Melejitkan Usaha Rumahan Rental PS di Desa

Melejitkan Usaha Rumahan Rental PS di Desa

Kebutuhan manusia tidak hanya mencakup kebutuhan pokok seperti pakan , sandang dan papan saja , melainkan butuh hiburan yang termasuk kedalam kebutuhan sekunder namun vital keberadaannya . Kebutuhan akan hiburan merupakan solusi tepat untuk membuat rileks tubuh yang seharian bekerja . Hiburan itu sendiri bermacam-macam , ada yang suka nonton film , bermain sepakbola , menyanyi karaoke dan bermain game modern . Salah satu hiburan yang menarik adalah bermain game modern , sebut saja Playstation .

Playstation merupakan konsol game buatan pabrikan Sony yang kini telah mengalami pembaharuan generasi hingga keempat Playstation 4 yang diluncurkan bulan November 2013 di Amerika Serikat dan Eropa , sedangkan di Indonesia sekitar bulan Januari 2014 . Antusiasme masyarakat akan konsol Playstation melebihi daripada kompetior seperti Nintendo Wii dan Microsoft Xbox 360 . Karena konsol playstation telah hadir sejak dulu yakni 3 Desember 1994 dengan kemunculan generasi pertamanya Playstation One di Jepang (dilansir wikipedia) , mengalahkan konsol Nintendo 64 dalam hal penjualan dan kepopuleran game-game terkenal .

usaha rumahan di pedesaan
Playstation 3
Playstation di Indonesia mulai terkenal sejak kemunculan Playsation generasi kedua Playstation 2 yang diluncurkan akhir 2000 , semenjak itulah bisnis rumahan Rental PS semakin menjamur bak cendawan dimusim penghujan . Tidak salah memang dikatakan demikian , karena dari segala umur sangat menyukai main game playstation terutama yang bertema sepakbola macam FIFA series , PES ataupun aksi petualangan perang Dynasty Warrior , Call of Duty dsb . Hingga sekarang ditahun 2014 , bisnis rental playstation masih memiliki prospek bagus meskipun harga mesin Playstation generasi lama seperti playstation one dan playstation 2 turun drastis , tak membuat usaha rumahan rental PS ini lesu akan pelanggan .

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa bisnis rental ps masih memiliki prospek cerah terutama di pedesaan , dimana masyarakat desa belum terlalu mengenal akan ponsel Android atau teknologi terkini sehingga masih ada celah untuk bermain di bisnis hiburan ini .

•    Masyarakat desa belum kenal android

Masyarakat desa umumnya belum terlalu mengenal ponsel android , atau sudah ada yang mengenal dan memilikinya namun hanya kalangan orang menengah ke atas . Jika di desa anda , para remaja atau anak-anak umur sekolah dasar dan menengah pertama belum banyak yang memegang hp android , maka anda tak perlu ragu akan membuka usaha rumahan rental playstation karena hiburan mereka masih belum lengkap . Kalaupun sudah punya , bukan berarti prospek bisnis ini akan layu sebelum berkembang , toh kedua peralatan canggih ini memiliki fungsi yang berbeda . Permainan di ponsel tetap kalah jauh dibandingkan konsol game .

•    Masyarakat desa belum kenal Game Online

Sama halnya dengan point diatas , masyarakat desa belum familiar akan game online yang bikin kecanduan . Jumlah warnet di kawasan perkotaan saja yang menyediakan akses game online masih sedikit apalagi di desa . Kalaupun ada orang yang sudah tahu tentang game online , biasanya mereka anak orang kaya yang memiliki komputer dan akses internet di rumah . Kenyataannya game online justru lebih buruk daripada konsol game , konsol game menawarkan permainan yang memiliki batas akhir (game over) sedangkan game online tidak .

