Resep Jus Sayur Bayam Yang Sehat

Resep Jus Sayur Bayam Yang Sehat

Resep jus sayur bayam yang sehat dan segar baik untuk kesehatan tubuh

Tidak hanya buah-buahan saja yang bisa dijadikan sebagai jus. Sayuran juga bisa. Beberapa sayuran yang bisa diolah menjadi jus antara lain: bayam, mentimun, brokoli, wortel, tomat, dan masih banyak yang lainnya. Pada kesempatan ini kita akan membahas jus dengan bahan utamanya yaitu sayur bayam yang memiliki banyak sekali serat, vitamin dan sangat baik untuk kesehatan. Memang rasanya tidak seenak jus buah yang biasa kita konsumsi, namun jus sayuran ini memiliki jumlah kalori yang lebih sedikit dibandikan dengan jus buah, dan patut dicoba.

Seperti yang kita ketahui biasanya bayam dibuat menjadi sayur bening, tumis bayam atau kripik bayam atau masakan lainnya. Namun kali ini bayam juga bisa dijadikan jus yang manfaatnya sangat besar pula untuk kesehatan kita. Manfaat yang didapat jika kita mengkonsumsi jus bayam ini ialah dapat menghindarkan kita dari masalah sembelit. Bayam memiliki banyak sekali kandungan serat yang bisa membantu kita mengurangi masalah sembelit. Karena kaya akan zat besi, jus bayam ini juga dapat membantu mengobati anemia dan menjaga serta menurunkan tekanan darah. Jus Bayam juga kaya akan vitamin A dan vitamin C yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata, menjaga kehalusan kulit, dan mengobati sariawan. Kemudian jus bayam ini juga banyak mengandung kalsium sehingga baik untuk tulang, sehingga kita bisa terhindar dari osteoporosis dikala tulang kita sudah memasuki usia yang tidak lagi muda. Jus Bayam juga bisa mengobati sakit maag dan radang usus serta bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga kita bisa terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya. Selain itu olahan jus bayam ini bisa membantu kita untuk menurunkan berat badan.

Rasa yang dihasilakan oleh jus bayam ini memang tidaklah seenak jus buah, oleh karena itu banyak orang yang menghindari minum jus sayur dibandingkan dengan jus buah. Namun jika mengetahui manfaat yang didapatkan dari jus sayur ini mungkin ada baiknya kita tidak perlu ragu lagi untuk mencoba meminumnya.

Untuk membuat jus bayam ini juga tidak sulit. Caranya ialah pertama-tama pilih bayam yang bagus, yang berwarna hijau dan tidak layu atau yang masih segar. Kemudian cuci dan bersihkan bayam dari kotoran-kotoran yang masih menempel. Setelah bayam bersih, petiki daunnya dan kumpulkan menjadi satu di sebuah tempat. Setelah itu, masukann daun bayam tadi ke juicer/blender. Tambahkan gula, dan sedikit es (jika mau), kemudian tambahkan air secukupnya, kemudian blender menjadi satu. Siapkan gelas untuk tempat penyajiannya. Selesai, jus bayam sudah jadi dan siap diminum.

Jus bayam ini juga bisa dikreasikan rasanya dengan mencampurkan buah-buahan atau bahan jus yang lain, misalkan dengan jus jeruk, potongan mangga, daun mint atau seledri. Caranya juga mudah hanya dengan mencapurkan bahan-bahan tersebut menjadi satu kemudian diblender. Jus bayam bisa menjadi jus yang lebih nikmat rasanya. Selamat mencoba.