Pemasaran Bisnis Online via Facebook ditahun 2016 , efektifkah ?

Pemasaran Bisnis Online via Facebook ditahun 2016 , efektifkah ?

Facebook merupakan sosial media pertama yang digandrungi masyarakat Indonesia dan dunia , memang sebelum facebook sudah ada sosial media lain seperti friendster , linkedln namun gaung mereka kurang begitu terdengar dibandingkan facebook .

Karena kepopulerannya tersebut , facebook digunakan sebagai media promosi baik untuk berjualan online atau menjajakan jasa online via facebook baik fanpage facebook atau grup facebook bahkan profil facebook . Kepopuleran facebook memuncak ditahun 2011-2013 dimana saat itu di Indonesia belum begitu mengenal ponsel pintar seperti waktu sekarang .

promosi di facebook
beranda facebook

Pada masa 2011-2013 pemasaran online via facebook boleh dikatakan cukup berhasil mendatangkan prospek , namun diakhir 2013 hingga sekarang terjadi penurunan prospek . Nah , sekarang ini sudah masuk kuartal ketiga tahun 2016 , kira-kira masih efektifkah beriklan atau berpromosi di facebook baik secara berbayar atau gratis ? temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga tuntas .

•    Facebook berisi orang-orang yang sudah dewasa
 
Jika ditahun 2010-2012 akun akun facebook berisi akun alay yang suka berstatus tulisan aneh tidak bisa dibaca kini akun – akun alay tersebut mungkin sudah berusia dewasa atau bahkan berkeluarga . Akun – akun alay tersebut yang dulunya suka ngelike status tidak jelas kini bisa berprospek menjadi pembeli karena usia mereka sudah produktif atau sudah berkerja .

•    Masih banyak pesaing yang beriklan di facebook
 
Banyak orang terutama pebisnis online yang mengatakan facebook sudah tidak lagi berprospek menjaring pembeli baru namun kenyataannya masih banyak pebisnis yang beriklan dan iklan tersebut masih memberikan hasil yang bagus untuk masa depan .

•    Sosial media lain hanya angin berlalu
 
Banyak sosial media baru bermunculan seperti instagram , path dan line@ namun sosial media tersebut kurang begitu familiar dibenak masyarakat Indonesia . Selain itu , dalam urusan promosi online , facebooklah yang paling mudah digunakan . Adanya grup facebook dengan anggota yang tidak dibatasi membuat pemasaran bisa menjangkau lebih banyak target dengan cara gratis .

Melihat 3 poin diatas , jawabannya adalah masih efektif . Bagi anda yang bergerak dibidang bisnis online entah jualan online atau bergerak dibidang jasa masih bisa menggunakan facebook sebagai platform sosial media untuk berpromosi .