Memilih dan Memulai Peluang Usaha Sampingan Kreatif

Memilih dan Memulai Peluang Usaha Sampingan Kreatif

Untuk menjadi wirausawan mandiri, tentu belum terlambat walaupun kini Anda tengah menjadi seorang karyawan maupun bekerja di bidang pekerjaan lain. Wirausaha mandiri bisa kita ciptakan pelan-pelan lewat beberapa peluang usaha sampingan yang bisa dipilih.

Namun apakah cukup mudah untuk menentukan jenis peluang usaha sampingan yang cukup cocok untuk dijalankan? semua memang tak mudah, namun semua juga tidak sulit, asal punya kemauan dalam hal bekerja keras, tentu bukan tak mungkin seseorang bisa sukses dalam wirausaha mandiri.

Sangat banyak peluang usaha yang bisa kita pilih, namun cukup sulit untuk menentukannya. Bila tak terlalu suka dengan beberapa jenis usaha seperti dagang atau aktifitas jual beli, maka bisa kita pilih segmen usaha kreatif, yang juga punya potensi besar untuk dijadikan usaha permanen setelah kita tidak lagi bekerja pada orang lain.

Pilih usaha kreatif

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan ide usaha kreatif? ya’, maksudnya yakni, sebuah usaha yang tercipta dari ide atau pikiran kita sendiri. Namun usaha kreatif juga bisa jadi bersifat sudah umum, namun cukup sedikit pelakunya. Usaha kreatif yang dimaksud, tentunya bisa berwujud dalam usaha di beberapa bidang, seperti teknologi, seni, informasi dan jasa.

Salah satu contoh peluang usaha sampingan kreatif adalah Internet Marketer atau sering disebut sebagai IM. Menjadi seorang IM bisa dibilang usaha kreatif, lantaran hanya bekerja dengan sebuah komputer dan koneksi internet. Contoh lainnya adalah bisnis di bidang pelatihan. Misal kita sangat ahli dalam beternak atau budidaya burung murai, maka ilmu yang kita miliki bisa dijual dalam bentuk pelatihan singkat namun bertarif jutaan rupiah.

Tentunya masih banyak usaha kreatif seperti membuat sangkar burung, membuka les bidang seni musik dan tari, semua tentu bisa disesuaikan dengan minat kita pada sebuah objek pekerjaan santai, menyenangkan, namun juga menghasilkan banyak uang.

Bagaiamana memulainya??

Semua orang berhak sukses lewat usaha mandiri yang didirikan, namun dengan satu catatan bahwa harus punya semangat tinggi untuk mewujudkannya. Untuk memulainya mungkin tak mudah, namun langkah awal bisa segera kita wujudkan dalam banyak hal, seperti mulai meluangkan waktu untuk membuat rencana usaha yang sesuai dengan minat maupun mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai ketrampilan bernilai yang kita punya.

Bila Anda bingung untuk memilih dalam peluang usaha sampingan kreatif, Anda bisa coba ingat-ingat kembali, entah itu waktu kecil, SMA atau saat kuliah, mengenai kemampuan terbesar Anda dalam sebuah hal yang tak dimiliki oleh orang lain. Unsur kraetifitas tak selalu harus original, karena kita bisa menambahkan unsur kreatifitas pada sebuah bidang kerja yang biasa namun nampak menjadi istimewa.

Misal kita pilih usaha sampingan dengan berjualan baju lewat online. Namun agar nampak beda dari berjualan online lainnya, bisa kita tambahkah unsur kreatif dengan aneka ragam promosi, misal beli baju di atas harga 100 ribu gratis jilbab, beli 2 pasang dapat souvenir cantik, dan lain sebagainya. Yang jelas ide kreatif bisa segera kita mulai dari ketrampilan sederhana yang kita miliki.