Mengobati Disentri Secara Alami dan Efektif

Penyakit yang ditimbulkan oleh gangguan pada sistem pencernaan yang dialami sebagian besar orang adalah penyakit disentri. Secara detail, penyakit disentri merupakan penyakit yang diakibatkan oleh peradangan atau infeksi pada usus besar. Disentri ditandai dengan kotoran yang disertai lendir dan darah serta rasa mual dan kram perut.

diare-disentri

Penyebab penyakit disentri yang paling utama adalah kebersihan yang tidak dijaga dengan benar baik itu kebersihan makanan dan minuman, maupun kebersihan lingkungan. Selain itu, tangan yang tidak dicuci dengan sabun pun dapat menjadi sumber bakteri yang kemudian dapat menyebabkan disentri.Jika terlanjur menderita disentri, maka Anda bisa mencoba pengobatan secara alami.

  • Jus Jeruk

Siapa yang tidak suka jeruk. Buah yang satu ini selalu berhasil memikat siapa saja yang mencicipinya. Khasiatnya pun sudah tidak diragukan lagi. Salah satu manfaat dari jus jeruk adalah untuk mengobati disentri secara alami. Fungsi jeruk dalam menyembuhkan disentri ini adalah dengan menstimulasi pertumbuhan bakteri di dalam tubuh sehingga dapat menyehatkan pencernaan.

  • Jamur Kuping

Khusus untuk pengobatan secara alami yang kedua ini, Anda tidak bisa memakannya dengan sembarang cara. Pertama-tama, Anda harus menimbang jamur kuping sebanyak 15 gram dan merebusnya bersama dengan 30 gram gula aren serta air putih. Minumlah air tersebut setiap hari.

  • Wortel dan Pisang

Wortel dan pisang memiliki kandungan mineral dan vitamin yang sangat tinggi. Dengan kandungan tersebut, buah dan sayur ini dapat memberikan energi tambahan untuk penderita disentri yang umumnya akan kelelahan ketika sedang mengalami penyakit disentri.

  • Kulit Manggis

Cara pengobatan alami yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan dua buah manggis dan potong-poong kulitnya untuk direbus bersama air bersih. Minum ½ gelas airnya dengan tambahan gula aren di pagi dan sore hari.

Berbagai pengobatan disentri yang alami dan efektif di atas akan lebih sempurna jika Anda menanggulangi penyebab penyakit disentri terlebih dahulu yaitu dengan memperhatikan faktor kebersihan sebaik mungkin.