Cara Belanja Online. Dijamin Aman!

Cara Belanja Online. Dijamin Aman!

Cara Belanja Online

Bagaimana cara belanja online? Banyak orang menanyakan cara melakukan belanja online. Seiring perkembangan jaman dan teknologi, kebutuhan akan belanja online di internet terus meningkat. Kehidupan di kota besar dengan gaya hidup perkantoran yang sibuk juga turut mengubah gaya belanja dari sebagian besar masyarakat di kota besar. Jam kerja yang padat, jalanan yang macet, membuat orang enggan untuk pergi keluar rumah menuju ke toko untuk membeli barang yang dibutuhkan. Dengan alasan itu, belanja online pantas menjadi solusi. Namun meningkatnya belanja online di internet kerap kali disalah gunakan orang untuk melakukan tindak kejahatan. Berkedok belanja online, mereka melakukan penipuan. Oleh karena itu kali ini Omah Tips hadir dengan ulasan Cara Belanja Online yang mudah dan aman. Dengan mengikuti tips dan cara belanja online berikut ini, diharapkan Anda dapat lebih nyaman dan tenang saat melakukan transaksi pembelian. Simak baik-baik cara belanja online berikut.

Pilih toko online atau penjual online bereputasi baik. Tidak semua belanja online dilakukan di web resmi dari toko online. Ada juga penjual online yang manjual barang dagangan mereka atau istilahnya membuka lapak di sosial media seperti Facebook, ada juga yang berjualan di forum seperti Kaskus, dan masih banyak lagi tempat jualan online yang lain. Siapapun yang menjual, entah itu atas nama pribadi, kelompok, maupun atas nama perusahaan, perhatikanlah kredibiltas si penjual.

Cek apakah si penjual memiliki situs sendiri sebagai toko online. Jika ada, amati situs toko online tersebut dan cek statistik toko online seperti umur toko online (minimal 1 tahun ke atas) dapat dicek melalui http://who.is/, Google PageRank (minimal PR 1 makin tinggi makin baik), dan Alexa Rank (minimal di bawah 1 juta) dapat dicek di http://www.alexa.com/.

Periksa testimoni/kesaksian dari orang-orang yang telah membeli dari si penjual tersebut. Apakah barang sampai dengan selamat, sesuai dengan yang dipajang di situs, bagaimana pengiriman paketnya, apakah rapi, dll. Telitilah testimoni tersebut, pastikan testimoni pada situs belanja online tersebut bukan testimoni tipuan. Pastikan Anda belanja online langsung dari toko online yang menjual sendiri barang dagangannya/mempunyai stok sendiri, bukan membeli dari pihak ke-3.

Perhatikan sisi personalitas. Salah satu ciri penjual toko online yang kredibel ialah berani menampilkan alamat lengkap dan kontak person yang siap dihubungi. Jika lokasi alamat si penjual dekat dengan tempat tinggal Anda, tidak ada salahnya Anda berkunjung ke sana untuk memastikan bahwa penjual online tersebut bukanlah penipu. Anda juga dapat memeriksa nomor telepon penjual, alamat email, nomor telepon/HP, YM, pin BB, dll dengan mencoba menghubunginya. Apakah kontak person tersebut masih aktif atau tidak. Jika Anda menemukan kejanggalan dan merasa curiga, Anda dapat beralih ke toko online atau penjual online yang lain. Namun jika si penjual online dirasa cukup kredibel dan dapat dipercaya, Anda dapat melanjutkan proses transaksi belanja online Anda.

Baca peraturan toko online tersebut. Pahami bagaimana cara belanja online di toko online tersebut. Biasanya toko online yang baik menyediakan panduan cara belanja pada halaman tersediri. Anda juga dapat membaca halaman FAQ, jika ada. FAQ merupakan singkatan dari Answer Question, pada halaman ini biasanya dicantumkan pertanyaan-pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh pengunjung baru di situs tersebut yang tentunya telah dijawab oleh pihak toko online tersebut.

