Sukses Memulai Peluang Usaha Makanan dan Minuman

Sukses Memulai Peluang Usaha Makanan dan Minuman

Peluang usaha membuka bisnis kuliner rumahan yang sukses dan berhasil

Seperti kita ketahui bersama, pertumbuhan bisnis jual beli makanan dan minuman atau usaha kuliner akhir-akhir ini begitu menjamur. Membuka dan menjalankan bisnis kuliner terlihat begitu mudah. Bahkan ada yang mengatakan, mereka yang membuka bisnis kuliner dapat balik modal sebelum usia usahanya genap satu tahun. Namun meskipun begitu tetap diperlukan persiapan yang matang agar usaha yang akan anda rintis nantinya dapat benar-benar membuahkan hasil yang baik. Nah pada kesempatan ini, kami akan mengulas sambungan dari artikel sebelumnya, Cara Sukses Membuka dan Menjalankan Bisnis Kuliner agar Anda yang ingin membuka dan menjalankan bisnis kuliner dapat memiliki gambaran sebagai persiapan sebelum benar-benar terjun dalam usaha kuliner. Simak Cara Sukses Memulai Peluang Usaha Makanan dan Minuman berikut ini.

Gunakan jasa karyawan dengan tepat. Idelanya karyawan bisnis kuliner terbagi menjadi tukang masak/koki, pelayan, dan kasir. Namun jika usaha yang Anda buka masih tergolong kecil, menggunakan seorang asisten untuk berbagi tugas dengan Anda merupakan solusi yang tepat. Jangan bertindak seenaknya kepada karyawan Anda, hargai mereka. Ingatlah bahwa karyawan merupakan aset yang penting dalam usaha Anda. Berikan upah, fasilitas, dan tunjangan yang layak agar mereka juga termotivasi untuk bekerja lebih giat dan memberikan yang terbaik bagi usaha Anda. Keith Paul dari A Good Egg Dining Group berkata, “Anda tak akan pernah memiliki pelanggan yang bahagia, jika Anda tak memiliki karyawan yang bahagia”. Masuk akal bukan?

Berikan kualitas terbaik bagi para pembeli. Yang dimaksudkan kualitas disini meliputi kualitas rasa masakan, kualitas gizi dari menu yang Anda sajikan. kualitas kebersihan masakan dan rumah makan Anda, kualitas pelayanan karyawan Anda. Kualitas tersebut yang nantinya akan menentukan apakah pelanggan atau konsumen Anda akan kembali lagi untuk menikmati makanan dan minuman ditempat Anda atau tidak. Bangun suasana yang nyaman bagi para pelanggan Anda, baik saat mereka tiba diparkiran, saat mereka masuk, saat mereka memilih menu, saat mereka menunggu pesanan, saat mereka menikmati hidangan, saat mereka membayar, hingga saat mereka meninggalkan rumah makan Anda. Berikan kesan yang tak terlupakan bagi mereka.

Pilih dan tentukan target pasar untuk bisnis kuliner Anda. Tidak dapat dipungkiri jika bisnis makanan dan minuman sangat dipengaruhi oleh pemilihan pasar yang tepat. Anda dapat mengamati lingkungan sekitar Anda dan memilih siapa target market yang akan dibidik, apakah mahasiswa, pekerja kantor, wisatawan, warga perumahan, dll. Setelah itu, Anda dapat menentukan hal-hal lain yang berhubungan dengan target pasar Anda seperti, menentukan model promosi dan pemasaran yang tepat sesuai target pasar Anda, menentukan harga makanan dan minuman yang Anda jual, menentukan konsep tata ruang yang tepat bagi calon pelanggan Anda, menentukan model seragam untuk karyawan Anda, menentukan paket menu makanan yang Anda jual, dll.

Lakukan promosi dan pemasaran usaha kuliner Anda. Tentukan dan terapkan stategi promosi dan pemasaran yang efektif agar tidak menghabiskan banyak biaya. Agar promosi Anda berhasil, amati terlebih dahulu perilaku target market Anda untuk dapat menentukan model promosi apa yang cocok dengan mereka. Anda juga dapat memanfaatkan teknologi sebagai media promosi. Untuk awal-awal, pilih saja yang gratisan seperti menggunakan Twitter atau Facebook. Untuk selanjutnya, Anda dapat menyisihkan penghasilan Anda untuk dialokasikan sebagai dana promosi. Anda dapat menyebarkan brosur, pamflet, leaflet atau membuat spanduk dan papan nama untuk usaha bisnis kuliner Anda. Perlua diingat, jangan terburu-buru untuk melebarkan sayap terlalu cepat karena hal tersebut malah dapat menghancurkan bisnis yang sedang Anda bangun. Berkembanglah secara bertahap. Nimati setiap prosesnya.

Atur keuangan Anda dengan baik. Buatlah laporan keuangan dan neraca bisnis Anda setiap bulan. Misalnya catat setiap pengeluaran dan pemasukan dengan detail dan teliti. Dengan hasil dari catatan tersebut, Anda akan terbantu dalam menganalisis perkembangan bisnis usaha kuliner Anda. Apakah untung? Atau rugi? Sejauh mana perkembangannya? Dengan data tersebut, Anda juga dapat memiliki perkiraan yang lebih tepat mengenai kapan usaha Anda itu balik modal. Jika sudah mendapatkan untung yang lumayan besar, sebaiknya jangan semua dihabiskan. Sisihkanlah sebagian untuk diputar kembali guna lebih mengembangkan bisnis Anda. Berusahalah untuk dapat transparan dengan para karyawan untuk dapat mendapatkan kesetiaan dan kepercayaan yang penuh dari mereka.

Lengkapi usaha Anda dengan surat izin usaha. Jika usaha kuliner yang Anda bangun sudah memberikan hasil yang stabil, mulailah berpikir untuk melengkapi usaha ANda dengan surat ijin usaha instansi pemerintahan ataupun pihak berwenang setempat. Urus pula nomor pokok wajib pajak (NPWP) bagi usaha kuliner Anda. Untuk semakin meningkatkan kredibilitas dan kualitas menu dari usaha kuliner Anda, daftarkan juga perizinan ke kementrian kesehatan serta uruslah sertifikasi halal untuk semua produk Anda ke Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Demikian ulasan lengkap yang berisi persiapan sebelum membuka dan menjalankan usaha bisnis kuliner. Semoga tips yang kami berikan dapat berguna bagi Anda, untuk mempersiapkan lebih baik lagi usaha yang akan Anda bangun. Tentunya semua itu harus didukung dengan niat, usaha, dan doa agar bisnis yang akan Anda jalankan dapat berjalan lancar serta membuahkan hasil yang memuaskan. Mari saya mengundang teman-teman yang memiliki pertanyaan seputar bisnis kuliner, ataupun Anda yang memiliki pengalaman seru terkait usaha bisnis makanan dan minuman, bagikan pertanyaan maupun pengalman Anda dengan mengisi kotak komentar pada bagian bawah. Terimakasih.