Cara Alami Mengatasi Batuk Kering

Cara Alami Mengatasi Batuk Kering

Mengatasi Batuk Kering
Cara Alami Mengatasi Batuk Kering – Pasti diantara Anda sekalian pernah mengalami sakit batuk, batuk memang sangat mengganggu setiap aktifitas dan pekerjaan kita sehari-hari nya, seringkali batuk menimbulkan rasa kurang percaya diri di depan klien Anda. Terdapat dua jenis batuk, batuk berdahak dimana Anda mengeluarkan dahak atau lendir dari paru-paru dan batuk kering atau batuk tidak berdahak. Kedua jenis batuk ini sangat mengganggu, terlebih untuk batuk kering akan menyebabkan sakit pada tenggorokan dan dikhawatirkan akan menjadi radang tenggorokan akibat tenggorokan yang luka. Kali ini, Omah Tips ingin membahas seputar cara alami mengatasi batuk kering yang sangat mengganggu. Pembahasan kali ini, membahas seputar penyebab batuk kering dan bahan alami apa saja yang dapat digunakan untuk mengobati batuk kering Anda.

Batuk kering disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya ialah :

  • Adanya infeksi pernafasan, infeksi pernafasan terjadi akibat masuknya bakteri melalui hidung dibawa ke paru-paru. Hal ini dapat membuat Anda mudah mengalami batuk kering, jika infeksi tersebut masih dalam taraf ringan maka batuk kering dapat sembuh dalam waktu kurang lebih 3 minggu, jika batuk masih berlanjut maka segera hubungi dan pergilah ke dokter.
  • Kebiasaan merokok
  • Penyakit asma
  • Efek samping dari obat
  • Alergi terhadap sesuatu, misalnya terhadap makanan, debu, asap, atau bulu. Atasilah alergi Anda maka batuk kering juga akan membaik.

CARA ALAMI MENGATASI BATUK KERING

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab batuk kering, maka ada baiknya Anda juga mengetahui cara mengatasinya dengan bahan alami yang mudah didapatkan :
Cara alami mengatasi batuk kering yang pertama ialah mengunakan jahe. Untuk menyembuhkan batuk kering, Anda bisa saja mencoba ramuan yang terbuat dari jahe, caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu memotong jahe kecil-kecil dan kemudian dihaluskan, lalu rebus jahe kurang lebih 1 jam dan tambahkan dengan sedikit gula. Minum dua kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.
Cara alami mengatasi batuk kering yang kedua yaitu menggunakan jeruk nipis dan kecap. Jeruk nipis dipercaya mampu mengatasi batuk kering yang sangat menyiksa. Untuk mengurangi keasamannya campurkan dengan sedikit kecap. Minum sehari tiga kali secara rutin.
Cara alami mengatasi batuk kering yang ketiga yaitu menggunakan daun sirih. Daun seirih juga dapat digunakan sebagai bahan alami mengatasi batuk kering, caranya rebus beberapa lembar daun sirih dan minumlah air rebusan tersebut secara rutin agar batuk cepat mereda dan tidak berlarut-larut.
Cara alami mengatasi batuk kering yang keempat ialah mengunakan kunyit dan lada hidam. Rebuslah 1 sdt kunyit dengan sedikit air kemudian campurkan dengan 1sdt bubuk kayu manis dan 1 sdt bubuk lada hitam. Rebus hingga matang dan minumlah ramuan tersebut tiga kali sehari secara teratur.
Cara alami mengatasi batuk kering yang kelima ialah menggunakan belimbing wuluh. Menggunakan belimbing wuluh sebagai obat pereda batuk kering juga sering dilakukan orang pada jaman dahulu. Caranya yaitu sediakan 5-10 buah belimbing wuluh, cuci bersih, kupas kulit dan haluskan menggunkan blender, kemudian campurkan dengan dengan satu cangkir air dan sedikit garam, peras dan ambil sarinya kemudian minumlah ramua tersebut secara rutin dua kali sehari hingga batuk mereda.
Cara alami mengatasi batuk kering yang keenam yaitu menggunakan kayu manis. Caranya sangat mudah, rebuslah kayu manis dan campurkan dengan sedikit gula dan garam, minumlah secara teratur hingga batuk kering Anda sembuh. Ramuan ini dipercaya mampu melegakan tenggorokan Anda akibat batuk kering.
Cara alami mengatasi batuk kering yang ketujuh ialah menggunakan garam. Garam dapat membasmi bakteri yang menyebabkan tenggorokan Anda teriritasi, maka dari itu ada baiknya jika Anda rutin berkumur dengan air garam agar bakteri tersebut mati dan batuk kering dapat segera mereda.
Cara alami mengatasi batuk kering yang kedelapan ialah menggunan kencur. Haluskan kencur dengan mengunyah dengan lembut dengan dicampur sedikit garam, setelah halus telan dengan dibantu air hangat. Lakukan secara rutin maksimal 2 kali sehari pagi dan sore hari.
Cara alami mengatasi batuk kering yang kesembilan yaitu meminum teh yang dicampur dengan jahe. Selain enak teh jahe juga sangat membantu untuk meredakan batuk kering. Caranya siapkan secangkir teh hangat dan campurkan dengan irisan jahe yang sudah diiris tipis, minumlah dua kali sehari secara rutin hingga batuk mereda.
Cara alami mengatasi batuk kering yang kesepuluh ialah perbanyak minum air putih. Air putih dapat meredakan rasa gatal pada tenggorokan Anda, hendaknya minumlah air hangat supaya rasa gatal cepat hilang dan hindari minum air es atau makanan yang menyebabkan tenggorokan mudah gatal.
Untuk mengatasi dan mengobati dengan bahan alami di atas, Anda harus rutin meminumnya karena ini bukan obat istan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek terdekat. Namun, jika Anda merasa cara alami tersebut kurang ampuh dan batuk kering semakin parah, maka ada sebaiknya ada berkonsultasi dengan dokter yang ahli dibidangnya. Terimakasih sudah membaca. Semoga lekas sembuh.