Cara Memberikan ASI yang Benar Pada Bayi

Cara Memberikan ASI yang Benar Pada Bayi

Cara Memberikan ASI Yang Benar

Cara Memberikan ASI yang benar pada bayi – Setiap Ibu pasti menginginkan bayi mereka mendapatkan air susu Ibu atau ASI eksklusif untuk tumbuh kembangnya. Namun tidak semua Ibu mengerti bagaimana cara memberikan ASI yang benar pada bayi sehingga bayi mau meminum susu Ibunya langsung tanpa kesulitan. Tidak hanya para Ibu, para ayah pun harus mengetahui cara memberikan ASI yang benar pada bayi supaya dapat membantu Ibu dalam memberikan ASI ekslusif untuk bayi Anda. Salah satu permasalahan yang akan timbul jika Ibu tidak memberikan ASI dengan cara yang benar ialah bayi akan mengalami cegukan karena udara ikut masuk saat Ibu menyusui. Maka dari itu, tentu Anda tidak mau hal tersebut terjadi bukan?

Pembahasan kali ini menyambung pada pembasahan yang lalu mengenai Tips Agar ASI Lancar dan Banyak, sedangkan pembahasan kali ini akan membahas seputar cara memberikan ASI yang benar pada bayi. Bagi para Ibu yang belum mengetahui cara nya, silahkan disimak artikel ini.

CARA MEMBERIKAN ASI YANG BENAR PADA BAYI

Tidak sedikit para Ibu muda yang masih bingung bagaimana cara memberikan ASI nya pada sang buah hari dengan benar, berikut Omah Tips bagikan mengenai teknik dan cara memberikan ASI yang benar pada bayi Anda.

  • Mintalah bantuan bidan atau suster ketika Ibu ingin memberikan ASI pada bayi Anda, sebaiknya segera berikan ASI setelah bayi lahir.
  • Selalu biasakan mencuci tangan Ibu terlebih dahulu dengan sabun setiap kali hendak menyusui, agar sang buah hati benar-benar mendapatkan ASI yang steril dan bersih.
  • Perah sedikit ASI dan oleskan pada daerah sekitar puting Ibu agar bayi mengenal bau ASI.
  • Posisi Ibu harus yang senyaman mungkin, bisa duduk, tiduran atau berbaring dengan santai dan rileks.
  • Posisikan bayi menghadap Ibu dengan perut bayi menempel pada perut Ibu. Dagu bayi menempel pada payudara Ibu. Telinga dan lengan berada pada satu garis yang lurus. Mulut bayi terbuka lebar dan menutupi daerah gelap pada sekitar puting Ibu.
  • Agar mulut bayi terbuka ialah dengan menyentuhkan puting susu pada bibir bayi.
  • Setelah mulut terbuka lebar, masukanlah segera puting dan daerah lingkaran gelap sekitar puting susu ke dalam mulut bayi.
  • Berikan ASI hingga payudara Ibu terasa kosong dan pemberian ASI berikutnya dilakukan pada payudara yang satu lagi.
  • Sedangkan cara melepaskan puting susu dari mulut bayi yaitu dengan menekan dagu bayi kearah bawah atau memasukan jari diantara mulut bayi dan payudara.
Bagaimana Ibu? Mudah bukan? Ayo mulailah mencoba memberikan ASI ekslusif yang tidak akan tergantikan manfaatnya. Dengan meminum ASI langsung dari sang Ibu bayi akan lebih sehat dan kuat loh, ayo mencoba dan terimakasih sudah membaca.