Baca deskripsi dan detail produk dengan cermat. Mengingat ketika belanja online kita tidak dapat melihat secara langsung fisik produk yang akan kita beli, jadi Anda harus benar-benar teliti sebelum membeli. Toko online yang kredibel biasanya memjang foto produk dengan kualitas gambar yang baik dan dari beberapa sudut pandang. Jangan mudah tergoda dengan harga yang murah. Tetaplah berhati-hati dan waspada dalam melakukan belanja online terutama untuk produk dengan harga super murah dibawah rata-rata. Jika Anda menemui hal itu, Anda perlu curiga terhadap si penjual online. Carilah produk dengan harga yang pantas. Sebagai pengingat, untuk pemesanan dan pembelian perdana sebaiknya hindari transaksi yang besar. Sebelum melakukan belanja selanjutnya, pastikan transaksi pertama Anda berjalan lancar. Misalnya barang pesanan sampai tepat waktu, dikirim melalui agen terpercaya, dikemas dalam paket yang rapi,

Baca kebijakan situs web terhadap data pribadi Anda. Pada beberapa kasus, Anda mungkin diminta mengisi form data diri seperti nama, alamat, nomor telepon, dan data lain untuk melengkapi proses transaksi dalam belanja online yang Anda lakukan. Pastikan data diri yang Anda berikan tidak disalah gunakan oleh pihak pemilik web diwaktu mendatang.

Pastikan Anda memasukkan alamat dengan lengkap dan benar. Misalnya : Nama Jalan, Nama Komplek, No Rumah, RT/RW, Kabupaten, Kecamatan, Nama Kota, Kode Pos, Provinsi dan Patokan khusus agar alamat Anda mudah dicapai oleh pihak jasa pengiriman. Sebagai informasi, jika Anda menggunakan alamat kantor/perusahaan, tambahahkan keterangan : Nama Perusahaan/Kantor, Divisi/Bagian. Misalnya PT. Cara Belanja Online, Divisi Belanja Online, Bagian Packaging. Atau jika menggunakan alamat kos/asrama, tambahkan keterangan nama kos dan no.kamar.
Misalnya Kos Puri Biru, Kamar No 8E.

Perhatikan sistem Pembayaran. Berhati-hatilah terhadap setiap transaksi online yang akan Anda lakukan. Pada umumnya Anda akan diminta mengirimkan uang terlebih dahulu, baru barang dikirimkan kepada Anda. Hal ini tidak jadi masalh jika toko online tempat Anda bertransaksi itu benar-benar terpecaya. Namun jika status toko online atau si penjual online itu masih belum diketahui, lebih baik Anda memilih cara pembayaran dengan COD (Cash On Delivery). Yaitu dengan bertemu langsung dengan si penjual plus barang yang akan Anda beli. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya saat Anda bertemu dengan si penjual. Teliti baik-baik barang yang hendak Anda beli. Namun jika ternyata lokasi buyer dan seller  berbeda kota, maka salah satu solusi yang dapat digunakan ialah dengan menggunakan rekening bersama. Maksud dari penggunaan rekening bersama ialah pembeli mentransfer uangnya ke kaskuser pengelola rekening bersama setelah itu disepakati maka penjual mengirim barang ke pembeli sehingga ketika Barang sampai ke pembeli dan tidak ada masalah, uang akan ditransfer dari pengelola  rekening bersama kepada penjual. Hal ini berlaku juga sebaliknya jika terjadi masalah, misal barang tidak pernah sampai, maka uang akan dikembalikan ke pembeli.

Pastikan saat Anda memasukkan data pribadi seperti password atau no kartu kredit, toko online tersebut mempunyai fasilitas SSL (Secure Sockets Layer/jalur aman yang dienkripsi), cek pada browsernya diawali dengan HTTPS. Hal ini penting demi keamanan transasi online Anda. Lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya.

