Segarnya Usaha Rumahan Jual Sop Buah

Segarnya Usaha Rumahan Jual Sop Buah

Ditengah musim kemarau yang melanda seluruh kawasan Indonesia , rasa panas yang menyengat tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi anda yang sedang mencari peluang usaha rumahan untuk musim kemarau . Salah satu yang bisa anda coba adalah menjual sop buah , sop buah sangat digemari seluruh lapisan masyarakat . Rasanya yang enak , menyegarkan serta dilengkapi dengan potongan-potongan aneka buah yang lezat menjadi daya pikat tersendiri dibandingkan jenis minuman lain . Sangat cocok untuk musim kemarau seperti ini , apalagi jika diminum saat terik matahari menyengat sekitar pukul 12.000 siang waktu orang makan siang .

usaha rumahan jual sop buah
sop buah

Kandungan nutrisi pada buah sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit , serta membantu melancarkan pencernaan . Sop buah begitu populer lantaran selain menyegarkan untuk mengobati rasa haus juga bisa untuk mengganjal perut yang keroncongan . Buah-buah segar seperti pepaya , apel , melon , adalah buah yang wajib hadir pada sop buah segar menyegarkan . Jika anda sedang mencari ide usaha rumahan yang berbasis “beverage” tak ada salahnya kan mencoba menjajakan sop buah dipinggir jalan atau depan rumah anda . Namun , anda harus menawarkan sesuatu yang berbeda mengingat orang yang berjualan sop buah banyak jumlahnya .

Bukan berarti banyak pesaing lalu anda layu sebelum berkembang , bukan ? belum mencoba sudah takut gagal , jangan berpikiran seperti itu . Kita bisa melihat contoh persaingan di pasar tradisional , mereka para pedagang di pasar menjual berbagai macam barang yang mirip bahkan sama antara penjual satu dengan yang lainnya , namun apakah ada yang tidak laku ? tidak , peluang mereka mendapat pembeli sama saja , hampir semua pedagang di pasar selalu laris manis dagangannya dan habis ketika matahari sudah menjulang tinggi . Kita bisa mencontoh mereka , jangan takut untuk bergelut di dunia bisnis yang banyak persaingannya , banyak persaingan berarti adanya permintaan tinggi dari masyarakat .

Untuk itu , perlu anda ketahui beberapa tips untuk menjalankan usaha rumahan jual sop buah ini , tentunya anda menginginkan bisnis yang berjalan lancar banyak pembeli sehingga modal yang dikeluarkan diawal memulai usaha cepat kembali dan setelah itu tinggal menikmati keuntungan atau omzet dari jualan sop buah , bukan ? nah , berikut tipsnya :

•    Jual sop buah dekat kawasan ramai

Jika anda berniat untuk berjualan sop buah , dan kenyataan yang ada rumah anda terletak di gang-gang sempit yang tak begitu ramai , maka yang harus anda lakukan untuk mendulang rupiah dari sop buah adalah menjajakan di kawasan yang ramai seperti sekolah , kampus , alun-alun , dekat pom bensin , dekat atm center atau pinggir jalan . Untuk mendukung aktivitas ini tentunya dibutuhkan gerobak dorong , karena tidak mungkin untuk membawa satu persatu perlengkapan jualan seperti mangkok , ember , galon air pakai tangan .
peluang usaha rumahan
gerobak sop buah
Untuk permulaan usaha ini , berarti anda membutuhkan gerobak dorong , perkiraan harga satu buah gerobak dorong yakni berkisar antara Rp 1.500.000 – Rp 2.500.000 , tentunya semakin mahal gerobak yang anda dapatkan lebih bagus daripada yang harganya rendah . Tapi jika rumah anda memang terletak dikawasan ramai orang lalu lalang melewati rumah , cukup berjualan di teras depan rumah itu sudah baik .

•    Harga yang dipatok menyesuaikan

Karena anda seorang pemula yang terjun di bisnis jualan sop buah , maka jangan kaget jika dihari pertama , kedua atau satu minggu permulaan belum begitu menghasilkan profit yang lumayan . Ini tentunya adalah proses pendewasaan pola pikir anda untuk bertahan di dunia bisnis  yang kejam (semua bisnis itu kejam) , jangan lantas berpikiran harga yang saya patok sama dengan penjual lain , okelah saya turunin hampir separuh harga dari normal biar pembeli datang ke saya . Jangan lakukan seperti itu ,  karena jika anda mematok harga yang terlalu rendah bisa jadi masa depan sop buah ini tidak begitu bagus karena harga yang tidak bersaing .
usaha rumahan sop buah
harga sop buah
Harga untuk sop buah di pinggir jalan atau yang dijajakan di rumah-rumah bervariasi , tergantung isi dari buah yang dihidangkan , semakin banyak buah yang disajikan maka berimbas pula kepada harga yang dipatok . Namun , rentang untuk harga sop buah porsi mangkok sedang berkisar diantara Rp 4.000 – Rp 8.000 . Anda bisa menentukan sendiri , sekiranya harga yang pas itu berapa .

•    Modal Jual Sop Buah

Modal untuk memulai bisnis ini sebenarnya tidak terlalu besar , namun bagi anda yang masih penasaran berapa kocek yang harus dikeluarkan untuk bisnis sop buah ini , berikut ini adalah rinciannya :

–    Beli gerobak dorong = Rp 2.000.000
–    Beli mangkok cap ayam jago 2 lusin =  2 lusin @ Rp 60.0000 = Rp 120.000
–    Beli dispenser air galon = Rp 150.000
–    Beli galon air mineral 1 buah = Rp 12.0000
–    Beli buah-buahan = Rp 100.000
–    Es batu buah dirumah = Rp 0
–    Beli sirup = Rp 12.000 @  2 = 24.000
Total Rp 2.406.000

Itu adalah perkiraan modal awal yang harus anda tebus untuk memulai berjualan sop buah , akan tetapi jika sudah berjalan maka pengeluaran tentu lebih kecil lagi , karena diawal beban modal yang paling besar ada di gerobak dorong , meskipun cukup mahal , namun ini bisa menjadi aset anda dimasa depan . Untuk pengeluaran perharinya bisa diperkirakan hanya Rp 150.000 , lalu berapa keuntungan yang didapat jika dalam satu hari bisa menjual paling sedikit 50 mangkok dengan banderol harga Rp 5.000 , tentunya dalam sehari  anda mendapat omzet Rp 250.000 , angka ini angka dipotong dengan biaya pengeluaran sebesar Rp 150.000 sehingga profit yang anda peroleh sekitar Rp 100.000,- .

baca juga : usaha jualan es krim menyegarkan

Hasil yang lumayan untuk skala usaha kecil menengah , tanpa anda bekerja menjadi PNS anda sudah bisa memperoleh profit 3jt lebih dari berjualan sop buah , menarik bukan ? tak perlu berebut kursi pemerintahan , cukup bermodal ketekunan dan ulet sudah bisa menuai hasil .