Jalan-Jalan Murah Ke Bangkok Thailand (1)

Jalan-Jalan Murah Ke Bangkok Thailand (1)

Panduan jalan dan wisata ke Bangkok

Bangkok yang merupakan ibu kota dari negara Thailand merupakan salah satu kota tujuan wisata bagi orang-orang yang gemar berwisata dan berbelanja di kawasan Asia Tenggara. Di Bangkok para wisatawan akan dimanjakan baik dengan wisata belanja maupun wisata alam. Di Bangkok banyak terdapat pusat perbelanjaan yang banyak menjual barang bermerk namun dijual dengan harga miring dan banyak pula tempat wisata yang memiliki keindahan alam khas Bangkok seperti kuil-kuil. Beberapa benda yang perlu dipersiapkan sebelum Anda berlibur ke Bangkok antara lain paspor, tiket pesawat, mata uang Bath, mungkin voucher penginapan/hotel, pulpen, notes, kamera, mungkin topi(bulan maret-juni cuaca di Bangkok sangat panas), serta informasi mengenai cara naik BTS, MRT, Airport Link, maupun boat. Dan kali ini saya ingin membagikan pengalaman pertama saya jalan-jalan ke Bangkok Thailand bersama teman-teman kantor saya.

Cerita ini diawali dari teman saya yang memberikan informasi mengenai tiket promo terbang ke Bangkok. Waktu itu di bulan Juni 2013, Air Asia mengeluarkan tiket promo terbang ke Bangkok hanya dengan Rp. 1.200.000,- (PP). Untuk ukuran tiket promo, harga tersebut sebenarnya terbilang mahal, karena di bulan-bulan berikutnya Air Asia memberikan tiket promo lagi untuk PP Jakarta Bangkok hanya seharga Rp. 600.000,-. Tapi kami tidak menyesal telah membeli tiket tersebut, karena memang niat kami pergi mengunjungi dan berlibur ke Bangkok sudah kami rencanakan sejak lama. Kami membeli tiket dibulan Juni 2013 untuk keberangkatan tanggal 6-9 April 2014. Di rentang waktu dari bulan Juni 2013 hingga April 2014, kami sangat bersemangat mencari info-info seputar tempat jalan-jalan yang menarik di Bangkok, dan tentunya kami juga mencari tempat penginapan yang aman dan dekat dengan tempat belanja.

Pratunam Market

Saat tiba waktunya berangkat, kami terbang dari Bandara Soekarno Hata menuju Don Mueang International Airport (bandara internasional di Thailand). Setibanya di sana, kami langsung menuju lobi utama bandara, lalu mencari taxi dan menuju ke penginapan yang telah kami booking sebelumnya secara online. Jarak dari bandara Don Mueang ke penginapan lumayan jauh. Dan kemarin kami tidak dapat tepat turun di depan penginapan karena jalanan yang sempit dan satu jalur pula. Kami menginap di First House Hotel, hotel ini cukup recommended karena bersih, nyaman, terlebih hotel ini terletak di daerah Pratunam Market. Di daerah ini, setiap pagi ada banyak orang berjualan layaknya seperti sebuah pasar. Mereka menjual banyak sekali pakaian dan baju-baju tepat di samping hotel yang kami sewa.

Chatuchak Market

Setelah sampai di hotel, kami menaruh barang-barang dan segera pergi ke Chatuchak. Chatuchak merupakan pasar hari minggu bagi orang Bangkok. Di sana sangat ramai, jalanan penuh sesak dengan orang, baik pengunjung maupun para pedagang. Banyak barang dijual di sana, mulai dari baju, sepatu, tas, gadget, makanan, minuman, buah, serta banyak pula restoran-restoran yang menjual makanan khas Thailand. Jika Anda berkesempatan mengunjungi Chatuchak dan jalan-jalan di sana, jangan ragu untuk segera membeli barang yang menurut Anda bagus, unik, ataupun menarik. Kenapa begitu? Pengunjung Chatuchak sangat banyak, telat sedikit saja mungkin barang yang Anda sukai tadi sudah raib dibeli oleh pengunjung yang lain. Selain itu lokasi Chatuchak yang sangat luas tentu menyulitkan Anda untuk kembali ke lokasi pedagang yang sudah Anda lewati. Mengingat tempat ini begitu ramai, berhati-hatilah terhadap barang bawaan Anda. Jika Anda baru pertama kali datang ke tempat ini, ada baiknya untuk tidak terpisah dari rombongan.

Makanan di pasar Chatuchak sangat bervariasi, namun sebagian besar berasal dari olahan daging babi. Mulai dari sate hingga mie bakso banyak menggunakan campuran daging babi. Bagi Anda yang muslim tidak perlu khawatir karena adapula restoran yang menjual makanan halal walaupun tidak banyak jumlahnya. Disetiap jalan di Chatuchak, kami banyak menjumpai penjual buah dan minuman (seperti jus jeruk, jus polme, jus mangga, dll). Karena lelah berjalan-jalan, ditambah cuaca yang panas, akhirnya kami memutuskan untuk berhenti dan membeli jus. Rasanya sangat segar. Lalu kami melanjutkan berjalan-jalan dan membeli oleh-oleh seperti syal, dompet, gantungan kunci, tas, kaos, dan masih banyak lagi. Setelah selesai berbelanja oleh-oleh, kami segera kembali ke hotel, saat itu kira-kira pukul 6 kami telah tiba di First House Hotel. Bersambung di artikel Jalan-Jalan Murah Ke Bangkok Thailand (2).