Cara membuka usaha konter pulsa

Cara membuka usaha konter pulsa

Lagi bingung cari kerjaan sampingan yang berpotensi? anda punya HP? buka konter pulsa saja. Seperti ide usaha yang akan dibahas kali ini. Memang bukan ide usaha yang baru, tapi mengingat “handphone” sekarang sudah seperti hal yang wajib bagi semua orang maka usaha makanan untuk handphone pun masih memiliki potensi yang lumayan. Buat yang berminat membuka sebuah konter pulsa saya beri sedikit gambaran tentang apa saja yang diperlukan untuk membuat sebuah konter, yang sudah punya usaha tidak ada salahnya ikut membaca juga untuk sekedar referensi, Syukur-syukur ada yang mau menambahkan jika ada kata yang kurang atau salah.

Niat Usaha

Semua yang berasal dari niat biasanya lebih mudah untuk menjalankan apa saja, termasuk usaha. Niat positif untuk hal positif.

  • Usaha tanpa Niat = sia-sisa
  • Niat tanpa usaha = percuma

Jadi mulailah usahamu dengan niat untuk usaha, dan niat untuk berusaha. Tau kan maksudnya.

Pemilihan Tempat

Pemilihan tempat itu sangat penting untuk semua jenis usaha, begitu juga usaha konter pulsa ini. pilihlah tempat yang dirasa cukup strategis, misalnya di pinggir jalan raya, di pinggir sekolah, pinggir rumah sakit, dekat kampus, puskesmas, kantor pelayanan masyarakat dan sejenisnya yang banyak dikunjungi orang. Di kompleks atau kampung juga bisa, pilih saja target pelanggan yang dirasa cukup strategis mnurut anda.

Persiapan Barang Dagangan

foto untuk ide usaha konter pulsa
foto untuk konter pulsa dari internet

Setelah ada niat dan sudah menentukan tempat yang strategis, sekarang ke persiapan barang dagangan, persiapkan etalase yang biasa untuk konter. Tempat duduk untuk penjaga dan pelanggan, siapkan 3-5 kursi plastik. Dan yang utama karena kita mau membuat konter pulsa ya pulsanya itu sendiri.
sebaiknya persiapkan pulsa elektrik dan fisik juga, karena terkadang ada pelanggan yang memilih pulsa fisik karena ada rumor katanya pulsa fisik masa aktifnya lebih lama. Walaupun ada provider yang peminatnya kurang/jarang laku pulsanya, lebih baik sediakan saja untuk berjaga-jaga kalau memang ada yang beli. Karena itu juga bisa membuat nilai lebih bagi konter anda. Kalau bisa dibuat lebih lengkap lagi seperti dengan menjual pulsa listrik dan kartu perdana juga.

Untuk yang baru mau mencoba usaha konter pulsa, disarankan untuk menggunakan yang multichip dulu saja, karena biasanya lebih murah dan tidak memerlukan banyak HP. Kalau memang sudah cukup banyak pelanggan, segera pindah yang satu chip untuk satu operator. Karena katanya yang menggunakan satu chip untuk satu operator lebih cepat pulsa masuknya. Ini juga menjadi poin lebih, karena banyak pelanggan (termasuk saya pribadi) akan lebih memilih konter yang cepat pulsa masuknya.

Perlengkapan Tambahan

Ini untuk perlengkapan tambahan saja, untuk memeriahkan konter baru anda sediakan juga aksesori HP. Seperti chasing HP,charger,gantungan HP,screen guard,batrai HP dan kalau bisa lengkapi dengan menerima jasa servis hp juga. Meskipun daya jualnya tidak sebesar pulsa, tapi keuntungan dari penjualan aksesori ini kadang bisa 100% lho.

Tips Mendapatkan Pelanggan

Tips untuk yang sudah memulai usaha konter pulsa supaya bisa menarik pelanggan. Bagi yang baru mulai, anda bisa membuat “diskon pembukaan” untuk menarik pelanggan dan untuk mengenalkan usaha baru anda. Untuk yang sudah memiliki konter pulsa, anda bisa membuat seperti kupon. Misalnya bila ada pelanggan yang beli pulsa dengan nominal tertentu akan diberi kupon, dan jika jumlah kupon sudah mencapai jumblah sekian bisa ditukakan dengan sejumblah hadiah atau pulsa. Layani pelanggan dengan ramah dan senyum. Kalau bisa pakai chip yang cepat pulsa masuknya.

Apakah usaha konter ini bisa sukses??

Anda pernah dengar tentang google adsense? itu lho bisnis iklan yang banyak digemari para blogger. Yang akan memberi dolar setiap ada orang meng-klik iklan dari blog mereka, Usaha konter ini juga prinsipnya sama. Hanya saja konter itu di dunia nyata, dan adsense di dunia internet. Kalau kita bersungguh-sungguh, sabar dan berdoa maka tidak ada yang tidak mungkin.

Sekian saja ide usaha yang kita bahas kali ini, sampai jumpa di ide usaha yang lainnya. Salam Sukses