Mau Budidaya Sapi Potong? Kenali Jenis – Jenis Sapinya Dulu

sapi-brahman-cross

Idul  Adha biasanya adalah ladang bagi para peternak hewan berkaki empat, seperti Sapi dan Kambing,  kamu tertarik untuk ikutan Ternak Sapi dan Kambing?  Bagaimana kalau kita terlebih dahulu kenalan sama Sapi-Sapinya? Artikel ini Akan membahas Beberpa jenis Sapi, agar ketika sudah matang untuk dijual tidak mengecewakan pembeli dan bermanfaat bagi semuanya. Oke kita mulai aja yuk.

Kenalin Dulu Sapi Yang pertama

  1. Sapi Bali

Ciri-cirinya : Berwarrna Merah dengan warna putih pada kaki dari lutut sampe kebawah, pungung sapi bali bergaris hitam.

Keunggulan : Sapi Bali ini bisa beradaptasi dengan baik pada lingkungan yang baru, maksudnya nggak gampang stress kali yah, ka nada sapi yang baru turun dari mobil terus nggak mau makan, malah lemes dan jadi kurus. ( Ini kejadian Waktu saya diminta mengurusi  Sapi Qurban)

  1. Sapi Ongole

Ciri-cirinya : Berwarna Putih dengan Warna hitam di beberapa tubuhnya, punya punuk kayak onta dan bergelambir, Sapi ini adaptasinya cukup baik, menurutu informasi sapi ini udah disilangkan sama Sapi Madura, nah hasil dari Silangannya di dikenal dengan PO atau Peranakan Ongole, cirinya yah nggak jauh sama induknya kali. Yang membedkan kemkampuan produksinya yang lebih rendah ajah

  1. Sapi Brahamn

            Ciri-cirinya : Warnanya coklat ada yang Coklat tua, ada warna putih dibagian kepalanya, nah kamu tau nggak? Sapi ini jadi Primadona di Indonesia karena pertumbuhannya yang cepat, yang paling dicari – cari untuk dikorbankan

  1. Sapi Limousin.

Ehh, bukan Sapi yang naik mobil Limo yah, ini Asli nama sapinya

Ciri-cirinya : Punya warna hitam yang bervariasi dengan warna merah bata sama putih, tubuhnya gede dan mempunya tingkat produksi yang baik.

Nah setelah tau jenis – jenis sapi diatas, kalian diharapkan kalian ingat bagaimana corak dari sapi yang satu dengan sapi yang lainya, dan juga diharapkan mampu memacu semangat kalian untuk terus berkembang dalam bidang perternakan, agar Indonesia bisa menjadi Swasembada daging, kita harus belajar bagaimana mengelola Usaha peternakan sapi di indonesia yang baik dan benar, dimulai dengan mengenal jenis-jenis binatang yang hendak diternak, kemudian tata caranya perawatan dan penjulannya, Oke selamat belajar menjadi Peternak yah, kalo menurut kalian artikel ini menarik, jangan lupa untuk like dan bagikan yah.