ide Usaha Rumahan Warung Rujak, Prospek dan Konsumennya?

ide Usaha Rumahan Warung Rujak, Prospek dan Konsumennya?

Bila Anda sudah bosan melihat peluang ide usaha rumahan yang itu-itu saja, seperti toko sembako, warung kopi, jasa laundry, atau usaha lain-lainnya, maka kini Anda bisa melirik ide usaha rumahan dengan berjualan atau mendirikan warung rujak di teras rumah. Rujak merupakan makanan jajanan yang biasanya terdiri dari buah-buahan yang sudah matang maupun buah-buahan mentah yang terasa asam yang dipadu dengan sambal gula jawa atau gula merah yang memberikan sensasi rasa manis namun dipadu dengan rasa pedas yang bisa bikin nangis dan ngiler.

Rujak biasa dinikmati di siang hari sebagai makanan jajanan di waktu luang, serta bisa juga sebagai makanan penunda lapar. Rujak juga merupakan makanan jajanan denga harga yang cukup terjangkau. Rujak buah di beberapa tempat sering bisa didapat dalam wadah atau kemasan plastik yang sudah lengkap dengan sambalnya di dalam wadah plastik kecil. Namun rujak yang ada di warung-warung biasanya diolah atau diramu ketika pembeli datang. Jadi jangan heran bila di sebua warung rujak sering nampak erlihat antrian panjang.

Rujak disuka remaja hingga orang dewasa

Makanan jajanan rujak, umumnya sangat disuka oleh berbagai usia, mulai dari anak-anak seusia Sekolah Dasar, remaja, hingga orang-orang dewasa lanjut usia yang suka menikmati makanan pedas. Sensasi rasa manis, asam, pedas dari rujak ini, sering menambah hangatnya keakraban bagi mereka yang menikmati rujak bersama teman-teman.

Kepedasan secara bersamaan, tentu akan semakin mengakrabkan suasana pertemanan. Anak sekolah SMP atau SMU biasanya sangat suka dengan jajanan rujak. Untuk itu boleh dibilang bahwasanya pangsa pasar untuk rujak ini sebenarnya cukup bagus.

Aneka es buah, sebagai menu tambahan

Sebagai usaha rumahan warung rujak, biasanya akan lebih menarik bila dilengkapi dengan menu selain rujak. Aneka es buah, es cendol maupun es juss buah, bisa kita awarkan kepada para pelanggan. Menikmati es cendol seusai kepedasan karena makan rujak, tentu akan menambah kesegaran dan kenikmata tersendiri.

Terlebih untuk meracik aneka es yang enak tak harus menggunakan modal besar. Selain itu bahan baku rujak seperti buah-buahan juga cukup mudah didapat di pasar-pasar. Untuk jenis buahnya bisa disesuaikan dengan musim buah yang ada. Rujak sangat nikmat dinimati di berbagai macam cuaca, mau cuaca panas, cuaca dingin, rujak tetap enak dinikmati bersama-sama.

Strategi membesarkan ide usaha rumahan ini

Meski mendirikan warung rujak skala rumahan, namun jangan anggap bahwa usaha ini terbatas pada skala usaha kecil. Bila konsumen sudah cukup banyak dan membludak, konsep usaha bisa kita rubah dengan konsep usaha yang lebih unik dan mampu menarik banyak simpati pasar baru. Misal kita bisa dirikan cafe rujak dengan konsep yang sederhana, atau menata kembali warung rujak di depan rumah menjadi lebih menarik. Lengkap dengan daftar menu dan harga yang bersahabat.