Menentukan Usaha Sampingan untuk Karyawan

Menentukan Usaha Sampingan untuk Karyawan

Jangan dijadikan soal mengenai besar kecilnya pendapatan yang akan kita peroleh, karena usaha sampingan pada dasarnya hanya untuk menambah pemasukan bulanan kita. Meski nilainya kecil misal kurang dari 1 juta per bulan, tentunya itu merupakan prestasi fantastis dari pada kita tidak berbuat apa-apa untuk menghasilkan uang selain dari gaji bulanan dari tempat kita bekerja.

Untuk itu sangat disarankan ketika kita hendak menggeluti usaha atau pekerjaan kedua selain pekerjaan utama, maka ada baiknya bila dianggap sebagai sumber keuangan pendukung saja. Terkecuali bila Anda memiliki pandangan lain mengenai pekerjaan sampingan yang akan dipilih. Misalnya memilih pekerjaan atau usaha sampingan sebagai perencanaan usaha utama di kemudian hari untuk pelan-pean melepas pekerjaan utama di kantor maupun di sebuah industry.

Penentuan jenis usaha sampingan untuk karyawan yang kita pilih, pastinya juga tidak terikat dengan pihak sana-sini, misal harus menuruti kemauan istri atau suami, mungkin juga orang tua kita. Namun kita bisa memilih jenis usaha sampingan yang sekiranya cukup enjoy untuk dijalankan. Kenapa demikian? karena meski usaha kita kelola dalam paruh waktu, namun tentunya akan lebih efektif bila kita menyukai aktifitas usaha atau pekerjaan yang digeluti.

Penentuan usaha terkadang menjadi hal yang sulit. Dan sering seseorang berkata “pekerjaan sampingan apa yang cocok untuk saya?”. Namun hendaknya pertanyaan tersebut bila ada dalam benak kita, maka bukan orang lain yang tahu, melainkan kita sendirilah yang paling tahu. Karena kemampuan kita dalam memngelola waktu, memaksimalkan potensi uang serta kesukaan akan sebuah pekerjaan atau bidang usaha, kita sendirilah yang tahu.

Optimalkan waktu di malam hari

Untuk terjun di bisnis atau pekerjaan sampingan selain pekerjaan utama, biasanya seseorang akna cenderung punya banyak waktu luang di sore hingga malam hari. Dan inilah waktu yang paling berharga untuk kita manaj seefektif mungkin untuk kita olah waktu luang tersebut agar bisa hasilkan rupiah demi rupiah.

Tak perlu besar nilainya, asal tenaga kita tidak terbuang percuma, maka kecilnya nilai uang yang kita dapat akan sangat bernilai. Toh kita bisa menaikkan nilainya bila usaha yang dijalankan bisa dikembangkan. Langkah awal untuk memulainya, tentu adalah sebuah rencana. Dalam perencanaan, tentu ada beberapa pilihan usaha sampingan untuk karyawan yang bisa kita pilih. Beberapa jenis atau bidang usaha pun bisa segera kita tentukan sesuai dengan ukuran besarnya ambisi kita akan sebuah usaha.

Usaha apa kira-kira??

Inilah yang sering dinyatakan orang, mengenai jenis usaha sampingan untuk karyawan yang cocok dijalankan sesuai dengan kepribadian atau kesukaan. Dagang adalah salah satunya, simpel saja, aktifitas jual beli boleh dibilang hal yang cukup realistis. Karena dengan menciptakan adanya interaksi aktifitas jual beli, maka sudah barang tentu uang akan mengalir dari sana.

Namun usaha apa kira-kira, simpel saja, lihat kondisi sekitar, mau usaha rumahan atau bisnis di luar rumah? bila rumahan, maka buka usaha kreatif yang belum ada, misal kedai kopi khas daerah tertentu di malam hari, jualan mie jagung, inovasi burger murah ess juss buah dan lain-lain. Bila memilih lokasi usaha di luar, maka usaha seperti angkringan khas Jogja, dan beli paket usaha gerobak franchise, tentu bisa menjadi pilihan mudah.