Manfaat Melakukan Stimulasi bagi Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Setiap ibu menginginkan agar tumbuh kembang anaknya berjalan optimal. Maka salah satunya yang perlu Anda lakukan sebagai seorang ibu ialah mengetahui dan memahami setiap tahapan perkembangan yang sedang dijalani anak Anda.

61perkembangan-motorik-halus-anak-usia-1-3-tahun

Anda bisa mengetahui stimulasi yang tepat dan sesuai yang bisa dilakukan bagi bayi Anda. Perkembangan bayi usia 4 bulan dapat Anda lihat dengan kebiasaannya yang mulai senang mengekspresikan diri melalui senyuman, ketawa, degukan dan celotehan.

Apa Itu Stimulasi?

Stimulasi adalah sebuah tindakan atau upaya untuk merangsang kemampuan dasar anak yang berguna untuk mengoptimalkan dan juga menunjang tumbuh kembang anak pada usia emas pertumbuhannya. Stimulasi dapat dilakukan oleh siapa saja karena tidak ada teknik khusus untuk menjalankannya yang penting stimulasi yang dilakukan dengan cara yang tepat dan benar.

Kapan Usia Terbaik Untuk Mulai Melakukan Stimulasi?

Pada usia 0 sampai 2 anak Anda berada pada masa yang paling sensitif yang disebut dengan the golden age atau masa pesat perkembangan otak. Pesatnya perkembangan otak bisa dilihat dari pertambahan berat otak yang ketika lahir seberat 400 gr kemudian bertambah hingga 3 kali lipat sampai berumur tiga tahun.

Manfaat Melakukan Stimulasi Bagi Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Manfaat dilakukannya stimulus pada bayi usia 4 bulan yaitu pertama untuk merangsang saraf motorik yang berkaitan dengan pergerakan otot-otot pada tubuh bayi Anda. Biasanya di usia 4 bulan bayi sudah mulai bisa memiringkan badannya saat tertidur, mulai pandai tengkurap dan sudah bisa menegakkan leher kepalanya.

Namun jika ternyata bayi Anda belum mengalami perkembangan ini, Anda perlu melakukan beberapa stimulasi pada bayi Anda karena bisa jadi bayi Anda kurang mendapatkan stimulasi sehingga kemampuan motoriknya tidak terasah dengan baik.

Manfaat stimulus yang ke dua yaitu untuk merangsang ketajaman fungsi panca (lima) indra bayi yaitu pendengaran, penglihatan, perabaan, pembauan, pengecapan. Manfaat yang ketiga dari stimulasi yaitu membantu menguatkan koneksi serabut otak (sinapsis) dan sel-sel otak bayi guna mendukung fungsi otak yang optimal.

Otak bayi bisa menghasilkan hingga 1,8 juta sambungan sinapsis baru per detik. Pengalaman bayi pun akan menentukan sinapsis mana yang akan dipertahankannya. Manfaat yang ke empat dari stimulasi yaitu untuk mengoptimalkan kecerdasan bagi bayi Anda karena proses perkembangan otak yang cepat hanya berlangsung hingga balita berusia 3 tahun.

Apa saja Bentuk Stimulasi yang Bisa Dilakukan pada Bayi Usia 4 Bulan?

Bentuk stimulasi yang bisa Anda lakukan untuk merangsang kecerdasan pada bayi Anda adalah dengan melakukan gerakan yang membuatnya nyaman, seperti memeluk, menggendong, mengajaknya berbicara, membunyikan berbagai suara atau musik, mengulingkan bayi ke kanan-ke kiri, tengkurap-telentang, dan dirangsang untuk memegang mainan.

Selain itu bentuk stimulasi yang bisa Anda lakukan pada bayi Anda adalah dengan membawanya ke tempa SPA bayi. Disana bayi Anda akan mendapatkan perawatan seperti pijatan yang berguna untuk melatih otot-ototnya sebagai ganti dari olah raga bagi bayi Anda.

Biasanya untuk melakukan pijatan terapis SPA akan menggunakan oil atau body lotion bayi. Anda bisa menjadikan oil atau body lation dari Zwitsal untuk digunakan saat bayi Anda melakukan perawatan.

Agar perkembangan bayi usia 4 bulan Anda berjalan dengan baik maka Anda perlu melakukan stimulasi terus menerus atau sesering mungkin dan lakukan secara bervariasi setiap Anda melakukan interaksi bersama bayi Anda.