Peluang Usaha Makanan Pokok, ini Contohnya

Peluang Usaha Makanan Pokok, ini Contohnya

Bicara mengenai peluang usaha makanan, pasti tak akan berujung bila dibahas, karena akan selalu ada potensi besar dari aneka jenis makanan yang bisa dikemas dalam sebuah usaha makanan. Dan di tulisan kali ini, kita akan bahas potensi aneka warung yang akan kita kupas habis-habisan potensi untungnya.

Meski usaha warung cukup sederhana namun bila dijalankan dengan cara yang tepat maka bukan mustahil untuk mengeruk laba yang berlipat dari sepiring nasi yang dijual.

a. Warung nasi pecel

Sau porsi nasi pecel yang kental dengan bumbu sambal kacang serta sayuran tentunya sangat disuka leh siapa saja. Nasi pecel biasanya cukup mantab bila disantap sebagai sarapan pagi maupun di malam hari sebagai makan malam. Konsumennya sendiri cukup banyak dan tak terbatas pada segmen usia.

Mendirikan usaha warung khusus pecel, tentunya tak perlu memikirkan jenis menu yang lainnya. Karena biasanya warung nasi pecel hanya cukup menjual menu nasi pecel dengan berbagai lauk yang sederhana. Usaha ini cukup memiliki prospek bagus, asal mampu meracik bumbu dengan enak, serta memilih tempat usaha yang strategis.

b. Warung nasi sederhana

Warung sederhana nampaknya masih menjadi primadona sebagai tempat untuk mengisi perut bagi kalangan yang suka dengan makanan pokok dengan harga terjangkau. Konsep warung nasi sederhana biasanya menjual makanan dengan lauk yang sederhana.

Meski hadir engan konsep sederhana, namun keberadaannya mampu menjaring banyak konsumen. Terlebih di saat-saat kondisi ekonomi seseorang yang kurang stabil seperti saat ini.

c. Warung angkringan

Nasi memang makanan pokok, namun dalam warung angkringan, nasi dikemas dengan bentuk yang lebih mini dengan harga yang mini pula, yakni sekitar seribu hingga seribu limaratus rupiah perbungkusnya. Dan kemasan nasi tersebut biasa disebut dengan nasi kucing.

Meski makanan yang dijual di warung angkringan cukup sederhana, namun laba yang berlimpah bisa didapat bila mampu menjaring banyak kalangan khususnya muda-mudi yang gemar kumpul-kumpul di warung angkringan. Nasi kucing dengan lauk pauk seperti tempe, bakwan, tahu, dan aneka camilan lainnya tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat makanan di warung angkringan.

d. Warung soto ayam

Makanan berkuah dengan aroma kaldu ayam yang khas tentunya mampu memikat lidah siapa saja yang mencicipinya. Mendirikan warung soto ayam ditempat yang cukup strategis, tentunya berkesempatan untuk menjaring banyak konsumen, baik dari orang yang lewat maupun warga di sekitar berdirinya warung.

e. Warung makanan khas daerah

Beberapa jenis santapan nusantara yang bisa kita dapatkan di berbagai tempat, nampaknya juga cukup menarik simpati bagi penikmat makanan khas nusantara. Warung Lamongan telah terbukti menguasai pasar kuliner di malam hari di berbagai kota di Indonesia.

Namun tentunya tak hanya warung khas Lamongan saja yang cukup potensial, soto khas kota Kudus, nasi gandul khas Pati, nasi gudeg khas Yogyakarta, dan pecel khas Madiun, tentunya juga memiliki potensi yang cukup besar.