Merencanakan Bisnis Rumahan Modal Kecil, ini Caranya

Merencanakan Bisnis Rumahan Modal Kecil, ini Caranya

bisnis rumahan modal kecil

Bila pada artikel-artikel sebelumnya, rumususaha selalu memberikan tips dan aneka peluang usaha maupun bagaimana cara mengambilnya, maka kali ini kita akan coba pada pokok bahasan yang lebih detail, yakni mengenai point penting, bagaimana merencanakan bisnis rumahan modal kecil yang tepat dan sesuai dengan kondisi kita masing-masing. Langsung saja, kita lihat beberapa point penting bagi kita yang tertarik untuk mendirikan aktiftas menghasilkan uang dari rumah sendiri. Yuk…simak..

Mulai tengok peluang kanan kiri

Semua jenis usaha mungkin saja sama-sama memiliki prospek ke depan bagus, namun akan beda halnya dengan sebuah bisnis yang dijalankan di rumah. Bisnis atau usaha di rumah tentu membutuhkan konsumen yang spesifik. Untuk itulah sebelum memulai sebuah usaha atau bisnis rumahan modal kecil, cukup penting untuk melihat kanan kiri atau sekitar kita. Di sekitar kita biasanya memberikan banyak peluang untuk kita membuka sebuah usaha.

Suatu contoh rumah Anda berada di dekat sekolah SMP atau SMU, maka tentu Anda akan sangat mudah membayangkan mengenai bisnis atau usaha apa yang cocok, entah itu penitipan sepeda, warnet, photo copi, kantin luar sekolah dan semacamnya. Bila Anda memang mengkehendaki usaha dagang yang kaitannya adalah memanfaatkan dari moment ramai di sekitar rumah, maka jenis konsumennya harus tepat sasaran.

Dalam artian, pangsa pasar yang besar harus ketemu dengan usaha yang cocok. Misal bisnis di areal kampus tentu yang cocok adalah kos-kosan dan warung makan, contoh lagi rumah yang di dekat lingkungan pabrik atau industry, tentu usaha semacam toko, warung, dan usaha dagang lain akan mudah dijalankan.

Tetapkan satu pilihan

Peluang yang ada bisa jadi ada banyak, akan tetapi tentu kita hanya akan pilih satu bukan..?? untuk itu tetapkanlah hati pada satu pilihan yang tepat. Misal di sekitar rumah Anda memang pasarnya cukup bagus untuk usaha, seperti warung kopi, warung nasi, jasa penitipan, bisnis reaparasi, dan sebagainya.

Bila pun kesemuanya punya prospek bagus, akan tetapi pertimbangkanlah bagaimana tingkat persaingan, serta kemudahan menjalankannya sesuai dengan kemampuan kita pribadi. Ini penting, karena Anda tentu tidak akan membuka sebuah bisnis yang di luar kemampuan Anda bukan..? pilihan bisa kita ambil dengan bijak sesuai dengan kemampuan pribadi, kemampuan modal, serta disesuaikan dengan kondisi pasar yang ada.

Siapkan modal secukupnya

Aktifitas wirausaha maupun membuka bisnis rumahan modal kecil, pastilah akan identik dengan sejumlah modal yang dibutuhkan. Mungkin beberapa diantara kita sering terkendala masalah modal. Ini masalah klasic, namun bukan berarti tak ada jalan keluarnya. Memang salah satu jalan keluar adalah dengan meminjam. Namun tindakan meminjam ini jangan lantas dijadikan sesuatu yang menakutkan. Pinjam saja uang secukupnya sesuai dengan kebutuhan usaha, dan sesuaikan juga perhitungan angsuran bulanan sesuai dengan kemampuan mengangsur Anda.
Semoga bermanfaat.