Cara Aman Belanja Online

Cara Mudah Belanja Online

Tips Aman Belanja Online

Jika Anda berbelanja dalam jumlah yang besar mintalah Toko Online untuk mengasuransikan pengiriman via Tiki/JNE. Mungkin Anda akan dimintai biaya tambahan demi keamanan pengiriman barang Anda. Dan pastikan Anda mendapatkan No.Resi/No.kirimiman dari agen pengiriman yang Anda percaya. Dengan No.Resi Pengiriman tersebut, Anda dapat mengetahui keberadaan barang Anda. Periksa semua biaya beserta detail perinciannya, misalnya harga barang, ditambah ongkos bungkus ditambah ongkos kirim, dll hingga keluar harga totalnya. Hitung dengan teliti, dan pastikan jumlahnya benar. Simpan bukti transaksi.

Berhati-hatilah saat melakukan transaksi dengan komputer yang Anda gunakan, terlebih bila Anda menggunakan komputer orang lain seperti komputer warnet. Usahakan untuk tidak memberikan informasi finansial seperti bank acc info, paypai account dan informasi lainnya. Ingat, saat ini banyak program-program yang bisa mendeteksi (mencatat) ketikkan orang melalui keyboard yang digunakannya. Hal ini sangat memungkinkan data penting Anda dapat dicuri dan disalah gunakan. Sebaiknya gunakan komputer maupun laptop milik sendiri. Lengkapi juga komputer Anda dengan antivirus. Jangan lupa lakukan logout dan menghapus cookies danchace browser setelah pekerjaan Anda selesai, karena bagaimanapun juga ini lebih aman.

Cara Belanja Online (Tambahan)

Walaupun Anda berada ditempat yang jauh dari alamat yang tercantum pada toko online, Anda dapat iseng-iseng menyatakan bahwa Anda ingin datang ke tempat online shop tersebut. Lihat apa reaksi dan tanggapan dari pihak toko online tersebut. Tidak jarang online shop menolak untuk dikunjungi oleh berbagai alasan. Hal ini dapat dijadikan pertimbangan untuk menilai kredibilitas toko online tersebut.  Jika kedatangan Anda ditolak, sebaiknya Anda berpikir ulang untuk melakukan order, bisa saja toko online tersebut hanya tipu-tipu saja.

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengirimkan surat yang berisi pertanyaan kepada pihak toko online untuk mengecek validitas dan kredibilitas dari toko online tersebut. Jika Anda bingung mengenai apa yang hendak ditanyakan, Anda beritahukan saja jika Anda ingin mendapatkan katalog terbaru. Gunakan pos untuk mengirimkan surat, untuk mengecek validitas alamat yang tercantum. Pastikan bahwa alamat online shop tersebut Anda tulis dengan benar dan kiriman Anda sampai ke online shop tujuan. Jika pengantar surat bisa sampai dan menemukan online shop tersebut maka itu berarti online shop tersebut tidak fiktif dan tidak mengada-ada.

Ada yang mengatakan, sebaiknya pilih penjual toko online yang memiliki situs sendiri dengan nama domain dan hosting berbayar. Dikatakan hal tersebut menandakan bahwa pihak penjual memang serius untuk melakukan bisnis dengan membeli nama domain sendiri dan menyewa hosting sendiri. Namun menurut saya hal ini tidak benar 100%. Bisa saja si penjual sengaja membeli domain dan menyewa hosting sendiri untuk lebih meyakinkan calon korbannya. Tetap berhati-hati ketika melakukan belanja online. Anda juga dapat menanyakan kepada teman atau kerabat Anda tentang rekomendasi toko online yang dapat dipercaya berdasarkan pengalaman mereka melakukan transaksi secara online.

Demikianlah cara belanja online dengan aman. Semoga membantu. Bagi Anda yang memiliki pertanyaa dapat langsung menanyakananya melalui kotak komentar dibawah. Bagi Anda yang memiliki pengalaman tersendiri saat berbelanja online, mari bagikan juga disini agar semakin banyak orang mengerti bagaimana belanja online dengan mudah dan aman. Terimakasih.