Ini Dia Contoh Usaha Rumahan yang Mudah

Ini Dia Contoh Usaha Rumahan yang Mudah

Usaha di rumah itu cukup mudah, dan jangan dibuat susah, simak contoh usaha rumahan berikut, yang bisa kita pilih, lalu dipraktekkan di rumah.

a. Kolam pembesaran lele

Membuat kolam lele di rumah tentu bukan suatu hal yang sulit. Apalagi ada pekarangan yang cukup di belakang atau saming rumah. Terlebih lagi, dengan kolam terpal, tentu tak akan merusak tanah di pekarangan Anda, dan tergolong mudah untuk membuatnya,yakni dengan tiang-tiang kayu sebagai penyanga terpal yang nanti berisi air. Kolam lele pembesaran tentunya cukup simpel, karena kita hanya menyediakan kolam, lalu membeli bibit atau benih yang suha siap tanam.

Asal kita bisa memperoleh bibit unggulan serta rutin dalma pemberian pakan serta perawatan kolam yang bagus, tentu hasil panen dalam jangka waktu tertentu bisa cukup menguntungkan. Perlu diingat bahwa kebutuhan ikan untuk konsumsi cuup besar di sekitar kita. Dan inilah kesempatan terbaik untuk memulai usaha rumahan yang cukup sederhana namun menguntungkan ini.

b. Industri kecil keripik pedas

Ini adalah salah satu pilihan bagi Anda yang akrab dengan dunia dapur. Mengolah keripik singkong pedas misalnya, keripik ini sedang trend dan pasarnya sedang bagus. Kita bisa mendapatkan singkong di pasar maupun dari petani daerah dan mengolahnya sendiri menjadi keripik yang gurih nan pedas. Bisa ditentukan mengenai pasar yang akan dituju, apakah itu orang umum atau anak-anak.

Misal membidik konsumen anak-anak, maka kita bisa mengemasnya dalam kemasan kecil-kecil yang tidak terlalu pedas dan menawarkan harga yang lebih terjangkau, misal 500 hingga 1000 rupiah per bungkus. Bila sasaran kita adalah orang dewasa atau umum, maka bisa kita kemas dalam wadah yang agak besar dengan harga 5000 hingga 10000 rupiah perbungkus.

c. Warung atau toko sayuran mentah

Sayuran merupakan bahan pokok pelengkap makanan sehari-hari. Di sebuah areal pemukiman, biasanya sayuran hanya bisa didapat di pagi hari lewat tukang sayur keliling. Akan tetapi para ibu biasanya memasak di waktu yang tak tentu, dan tak menemukan sayuran di dalam kulkas. Untuk melayani kebutuhan para tetangga, maka membuka toko sayuran di rumah, tentu akan sangat membantu banyak orang dan juga menguntungkan bagi para ibu yang menjalankan contoh usaha rumahan ini.

Jualan sayuran di rumah, tentu tak erikat waktu. Para tetangga bisa datang kapan saja, asal jenis-jenis sayran seperti bayam, kemangi, sawi, tomat dll, selalu ready di tempat kita. Kitabisa menaruh sayuran di tempat yang lembab agar tidak mudah layu dan tahan lama.

Untuk sayuran jenis-jenis tertentu, bisa kita masukkan ke dalam kulkas. Agar lebih unik lagi, kita juga bisa membudidayakan beberapa jenis sayuran dalam pot-pot besar, namun itu bila para ibu tang cukup punya pekarangan yang luas. Sayuran dalam pot, bila jumlahnya cukup banyak, maka bisa dijual di kemudian hari.