Segarnya Usaha Rumahan Es Krim Injek

Segarnya Usaha Rumahan Es Krim Injek

Cuaca panas yang melanda seluruh kawasan di Indonesia memang sangat terik sekali hingga orang merasa kepanasan tak terelekkan , cuaca panas di siang hari hingga mencapai 36 derajat celcius lebih bisa membuat dehidrasi . Banyak orang yang mencari sesuatu yang segar dan nikmat saat cuaca panas melanda , seperti buah dingin , es buah , es krim dan masih banyak lagi minuman atau makanan bersensasi dingin untuk mengusir hawa panas yang terik . Dengan cuaca yang panas seperti ini , bisa anda jadikan sebagai lahan bisnis untuk meraup keuntungan yang maksimal yakni dengan mendirikan usaha rumahan.

Usaha rumahan apa yang cocok untuk musim kemarau kering seperti ini ? berbagai macam usaha yang bisa anda mulai misalnya jualan es , jualan buah segar . Nah , sepertinya anda wajib mencoba berjualan es krim injek yang sekarang sedang naik daun . Rasanya jika cuaca terik , memakan es krim bisa dijadikan solusi sebagai pengusir panas dan pelepas dahaga , selain untuk itu es krim juga bermanfaat bagi kesehatan . Kandungan beragam vitamin yang ada pada es krim sangat baik untuk pertumbuhan anak – anak , meningkatkan kecerdasan dan memperbaiki tulang dan otot anak .

segarnya usaha rumahan es krim injek
es krim injek

Apa itu es krim injek ? es krim injek ialah es krim serbuk yang disuntik dengan air lalu dimasukkan ke dalam mesin pendingin seperti freezer atau kulkas yang memiliki fitur untuk membuat es didalamnya . Berawal dari ide es lilin yang terkenal enak dan lezat namun pembuatannya merepotkan , akhirnya muncullah ide mengenai es krim suntik ini terlahir . Komposisi yang pas sesuai takaran pada es krim injek karena bubuk es krim dibuat dari pabrik menjadikan rasa jauh lebih enak daripada es lilin yang asal-asalan takaran komposisinya .  Bentuk boleh sama tapi rasa berbeda , itulah perbedaan antara es lilin dan es krim suntik ini .

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat es krim suntik ini juga sangat sederhana , sehingga Anda bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa repot – repot cari peralatan yang menyusahkan seperti pada pembuatan es krim biasa , berikut peralatannya :

•    Sprayer untuk menyuntik bubuk es krim

peralatan bisnis es kriim injek
sprayer
Sprayer yang diberi jarum suntik untuk menyemprotkan bubuk es krim kedalam kemasan es krim dengan air masak . Cara kerjanya : sprayer yang telah diisi air kemudian ditutup , dipompa lalu suntikkan atau semprotkan kedalam kemasan es krim . Mudah bukan ?

•    Lem tembak

Lem tembak yang berbentuk menyerupai pistol dengan daya dialiri listrik digunakan untuk menambal bekas suntikan es krim . Cara kerjanya yakni lem lilin dimasukkan kedalam lem tembak , lalu aliri lem tembak dengan listrik , setelah lem lilin meleleh , suntikkan kedalam kemasan es krim untu menambal bekas semprotan sprayer tadi .

•    Lem lilin

Lem lilin inilah yang diisikan kedalam lem tembak , fungsinya untuk menambal bekas suntikan kemasan .

•    Kulkas atau freezer

Setelah es krim selesai dibuat , masukkan kedalam kulkas atau freezer untuk membekukannya dan menciptakan rasa dingin yang segar . Hampir setiap rumah memiliki kulkas  jadi peralatan ini termasuk peralatan yang sudah tersedia . Kalau belum punya bisa beli di toko elektronik .

•    Sterefoam pendingin

box pendingin es krim injek
sterefoam pendingin
Jika es krim mau dijajakan ke luar rumah , gunakan sterefoam box untuk menyimpan es krim tersebut agar es krim tetap dingin dan tidak mudah meleleh .

baca juga : tips usaha rumahan es krim

Untuk proses pembuatannya sendiri juga cukup mudah , setelah peralatan diatas dipersiapkan anda tinggal memotong-motong kemasan es krim bubuk yang biasanya masih satu rentengan menjadi satu sachet . Setelah dipotong-potong , kemasan es krim disuntik dengan sprayer lalu bekas suntikan tersebut ditambal dengan lem tembak yang telah diisi lem lilin yang meleleh . Cek apakah masih ada kebocoran atau tidak , setelah dipastikan tidak ada bocor , masukkan es krim kemasan ke freezer diamkan selama 4-5 jam untuk membekukannya .  Selesai

Bagaimana ? sudah mengerti bukan cara pembuatan es krim injek ini , setelah anda selesai membuatnya anda bisa menjualnya di rumah atau di sekolah – sekolah . Pangsa pasar es krim ini beragam mulai dari anak-anak hingga orang dewasa .  Apakah anda ingin mencobanya di rumah ?