungan yang kebanyakan adalah pekerja pagi, maka warung sarapan pagi sangat bagus untuk dibuka. Contoh lain, di sore hari cukup banyak warga yang nongkrong-nongkrong, maka ini kesempatan untuk membuka usaha semacam warung jajanan atau warung kopi. Berbagai segmen usaha makanan ini pun bisa kita tentukan di dua pilihan yakni usaha berjualan dan usaha memproduksi makanan. Tinggal tentukan, penguasaan dan kemampuan kita di bidang yang mana.

Cerdik dalam menentukan pilihan

Inilah salah satu point yang harus benar-benar disadari, bila memang ingin terjun di usaha makanan. Yang dimaksud cerdik dalam menentukan pilihan, yakni berkaitan dengan pemilihan jenis usaha yang tepat untuk tempat yang tepat pula. Dalam memilih jenis usaha makanan itu nantinya akan erat kaitannya dengan minat dan potensi pasar yang ada. Untuk itu memilih jenis usaha makanan yang tepat sangat penting untuk diperhatikan.

Dan yang pasti sangat penting untuk memutuskan dengan bijak mau mengambil usaha makanan di bidang yang mana, apakah itu kuliner, makanan camilan, atau memilih usaha makanan yang praktis semacam gerobak franchise makanan. Ketelitian Anda juga akan diuji ketika modal yang Anda miliki adalah terbatas jumlahnya. Dan di kondisi yang seperti itu, Anda haruslah cerdik dalam mengambil keputusan serta berinovasi pada jenis makanan yang lebih punya potensi.

Tahu tempat-tempat strategis

Untuk yang satu ini tentu juga tak kalah penting sebagai wawasan tambahan kita. Usaha semacam berjualan makanan, baik dalam media restoran, warung, kedai, hingga mini resto tentu membutuhkan tempat-tempat yang strategis. Beberapa tempat strategis untuk membuka usaha misalnya; komplek dekat pasar, lokasi dekat kampus, di dalam foot court sebuah mall yang disewakan, di depan ruko untuk usaha warung tenda malam hari, dan beberapa tempat lain yang bisa Anda lirik di kanan kiri Anda.