Ini Dia 4 Jenis Survival Kit yang Bisa Membantu Saat Tersesat di Alam Bebas

Kegiatan mendaki gunung tentu diakui siapa saja bukanlah kegiatan yang sifatnya aman-aman saja sehingga perlu membawa perbekalan survival kit. Bekal satu ini merupakan perlengkapan bertahan hidup yang terdiri atas beberapa jenis barang, yang tentu akan dibawa setiap kali melakukan kegiatan mendaki gunung. Hobi mendaki gunung memang disukai oleh banyak orang hanya saja perlu disadari jika termasuk hobi yang ekstrim dengan beragam resiko yang siap mengancam penikmatnya.

03e3f51a3e7a_resize_800_600_rel_left_top

Resiko yang cukup populer adalah mengalami hypothermia atau kedinginan yang tentu pertolongan secepatnya perlu dilakukan untuk mencegah kematian. Akan tetapi resiko lain yang juga menjadi momok dari para pendaki ini adalah tersesat di alam bebas yang tentu bisa berlangsung cukup lama. Jika beruntung tersesat ini hanya sekitar beberapa jam, namun jika tidak maka bisa memakan waktu berhari-hari. Disinilah perlengkapan bertahan hidup memerankan fungsinya dan memang wajib sekali untuk dibawa.

Perlengkapan Survival untuk Resiko Tersesat

Beberapa jenis survival kit bisa sangat membantu dan diandalkan ketika tersesat sehingga bisa memudahkan menemukan jalan dan arah yang benar. Berikut adalah beberapa jenisnya:

1. Korek api,

Saat tersesat Anda akan sangat beruntung memiliki korek api atau pemantik api di alam liar, sehingga membantu bertahan hidup. Nantinya bisa dipakai untuk membuat api unggun guna memanggil tim SAR, sekaligus bisa menciptakan api untuk mengusir hewan buas yang mendekat. Pembuatan api unggun memakai korek juga efektif menjaga tubuh tetap hangat sehingga bisa mencegah terjadinya hypothermia.

2. Peluit,

Peluit ini ternyata masuk ke dalam perlengkapan survival yang bisa digunakan untuk memanggil bala batuan para tim SAR. Meniup peluit bisa membantu memberikan informasi mengenai keberadaan Anda agar mudah ditemukan oleh tim penyelamat. Selain peluit sebenarnya bisa juga menggunakan senter, menyalakan senter bisa membantu tim SAR mengetahui lokasi Anda. lewat cahaya yang dihasilkan dan Anda sengaja mengarahkannya ke langit, sehingga resiko tersesat hingga berhari-hari bisa dihindari.

3. Kompas sekaligus peta,

Saat melakukan pendakian maka biasanya akan dibekali dengan kompas dan juga peta yang tentu sangat berfungsi saat Anda tersesat. Peta ini bisa membantu Anda menentukan lokasi dimana dan mencari titik dimana ada pos tim SAR yang berjaga untuk mendapatkan bantuan. Manfaatkan kompas untuk menentukan arah mata angin sehingga mempermudah Anda membaca peta yang dibawa. Kalau kompas tidak ada pastikan Anda memiliki keahlian membaca rasi bintang untuk mengetahui arah.

4. Pisau survival,

Pisau survival ini juga termasuk perlengkapan survival yang sifatnya paten dan vital, sehingga tidak bisa digantikan sekaligus wajib untuk dibawa. Pada saat Anda tersesat pisau ini bisa digunakan untuk membantu bertahan hidup di alam liar. Bisa dipakai untuk membelah batang pohon supaya bisa dijadikan kayu bakar pembuat api unggun, membuka kaleng makanan, berburu binatang untuk diolah, dan lain sebagainya. Sehingga baiknya memastikan pisau ini tersedia di tas ransel Anda.

Mendaki gunung bukanlah permainan yang sekalipun seru dan mengasyikan tetap ada unsur bahaya di dalamnya. Maka banyak pendaki yang melakukan banyak persiapan sebelum melakukan aktifitas ini dan menyiapkan perbekalan wajib. Salah satunya adalah perbekalan bertahan hidup yang terdiri atas banyak komponen atau barang, sehingga perlu dibeli dalam ukuran kecil untuk memudahkan membawanya. Anda bisa membeli survival kit ini melalui toko perlengkapan outdoor maupun di situs belanja online terkemuka sehingga mudah untuk mendapatkannya.