Ini Dia Solusi Usaha Rumahan Modal Kecil

Ini Dia Solusi Usaha Rumahan Modal Kecil

Jangan anggap kalau di rumah itu tak bisa hasilkan apa-apa, justru bila kita cukup kreatif atau sedikit tergerak untuk berbuat sesuatu, kita bisa menghasilkan uang meski di rumah sendiri. Dan di jaman seperti sekarang ini usaha rumahan modal kecil cukup diburu oleh banyak orang, terlebih bagi mereka yang tinggal di daerah bagus untuk memasarkan sebuah produk maupun jasa layanan.

Untuk memulai usaha itu memang tidak mudah. Namun di saat kita didesak keadaan untuk menghasilkan uang yang lebih, maka mau tak mau, lewat dunia wirausaha lah kita bisa melakukan sesuatu. Dan salah satu solusinya adalah mendirikan sebuah usaha rumahan modal kecil.

Cukup beralasan bila kita memilih bisnis rumahan dengan modal kecil. Karena sejatinya fungsi rumah adalah tempat tinggal kita dan keluarga, meski ada aktifitas usaha, tentunya aktifitas tersebut tak sepenuhnya menggeser fungsional rumah sebagai tempat hunian.

Sebagian orang mungkin bingung dalam menentukan jenis usaha rumahan modal kecil. Minimnya pengetahuan serta lingkup pergaulan yang sempit terkadang menjadi penghambat untuk seseorang menjadi pribadi yang maju. Agar bisa kompetitf seperti yang lain, maka kita bisa segera menentukan pilihan untuk jenis usaha rumahan modal kecil yang sesuai dengan minat serta semangat kita.

Usaha tak harus selalu dagang

Usaha itu meliputi beberapa hal mendasar, yakni tempat strategis, komodita barang yang paling dicari, jenis barang yang disesuaikan dengan pangsa pasar yang dituju, serta spirit dari sang pelaku usaha itu sendiri. Nah.., hal paling pokok itu adalah spirit dari sang pelaku, dan kita pun tak perlu harus terpaku pada usaha dagang atau berjualan. Banyak ragam sumber uang yang sebenarnya bisa kita kerjakan dari rumah, dan itu tak harus selalu dengan berdagang.

Anda bisa menentukannya sendiri sesuai dengan bakat dan kesukaan maupun peluang yang ada di sekitar. Namun bila cukup sulit untuk menentukannya, maka usaha di bidang hoby atau kesukaan sangat disarankan. Karena pekerjaan yang berkaitan dengan kesukaan biasanya akan mudah tulus dalam mengerjakannya. Usaha di bidang jasa, baik seni maupun yang lain juga bisa kita pilih, misal usaha potong rambut, salon, jasa service, dan masih banyak lagi.

Bagaimana dengan yang tidak punya ketrampilan apa-apa?

Ini adalah masalah yang sangat umum terjadi di masyarakat kita, dimana ada banyak orang, entah itu pengangguran maupun orang yang sudah berhenti menjadi karyawan, yang mana menjadi cukup sulit untuk menentukan jenis aktifitas wirausaha di rumah, lantaran tak bisa apa-apa. Solusinya mudah saja, yakni dengan berjualan.

Meski dengan modal kecil, banyak usaha yang bisa kita dirikan di rumah, misal warung rujak, warung es buah, jualan gorengan, dan masih banyak lagi. Nah.. bagimana dengan lokasi rumah yang tidak strategis untuk berjualan? ya, tentu usaha yang bisa dipilih adalah usaha produksi rumahan dalam skala kecil, misal keripik singkong, aneka camilan dan aneka jajanan yang dibuat di rumah namun dipasarkan di luar.