Pilihan ide Usaha Rumahan ibu Rumah Tangga

Pilihan ide Usaha Rumahan ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga terkadang dituntut kreatif untuk bisa mencari penghasilan sendiri. Terlebih bila kebutuhan rumah sudah mulai membengkak, maka harus ada usaha skala rumahan sebagai sarana pemasukan tambahan, yang bisa dijalankan oleh para ibu rumah tangga. Berikut beberapa pilihan usaha rumahan ibu rumah tangga.

1. Jasa menjahit

Pangsa pasar untuk usaha jahit sebenarnya cukup luas. Banyak orang ingin membenahi pakaian mereka yang sempit, kebesaran atau sobek, namun harus jauh-jauh ke tukang jahit lantaran tidak ada jasa jahit yang dekat. Bagi para ibu rumah tangga kreatif dan bisa menjahit, tentu mesin jahit yang tadinya kusam hanya sebagai pajangan, bisa Anda fungsikan kembali sesuai dengan fungsinya, yakni dengan membuka usaha jahit.

Cara pembentukan pasar sebenarnya cukup mudah. Langkah awal, pastikan bahwa orang tahu kalau kita menerima jasa menjahit, dengan cara menuliskan di papan atau mencetaknya di banner kecil. Beritahu pula orang-orang terdekat seperti teman dan keluarga. Usahakan pula aktifitas menjahit nampak kelihatan dari luar rumah agar mudah menciptkana pencitraan serta mudah diketahui orang yang lewat.

2. Jualan baju atau perlengkapan wanita

Hidup bermasyarakat, khususnya bagi para ibu rumah tangga yang tingal di areal perkampungan ramai, dan sering berkumpl dengan ibu-ibu lainnya, maka sebuah kesempatan besar untuk berjualan pakaian. Macam-macam pakaian bisa didapatkan dari grosir terkenal di kota Anda. Pakaian seperti gamis, long dress, baju-baju desain unik, jilbab, menerima pesanan seperti mukena, hijab terbaru dan aneka kebutuhan perempuan lainnya seperti alat kosmetik serta sabun-sabun pembersih khusus kaum perempuan.

Yang pasti pasar wanita yang dikendalikan oleh wanita itu sendiri tentunya akan lebih menarik, karena hanya wanita yang paling mengerti wanita. Ini bisa menjadi aktifitas usaha rumahan ibu rumah tangga yang cukup menyenangkan.

3. Usaha yang berhungan dengan dapur

Wanita biasanya akrab dengan dunia dapur. Aktifitas memasak tentu sangat disukai oleh para ibu rumah tangga. Apalagi mengola aneka masakan dengan berbagai kreasi. Untuk mengembangkannya ke ranah usaha rumahan ibu rumah tangga, para ibu bisa memilih beberapa bisnis yang berkaitan dengan dapur. Salah satu contohnya adalah usaha catering, menerima pesanan kue untuk arisan RT, membuat aneka jajanan murah untuk anak, dan masih banyak lagi yang bisa dipilih.

4. Jualan sayur di rumah

Sayuran merupakan komponen penting dalam urusan masak-memasak bagi setiap rumah tangga. Namun biasanya para ibu atau tentangga kita hanya bisa mendapatkan sayuran di jam-jam tertentu. sebagai usaha rumahan ibu rumah tangga kreatif, kita bisa berjualan sayuran sekala rumahan yang setiap waktu siap melayani para tetangga. Agar lebih menarik, kita juga bisa menanam sayuran seperti tomat, cabe, kangkung dan bayam di pekarangan rumah, sebagai bahan dagangan tambahan.