Peluang Usaha Kecil Industri Keripik Singkong

Peluang Usaha Kecil Industri Keripik Singkong

Peluang Usaha Kecil

Jangan pernah menyepelakan singkong sebagai makanan yang sederhana. Meski sederhana namun potensi bisnis yang ada dalam singkong sangatlah besar. Perlu kita ketahui bahwa bebagai macam hasil industri pangan seperti tepung tapioka, industri aneka roti dan aneka bahan makanan lainnya adalah berasal dari singkong.

Dan kini nilai ekonomis singkong menjadi lebih tinggi karena bisa diproduksi menjadi berbagai macam olahan makanan menarik seperti keripik singkong pedas dan aneka rasa yang unik-unik. Bicara soal peluang usaha dari bahan baku singkong, kali ini kita akan membahas tentang usaha kecil sekelas industri keripik singkong.

Dan berikut adalah tahapan-tahapan untuk segera memulai usaha industri kecil dengan meproduksi keripik singkong.

Bahan baku singkong pilihan
Dalam memulai usaha ini, bahan baku merupakan hal penting yang tak bisa dianggap remeh. Pilihlah singkong-singkong terbaik atau pilihan dengan kwalitas bagus. Akan lebih tepat lagi bila mendapatkan singkong langsung dari para petani.

Pengolahan keripik singkong
Segala peralatan haruslah lengkap, mulai dari alat pemotong singkong, peralatan masak yang memadahi dan juga urusan bumbu penyedap yang menjadi faktor penting dalam industri makanan. Bila tak cukup ahli dalam meracik bumbu, kita bisa belajar kepada orang-orang yang mampu mengolah keripik singkong dengan baik, seperti misalnya belajar ke industri-industri yang telah lama berdiri atau bisa juga mencari informasi lewat majalah maupun internet.

Berikan sentuhan inovasi
Usaha apapun akan mudah bertahan bahkan bisa terus eksis dalam waktu yang cukup lama bila mampu mencuri perhatian pasar dan bisa diterima dengan baik oleh konsumen. Sentuhan inovasi pada produk makanan ringan yang dihasilkan menjadi sangat penting di era yang persaingannya cukup ketat ini.

Inovasi yang kita lakukan bisa dari rasa makanan yang dihasilkan, maupun dari bentuk kemasan serta nama atau brand yang diusung. Manakan dengan rasa yang berbeda seperti keripik singkong pedas, keripik singkong rasa balado, rasa barbeque, bumbu sapi panggang dan lain-lain merupakan aneka rasa yang cukup diminati.

Bentuk kemasan yang berbeda tentu akan mampu menghipnotis pasar, misal dengan bungkus plastik yang agak tebal dengan desain gambar yang lebih fresh tentunya lebih bisa menarik simpati pasar. Nama atau brand juga menjadi hal yang sangat penting untuk usaha keripik, meski dalam usaha skala kecil namun memberikan nama yang nampak unik dan nyeleneh malahan justru mampu menarik simpati banyak orang untuk mencoba.

Misalnya memberi produk yang dihasilkan diberi nama, keripik gila, keripik setan, keripik gokil dan nama-nama lain yang bisa kita tentukan sesuai dengan keinginan kita masing-masing.

Bidik pasar yang cukup potensial
Perencanaan dalam hal pemasaran amatlah penting, maka rencanakan pasar mana yang akan kita bidik dan segmen pasar apa yang akan kita tuju. Beberapa tempat bisa kita jadikan sasaran seperti toko-toko kecil, grosir, supermarket hingga memasarkannya lewat online.