Tips Agar Air Susu Ibu (ASI) Lancar Dan Banyak

Tips Agar Air Susu Ibu (ASI) Lancar Dan Banyak

Tips ASI lancar dan banyak

Tips Agar Air Susu Ibu (ASI) Lancar Dan Banyak – Bagi seorang ibu yang baru saja melahirkan anak pertamanya, tentu menginginkan segala sesuatu yang terbaik untuk sang buah hati tercinta, tidak terkecuali untuk kebutuhan ASI sang buah hati. Setiap ibu pasti ingin menyusui anaknya sendiri, namun terkadang ada kekhawatiran sendiri mengenai ASI sang ibu, beberapa kendala dalam memberikan ASI misalnya ASI susah keluar bahkan tidak keluar sama sekali. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Beberapa faktor seperti makanan, atau kebiasaan sang ibu dapat mempengaruhi lancarnya ASI yang keluar selain itu terdapat pula beberapa faktor yang menyebabkan ASI tidak memadai.

Faktor-faktor lain yang ikut mempengaruhi kelancaran ASI ialah sebagai berikut. Ketika lahir sang buah hati dipisahkan di ruang yang terpisah dari ibunya, Sang buah hati tidak menghisap puting payudara dengan baik, Setelah melahirkan sang ibu langsung bekerja sehingga timbul rasa lelah yang menyebabkan ASI sulit keluar atau mengalami penurunan, ibu membatasi pemberian ASI pada bayi, Sang ibu mengalami stress atau depresi pasca melahirkan akan sangat mengurangi jumlah ASI yang keluar, bentuk puting yang masuk kedalam, pernah menjalani operasi payudara, ibu melahirkan secara sesar, penggunaan pil kb setelah melahirkan.

TIPS AGAR AIR SUSU IBU (ASI) LANCAR DAN BANYAK

Pada usia emas bayi yaitu pada usia 0-6 bulan sangat disarankan bagi para ibu untuk memberikan ASI eksklusif untuk sang buah hati, namun kekhawatiran muncul ketika ASI tidak lancar dan hanya sedikit yang keluar sehingga bayi tidak mendapat cukup ASI. Maka dari itu pada kesempatan kali ini Omah Tips ingin berbagi tips agar air susu ibu lancar dan banyak dan bayi bisa mendapat cukup ASI dan tetap sehat, diantaranya ialah sebagai berikut :
Tips yang pertama ialah memperbanyak minum air putih setiap hari nya, minumlah 10-12 gelas perhari supaya kebutuhan cairan ibu dapat terpenuhi, sehingga ASI pun selalu lancar dan banyak. Biasakan pula untuk minum air mineral setelah ibu menyusui.
Tips yang kedua ialah mulailah hidup sehat. Hal ini sangat diperlukan untuk meningkatkan jumlah ASI ibu, perbanyak berolahraga, makan dan minum yang sehat seperti buah, sayur dan susu yang baik untuk memperlancar ASI kemudian hindarilah kebiasaan buruk seperti merokok atau minum-minuman beralkohol.
Tips yang ketiga ialah beristirahatlah yang cukup. Jika Anda terlalu lelah seharian, seperti bekerja tanpa mengenal waktu hingga begadang setiap malam, Anda akan sangat lelah dan hal itu tentu akan mempengaruhi jumlah ASI Ibu. Usahakanlah setelah melahirkan beristirahat yang cukup dengan tidur siang.
Tips yang keempat ialah menyusui bayi dengan teratur dan hindari penggunaan dot pada minggu-minggu pertama dikarenakan bayi akan kesulitan membedakan antara dot botol susu dengan puting ibu dan ketika dia menghisap puting ibu sang bayi akan menghisapnya dengan tidak benar, sebaiknya ibu harus mempelajari teknik menyusui yang benar dan gunakanlah kedua payudara Ibu secara bergantian untuk menyusui. Biarkan bayi menyusui sesering mungkin untuk mendapatkan kebutuhan ASI yang cukup selain itu dapat membantu ASI keluar dengan lancar.
Tips yang kelima yaitu kurangi tingkat stress dan hindarilah yang bisa menimbulkan tingkat stress menjadi tinggi. Tidak dipungkiri bahwa tingkat stress bisa menjadikan ASI tidak lancar, maka dari itu berpikirlah yang baik dan rileks kan diri Anda supaya ASI dapat keluar dengan lancar dan banyak. kuncinya rileks dan santai.
Tips ASI lancar yang terakhir yaitu pijatlah payudara ibu dengan lembut supaya peredaran ASI lancar dan dapat mengeluarkan banyak ASI, pijatlah dengan baby oil dengan lembut.
Tips diatas dapat membantu ibu memperlancar ASI dan memperbanyak ASI. Sebaiknya bagi para ibu harus teratur dan rutin memberikan ASI kepada sang buah hati agar sang buah hati sehat dan ikatan dengan ibu pun semakin kuat selain itu pantau berat badan bayi Anda jika dia mendapatkan ASI yang cukup, maka berat badannya pun akan seimbang. Terimakasih telah membaca.