Cari Usaha Sampingan? Berikut Caranya

Cari Usaha Sampingan? Berikut Caranya

Susah untuk menentukan jenis usaha sampingan yang benar-benar bisa cocok dan klop dengan kepribadian Anda???… ya, tak mudah memang untuk cari usaha sampingan atau pekerjaan kedua setelah pekerjaan utama kita. Berbagai alasan mungkin mendasari bagi beberapa diantara kita yang kesulitan untuk menentukan jenis usaha sampingan yang cocok sesuai hati dan keinginan.

Mungkin karena waktu seolah tidak ada, tidak memiliki ketrampilan, atau sangat asing engan dunia wirausaha lantaran terbiasa mencari kerja, bukan menciptakan pekerjaan. Apapun alasannya, yang pasti kesempatan selalu terbuka lebar bagi siapa saja yang berminat dengan wirausaha mandiri. Meski umur anda sudah tua sekali pun misal sekitar 50 tahun, sepertinya tidak ada kata telat untuk memulai sesuatu yang mulia, yakni mencari rizki yang lebih untuk kesejahteraan keluarga.

Sayangnya sering menjadi hal sulit saat kita mencari usaha sampingan, dan beberapa orang pun sering bingung untuk menentukan jenis bisnis sampingan yang cocok. Ok.., di kesempatan kali ini rumususaha mencoba untuk berbagi tips mengenai “bagamana sihh… cara cari usaha sampingan”. Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Koreksi waktu luang Anda kembali

Ini menjadi amat penting ketika kita mengetahui bahwa sebenarnya waktu luang kita sering terbuang untuk hal-hal yang kurang bermanfaat dan sering membawa kita terkerumus pada santai yang membunuh semangat. Coba amati kebiasaan Anda, apakh sering nonton TV hingga larut malam, apakah terlalu sering jalan-jalan saat pulang kerja, atau Sabtu Minggu Anda kurang bermanfaat lantaran hanya dipakai untuk liburan yang terlalu sering dan menghabiskan uang.

Manajemen waktu amat penting, dan gaya hidup disiplin menjadi kunci sukses seseorang. Bangun pagi, tidur lebih awal, waktu tidur tak lebih dari 8 jam, merupakan gaya hidup sehat dan disiplin. Bila Anda kurang atau tidak disiplin, maka waktu luang yang ada akan sulit nampak atau terlihat.

Dipilih.. dipilih… dipilih…

Bila point tadi sudah, dan total waktu luang kita mulai Senin hingga Sabtu Dan Minggu sudah terlihat, maka selanjutnya adalah memilih beberapa jenis usaha sampingan yang nampak mudah untuk dijalankan di sisa waktu luang kita sepulang kerja. Namun perlu diingat, jangan paksakan diri untuk bekerja sangat keras, berlebihan hingga energi anda jadi terforsir, karena perlu diingat bahwa Anda punya pekerjaan utama.

Untuk memilih jenis usaha yang tepat, misal di sore hingga malam hari, kita bisa tentukan pada 2 jenis tempat, yakni rumah sendiri atau di tempat lain/ sewa tempat. Usaha di sore dan malam hari, bisa pilih usaha warung kopi dan gorengan, di rumahan boleh (bila memungkinkan) di areal dekat kampus pun ok.. yang pasti rencanakan waktu jam kerja dengan efektif dan tidak terlalu panjang, karena pagi harinya kita harus bekerja.

Usaha lainnya, bisa potong rambut bila bisa, tambal ban (bila rumah di pinggir jalan) atau usaha jasa lainnya seperti service komputer, elektronik atau bisa juga jasa seperti mengetik naskah tugas anak kuliah atau sekolah. Yang pasti usahakan jenis usahanya yang ringan-ringan saja.