Peluang Usaha Kecil Rumahan : Membuat Keripik Talas

Peluang Usaha Kecil Rumahan : Membuat Keripik Talas

usaha kecil rumahan

Tahukah Anda keripik talas?? ya, keripik talas bisa kita temukan di rak-rak seper market atau toko di sebelah rumah Anda. Namun keberadaan keripik talas ini boleh dibilang lebih jarang dibandingkan keripik singkong atau keripik lainnya. Semua tentu tahu, kalau keripik singkong lebih dominan mewarnai pasar usaha kecil rumahan dan bisnis makanan ringan.

Harmpir di setiap toko makanan atau pusat oleh-oleh khas daerah, keripik singkong dengan berbagai macam rasa cukup mudah ditemukan. Ini akan sedikit berbeda dengan keripik talas. Untuk daerah-daerah tertentu, keripik talas cukup jarang ditemukan. Tidak seperti keripik singkong yang jumlahnya lebih banyak, keripik talas justru lebih sedikit varian rasa yang bisa kita temukan.

Ini merupakn hal wajar, karean bila kita tengok dari bahan bakunya, tentu singkong lebih mudah ditemukan ketimbang talas. Terlebih lagi budidaya singkong sangat membumi di masyarakat kita. Selain itu mengolah keripik singkong juga cukup mudah. Bahkan bagi orang yang tak pernah membuat atau mengolah keripik singkong saja, bisa belajar membuat keripik singkong dengan cepat. Kondisinya akan berbalik bila dibandingkan dengan keripik talas.

Kita mungkin jarang yang tahu, kalau mengolah keripik talas itu tidak semudah keripik singkong. Bila salah perlakuan dalam mengolah talas mentah menjadi keripik yang digoreng, hati-hati lidah bisa terasa gatal. Untuk itu mengolah talas mentah menjadi keripik talas membutuhkan kehati-hatian yang cukup ekstra.

Meski begitu, potensi bisnisnya malahan boleh dibilang sangat bagus. Jangan lantaran saya utarakan kekurangannya lantas membuat Anda menganaktirikan peluang usaha kecil rumahan yang satu ini. Ya, usaha membuat keripik talas dalam skala kecil ini memang cocok sebagai usaha rumahan Anda. Bagi Anda yang tinggal di kawasan pedesaan atau pinggiran kota, menemukan talas mentah tentu bukan hal yang sulit. Talas mentah bisa Anda dapatkan ke para petani langsung maupun mencarinya di pasar bila sedang ada.

Perlu diketahui bahwasanya pasar untuk keripik talas ini bisa saja mengimbangi pasar untuk keripik singkong. Keripik pisang atau keripik buah, tentunya umum menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang tak ingin membeli keripik singkong, dan keripik talas ini juga sama potensinya yakni bisa menjadi komodity makanan ringan yang cukup banyak dilirik oleh para pecinta camilan dan menjadi penyeimbang atau alternatif keripik selain keripik singkong.

Untuk tekstur kerenyahan serta rasa dari keripik talas ini tentunya juga lebih punya nuansa yang berbeda bila kita bandingkan dengan keripik singkong. Selain itu warna putih yang khas pada keripik talas juga cukup menggoda selera bagi para konsumen.
Market untuk keripik talas sendiri cukup luas, dan bisa kita jual sesuai dengan ukuran yang kita kemas.

Misal untuk jajanan anak, bisa dikemas dalam bungkus plastik ukuran kecil dengan harga eceran 500 hingga 1000 rupiah. Dan untuk pangsa pasar umum bisa mengemas dalam wadah plastik bening yang agak besar dengan harga di kisaran 5000 hingga 10000 rupiah.