Harga Karburator Motor Mulai 200an Ribu Rupiah, dengan Perawatan yang Tepat Membuatnya Tetap Awet

Karburator termasuk dalam bagian yang memiliki fungsi vital pada sebuah kendaraan bermotor, yaitu berkaitan dengan sistem pembakaran. Tanpa keberadaan bagian yang satu ini sudah pasti sebuah kendaraan tidak akan bisa dijalankan. Umumnya ada beberapa hal yang sering kali menjadi penyebab atau pemicu terjadinya kerusakan karburator ini, jika sudah demikian maka mau tidak mau harus melakukan service, namun jika tingkat kerusakan sudah sangat parah, tentunya wajib bagi pemilik untuk menggantinya dengan yang baru. Harga karburator motor ini sendiri juga cukup bervariatif, diantaranya ada yang mulai dari 200 ribuan rupiah, namun juga ada yang lebih mahal dari itu, tergantung jenis dan juga kualitasnya.

 007291100_1515404890-photo-143

Umumnya pada beberapa kondisi sebenarnya masalah yang terjadi pada karburator ini bisa diatasi sendiri tanpa harus melakukan pergantian dengan yang baru, tentunya akan jauh lebih hebat biasa. Misalnya saja adalah kondisi dimana karburator sangat kotor, karena penyaringan bahan bakar tidak berjalan secara maksimal. Sehingga bagaimanapun akan berdampak kepada kendaraan. Performanya akan turun, karena bahan bakar bercampur dengan air dan juga kotoran.

Tak perlu keluar biaya mahal dengan membeli yang baru, apalagi harga karburator motor juga terbilang cukup tinggi, cukup dengan langkah pembersihan yang mudah saja, berikut ini sedikit panduan bagi Anda yang ingin membersihkan karburator kendaraan tersebut di rumah, tanpa pergi ke bengkel, diantaranya adalah:

  1. Lepaskan bagian filter karburator ini, bagian filter ini memiliki fungsi yaitu sebagai penyaring, penyaring antara bahan bakar dan juga kotoran yang mungkin akan masuk kedalam mesin. Biasanya bagian yang satu ini paling banyak kotorannya, sehingga sebelum masuk lebih dalam maka dianjurkan bagi Anda untuk segera melakukan langkah pembersihan bagian tersebut, hingga tidak ada kotoran yang berpotensi untuk menyumbatnya. Bersihkan dengan memakai cairan pembersih khusus yang banyak dijual di pasaran, agar tekanan tidak berubah maka setelah dibersihkan biarkan hingga mengering terlebih dahulu sebelum digunakan.
  2. Lepaskan bagian baut yang melekat pada karburator, bagian utama yang mengunci karburator dengan komponen yang lainnya, sebaiknya hati-hati ketika akan melepaskannya, pastikan juga menyimpan baut di tempat yang tepat agar tidak sampai hilang. Gunakan kuas dan semprotan yang bertekanan untuk membersihkan bagian yang satu ini, karena beberapa sisinya akan sangat sulit untuk dijangkau.
  3. Anda bisa melepaskan bagian spuyer yang juga menempel, jangan lupa juga untuk ikut membersihkan komponen tersebut, karena sering kali spuyer juga kotor dan nantinya ikut masuk ke ruangan bahan bakar. Pembersihan bagian ini bisa dengan mengandalkan amplas halus, karena biasanya jenis kotoran menempel terlalu kuat hingga agak berkerak, untuk mempermudah maka bisa di gosok-gosok perlahan. Sebaiknya hati-hati dalam pembersihan komponen yang satu ini karena akan berdampak pada diameter dari kendaraan tersebut hingga sulit dipasang kembali.
  4. Tutup bagian karburator tersebut, setelah semua bagian yang ada di dalamnya bersih sempurna, maka langkah akhir adalah dengan menutupnya kembali. Mulai dari pemasangan sputer, dilanjutkan pada baut yang menempel dan mengunci karburator, jangan lupa pada bagian filternya.

Sangat mudah bukan, langkah pembersihan ini hendaknya dilakukan secara teratur untuk menjaga agar karburator tetap berfungsi sebagai optimal dalam mengalirkan bahan bakar. Sehingga Anda juga tidak perlu gonta-ganti dengan yang baru karena masalah sepele, mengingat harga karburator motor ini cukup mahal, belum tentu juga dapatkan yang ori.