Kreatif Ciptakan Usaha Sampingan Tanpa Modal

Kreatif Ciptakan Usaha Sampingan Tanpa Modal

Bila Anda punya uang senilai Rp. 10 juta, kira-kira akan digunakan untuk membuka usaha apa? apakah franchise, toko di rumah, investasi, atau yang lain? pastinya Anda sendirilah yang memutuskan. Banyak orang saat ini tengah terpaku bahwa untuk membangun sebuah usaha itu butuh modal yang besar, agar menghasilkan profit yang besar pula.

Itu prinsip bisnis secara umum yang dilakukan oleh banyak orang yang mengutamakan uang dari pada strategi. Namun kondisinya akan terbalik bagi mereka jiwa-jiwa kreatif yang cukup simpel dalam memandang bahwa sumber uang itu tak harus selalu mengorbankan banyak uang di dalamnya.

Dalam hal ini tentu saja konteksnya adalah bermain ide murni untuk menghasilkan uang, dimana kemampuan berfikir akan dimaksimalkan dan modal berupa uang ditekan seminim-minimnya bahkan uang terkadang tak begitu punya peran dominan di sana.

Bagi kita yang para pekerja, tentu akan menarik bila menemukan usaha sampingan tanpa modal. Saya rasa jenis usaha sampingan yang tanpa modal cukup cocok bagi kita yang seorang karyawan. Karena sumber uang utama telah kita dapat lewat gaji tiap bulannya, dimana ini adalah titik aman, dan kita pun lebih terasa ringan dalam menjalankan usaha lain yang tanpa harus mengeluarkan modal.

Ini cukup beralasan, karena beban pikiran kita di tempat kerja, tentunya tak ingin ditambah lagi dengan beban berat sepulang kerja yakni usaha lain (bermodal uang) yang cukup memakan waktu dan pikiran kita sehingga waktu istirahat kita banyak termakan lantaran mengurusi pekerjaan sampingan dengan porsi yang cukup berat.

Untuk itulah pekerjaan sampingan tanpa modal cukup cocok untuk dijalankan di waktu luang kita, lantaran hanya butuh peikirab-pemikiran sederhana dan ide-ide bernilai emas. Namun pekerjaan sampingan yang bagaiamakah itu???

Aktifitas kreatif solusinya

Komersil pada suatu bidang pekerjaan boleh saja, namun harus pula diimbangi dengan tingginya kemampuan kita dalam mengekploitasi sebuah pekerjaan agar bisa menghasilkan lebih banyak uang, namun dengan asumsi, tekun serta giat dalam berkerja dan juga tahu diri akan batas kemampuan pribadi.

Tak punya modal tentu bukan halangan untuk berkesempatan mencari uang ketika sepulang kerja maupun dihari libur. Aktifitas kreatif yang tidak terpaku pada kata “usaha dan bisnis” pun bisa dipilih berdasarkan kesukaan kita terhadap sebuah hal, namun juga mampu menghasilkan uang pada akhirnya.

Jangan pernah membatasi diri dan berkata “inilah batas kemampuan saya”. Karena kesempatan selalu terbuka, asal kita sigap terhadap potensi yang dimiliki. Contohnya cukup sederhana, banyak karywan yang aktifitas sampingannya di rumah, namun justru banyak menghasilkan uang.

Mereka ada yang jadi broker di internet, jasa penjual dropshiip, penulis online, blogger, dan apalah modal yang berarti yang mereka miliki selain ketrampilan yang terbangun karena kesukaan. Online sengaja saya contohkan lantaran inilah contoh yang paling dekat dan bisa digali oleh siapapun.

Di ranah nyata, skill dalam membuka usaha jasa juga bisa jadi alternatif usaha sampingan tanpa modal. Dan itu bisa disesuaikan dengan skill yang dimiliki, apakah mengajar, seni, pelatihan dan lain-lain. Yang pasti peluang masih lebar, asal kita mampu menggali potensi yang ada dalam diri sendiri.