Memulai Usaha Rumahan Florist

Memulai Usaha Rumahan Florist

Memulai usaha dijaman yang serba sulit ekonomi seperti ini memang susahnya bukan main , kita dituntut untuk memilih jenis usaha apa yang sekiranya tidak terlalu beresiko namun memiliki profit yang lumayan tinggi meskipun dengan modal kecil . Jika anda seorang pecinta tanaman , tak ada salahnya jika melirik bisnis tanaman atau lebih tepatnya ke usaha jualan bunga . Mengapa bunga dipilih sebagai salah satu usaha rumahan yang menjanjikan ? padahal resiko yang dihadapi pebisnis cukup tinggi mengingat bunga merupakan benda hidup yang cepat mati (layu) jika didiamkan dalam waktu yang lama .
usaha rumahan rangkai bunga
usaha rumahan rangkai bunga

Tingkat resiko tinggi atau rendahnya bisnsi merupakan bentuk penilaian subjektif seseorang berdasarkan kemampuan dalam hal menangani suatu masalah . Memang jika ditilik dari barangnya , kita bisa beranggapan bahwa jualan bunga itu resikonya tinggi , tapi dibalik tingginya resiko yang anda tanggung tersimpan profit yang tinggi . Mana ada kehidupan yang nyaman tanpa didahului kehidupan sengsara itu ibaratnya . Bisnis florist menuntut anda untuk berkreatifitas , berimajinasi bagaimana merangkai suatu rangkaian bunga yang indah dipandang , bisnis ini cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan uang tambahan tanpa keluar rumah untuk bekerja di kantor .

baca juga : usaha rumahan jual tote bag

Jika anda ingin memulai usaha rumahan florist merangkai bunga , sebaiknya pelajari tips-tips berikut ini agar usaha anda bisa berkembang sedemikian pesatnya .

1.    Berbasis Hobi

Jangan menargetkan untuk mencari uang semata jika anda membuka usaha merangkai bunga , karena diawal memulai usaha ini , rasa-rasanya anda akan diuji seberapa kuat menghadapi sepinya pembeli jasa Anda atau kurangnya kesabaran anda terhadap permintaan pelanggan yang terkadang merepotkan . Sudah sewajarnya jika pelanggan menginginkan bentuk rangkaian yang tak biasa , maka dari itu , anda dituntut untuk berpikir cerdas dan kreatif .
Bisnis ini sepenuhnya bertumpu pada hobi , jika anda menjadikan ini sebagai hobi semata , rasa marah , malas , kesal terhadap rintangan yang dihadapi akan hilang lantaran anda belum menganggap ini sebagai sebuah usaha yang harus memberikan anda profit harian atau bulanan .

2.    Pengetahuan Macam Bunga harus mumpuni

Bagaimana anda bisa merangkai bunga dengan baik jika anda sendiri tidak mengenal berbagai jenis bungan dengan baik . Ini seringkali terjadi pada beberapa toko florist yang hanya asal-asalan saja dalam merangkai . Setidaknya dengan pengetahuan akan bunga yang cukup , anda bisa memilah bunga mana saja yang harus dipadupadakan agar terlihat serasi , sehingga anda bisa memberikan sebuah solusi rangkaian bunga kepada pelanggan jika pelanggan anda sebelumnya telah memberikan detail rangkaian namun di mata anda kurang cocok .

3.    Berjiwa sabar dan ramah

Namanya juga berusaha untuk mencetak uang sendiri di rumah , sudah dari awal anda harus mempraktekkan rasa kesabaran dan ramah kepada pembeli yang berkunjung ke florist milik anda . Ada baiknya berperilaku “easy going” kepada pelanggan agar pelanggan anda merasa nyaman saat mampir ke toko anda , karena bisnis adalah berbasis hobi sehingga diperlukan kesabaran ekstra dari pemilik bisnis untuk tetap bertahan di saat keadaan sulit melanda .

4.    Upload hasil rangkaian bunga ke Instagram

Sekarang eranya Selfie , namun jangan wajah terus yang diposting . Sekali-kali foto tanpa kehadiran manusia didalamnya juga termasuk selfie , selfiekan rangkaian bunga anda di Instagram atau Pinterest . Dua jejaring sosial ini sangat ampuh untuk menebar jaring promosi terutama terhadap produk atau jasa yang digemari wanita , karena kedua jejaring sosial tersebut yang paling digandrungi wanita untuk mengunggah hasil foto selfie mereka .
usaha rumahan florist
usaha rumahan florist
Selain bisa menjadi album online anda , mengunggah hasil foto rangkaian bunga ke Instagram atau Pinterest bisa menjangkau market yang lebih luas . Jika selama ini pelanggan anda berasal dari dalam kota karena terbatasnya sarana promosi , dengan Instagram anda bisa menyebarluaskan foto tentunya dengan dibumbuhi hastag tertentu yang sekiranya banyak orang yang mencari .
4 cara diatas merupakan  banyak cara untuk memulai usaha rumahan florist merangkai bunga . Jika anda berniat membuka usaha rumahan yang tak begitu merepotkan sanak keluarga , bisnis ini bisa anda coba . Selamat berbisnis .