Peluang Bisnis Makanan Ringan : Keripik Melinjo

Peluang Bisnis Makanan Ringan : Keripik Melinjo

bisnis makanan ringan

Keripik melinjo boleh jadi makanan ringan, namun siapa sangka bahwa potensi laba dari bisnis keripik yang punya ciri khas beda dari tekstur maupun rasa ini cukup mengiurkan. Bahkan potensi pasarnya pun masih sangat bagus hingga saat ini. Makanan ringan seperti emping atau keripik melinjau ini, mungkin akan mudah kita temukan saat menyantab makanan seperti ketoprak, soto ayam, bubur ayam dan biasa menjadi pendamping beberapa makanan lainnya.

Keripik atau emping melinjau sendiri sangat diminati oleh pasar dengan cukup responsif, baik itu oleh bakalang bakul/ tengkulak maupu oleh konsumen secara langsung. Makanan ringan keripik melinjau ini memiliki rasa yang khas, yakni sedikit pahit. Namun pahitnya bukanlah pahit yang tidak disuka, tetapi malahan bikin ketagihan bagi para penikmat keripik. Apa lagi emping melinjau dengan olahan yang tepat, atau dengan bumbu-bumbu yang tepat, pastinya akan semakin membuat keripik atau emping melinjo ini banyak dicari.

Potensi dari bisnis emping melinjo

Melinjo ini tak hanya nikmat untuk kita makan saja, namun emping melinjo ini juga boleh kita lirik potensi bisnisnya bagi yang berminat. Potensi bisnis emping melinjo ini cukup bagus untuk dibidik. Potensi alam pedesaan Indonesia yang di beberapa daerah cukup mudah untuk menemukan tanaman melinjau yang cukup berlimpah, seolah memberikan kesempatan yang cukup besar bagi industry kecil untuk mengolah melinjo menjadi keripik yang sangat laris di pasaran.

Bicara soal potensi bisnis dari keripik melinjo ini sudah pasti bisa diambil oleh siapa saja. Keripik melinjo ini pun bisa jadi komodity tambahan bagi Anda yang kini tengah berbisnis makanan ringan atau camilan. Lalu bagaimana dengan kita yang belum pernah terjun di bisnis makanan, terutama memasarkan keripik melinjo ini??? tenang semua ada caranya. Simak tips singkatnya di bawah ini.

-Paham akan marketnya
Market atau pasar untuk makanan ringan ini sudah pasti sangat luas. Dna bagi Anda para pemula yang tertari untuk melirik bisnis ini, maka tempat-tempat yang menjadi sasaran market Anda haruslah Anda ketahui. Banyak sekali target penjualan untuk emping melinjau ini. Mulai dari toko-toko makanan di pasar, toko-toko besar di perkampungan, super market, mini market, pusat oleh-oleh khas daerah, atau grosir khusus makanan ringan. Yang jelas sasaran yang akan dituju haruslah jelas terlebih dahulu.

-Tahu tempat mendapatkan emping melinjo
Apakah Anda akan mengolah sendiri melinjo mentah menjadi emping melinjo yang siap jual..??? hemmm tentu ini akan merepotkan bagi Anda yang tak punya skill dalam mengolah makanan. Solusinya cukup sederhana sebenarnya, cari saja emping melinjo ke industry-industry kecil rumahan. Namun tentunya tempatnya juga harus terdapat atau tersedia bahan baku melinjo yang cukup berlimpah. Bila Anda membeli di grosir lalu memasarkannya kembali ke toko, nampaknya akan kurang efektif. Terkecuali bila Anda mengemasnya kembali dengan label sendiri dan perhitungan untung rugi yang matang.

-Berani berbuat sesuatu dan siap gagal
Ini dia yang tak kalah penting. Keberanian diperlukan dalam berbisnis. Untuk itu persiapan mental harus benar-benar bagus. Siap menawarkan barang, siap ditolak, siap capek, dan siap bila barang tidak laku. Namun bila Anda mampu melewati masa-masa tersebut, tentu kesuksesan bisa segera Anda raih.