•    Masyarakat desa tidak banyak aktifitas

Masyarakat desa tidak seperti masyarakat kota dalam hal ini usia anak sekolahan . Kalau anak-anak kota pulang sekolah hampir jam 4-5 sore karena aktifitas di sekolahnya banyak belum lagi malamnya harus ikut bimbingan belajar untuk meningkatkan prestasi berbeda dengan anak-anak desa yang pulang sekolah pukul 1 siang setelah itu tidak ikut bimbingan belajar , paling hanya membantu orang tuanya bekerja di rumah atau di sawah . Sehingga anak-anak desa memiliki daya peluang lebih besar untuk menjadi pelanggan di rental Playstation anda .
Untuk membuka rental Playsation di pedesaan cukuplah mudah , anda hanya memerlukan modal yang cukup sedikit untuk membeli playstation dan tv dan beberapa aksesoris . Namun , anda perlu memperhatikan hal berikut ini sebagai pertimbangan untuk menjalankan bisnis rental playstation agar  tidak layu sebelum berkembang .

•    Lokasi sekitar banyak anak-anak

Untuk membuka rental playstation , anda harus melihat kebiasaan anak-anak disekitar rumah Anda . Apakah mereka suka bermain atau tidak , lebih banyak anak lakinya atau perempuannya . Karena bagaimanapun juga , peminat rental playstation itu anak-anak sekolah dasar atau smp . Karena mereka masih membutuhkan hiburan yang unik , tidak seperti anak umuran SMA yang biasanya lebih suka jalan-jalan ke mall sebagai hiburan semata .

•    Rental Playstation jauh dari sekolah

Jika rumah anda dekat dengan sekolahan , sebaiknya Anda mengurungkan niat untuk membuka bisnis rental playstation . Daripada nantinya kepala sekolah datang bersama ketua RT setempat untuk menutup paksa rental playstation anda , lebih baik jangan dari awal . Atau kalau anda punya uang lebih , bisa menyewa tempat atau kios namun ini tidak disarankan karena konsep dari bisnis ini adalah bisnis rumahan .
bisnis rumahan modal kecil
bermain playstation

•    Batasi jam bermain

Jangan sampai demi keuntungan semata , anda mengorbankan waktu anak-anak untuk bermain playstation saja tanpa belajar di rumah . Batasi waktu bermain anak , misalnya anak-anak hanya diperbolehkan bermain setelah sholat isya  karena kalau habis maghrib umumnya mereka belajar dan mengaji . Jangan merusak kebiasaan yang sudah berjalan dengan baik dengan kehadiran rental anda .

Keuntungan yang dihasilkan dari Bisnis Rental Ps Rumahan

Keuntungan yang diperoleh bisa bervariasi tergantung berapa jumlah unit playstation yang disediakan dan berapa orang yang mengakses atau bermain di rental anda . Berikut ini asumsi yang bisa anda perkirakan jika ingin membuka rental playstation :

–    Beli  5 unit tv CRT 21 Inch baru 1,2 jt @ 5×1,2 jt = 6jt rupiah
–    Beli  5 unit playstation 2 baru 1,1 jt @ 5×1,1jt = 5,5jt rupiah
–    Beli kabel dan aksesoris 500rb
Total 12jt rupiah

Analisa untuk penghasilan dalam sehari dengan 5 unit playstation menyala selama 4 jam , tarif 1 jam 3000 rupiah :

–    5 ps x  4 jam x 3000 = 60000 rupiah (omzet sehari) bisa lebih kurang
–    30 x 60000 = 1.800.000 (omzet sebulan)
–    Bayar listrik 100.000 ribu
–    Biaya maintenance perbaikan 5 Playstation @20.000 = 100.000
–    Total pendapatan bersih 1.800.000-100.000-100.000 = 1,6 jt

Dari analisa diatas , Anda akan mengantongi 1,6 jt dalam satu bulan dengan asumsi 5 playstation menyala semua 4 jam perhari . Dalam jangka waktu 8 bulan , uang yang anda keluarkan untuk modal sudah kembali . Menggiurkan bukan ? perolehan profit diatas masih bisa tinggi lagi jika ada musim liburan sekolah atau hari raya libur besar , dan tentunya anda bisa membuka usaha diversifikasi lainnya seperti berjualan es atau snack .

Ayo siapa yang mau buka rental ps di rumah ? kalau sudah buka , jangan lupa promosi agar orang-orang tahu bahwa ada rental baru di sekitar , semoga artikel  melejitkan usaha rumahan rental ps di pedesaan ini bermanfaat untuk Anda , terutama yang sedang mencari usaha rumahan modal kecil menjanjikan .

Follow juga akun [email protected] @bxv8593v untuk mendapatkan informasi bisnis lainnya