Tips Agar Anak Balita Tidak Ngompol Lagi

Tips Agar Anak Balita Tidak Ngompol Lagi

Obat mujarab untuk mengobati anak balita yang suka sering ngompol waktu tidur dimalam hari

Apakah Anda sering jengkel karena anak belita Anda masih sering mengompol? Mengompol merupakan sebuah istilah untuk menyebut anak balita yang buang air kecil (pipis) tanpa sadar saat mereka sedang tertidur. Hal tersebut wajar dan biasa ditemui pada anak berusia dibawah 5 tahun dan biasanya kebiasaan ini akan berhenti pada usia 7 tahun, meskipun pada kasus tertentu ada pula anak yang sudah berusia lebih dari 7 tahun namun masih mengompol. Pada umumnya, anak-anak berusia sekitar 7 tahun otot-otot kandung kemihnya sudah memiliki respon yang baik. Hal tersebut akan membuat mereka dapat terbangun dengan sendirinya ketika kandung kemih mereka sudah penuh. Dengan begitu anak dapat pergi ke kamar kecil dan menjadi tidak ngompol lagi. Nah bagi Anda para orang tua yang masih sering direpotkan karena anak balita Anda sering ngompol, simak tips ampuh agar anak Anda tidak ngompol lagi berikut ini.

Anda sebagai orang tua dapat menerapkan terapi sederhana yang dapat Anda buat sendiri. Misalnya Anda membuat budaya atau kebiasaan buang air kecil sebelum anak atau balita Anda pergi tidur. Lakukan terus kebiasaan ini dimanapun Anda dan anak Anda berada, baik itu dirumah sendiri ataupun saat menginap dirumah kakek nekek atau dirumah om dan tante.

Sebagai bagain dari terapi, Anda dapat membuat aturan yang membatasi anak Anda makanan dan minuman yang manis secara berlebihan. Perlu diketahui bahwa tubuh akan membuang kelebihan zat-zat yang tidak dibutuhkan termasuk juga kandungan gula yang banyak dikonsumsi anak Anda. Banyaknya zat yang sebenarnya kurang dibutuhkan oleh tubuh akan membuat anak Anda sering kencing. Sebaliknya akan sangat baik jika Anda membiasakan anak Anda untuk banyak minum air putih.

Untuk membangun rasa percaya diri anak Anda agar tidak mengompol lagi, Anda dapat melepaskan popok yang biasa dipakai oleh anak Anda dan menggantinya dengan memasang perlak untuk melapisi tempat tidur anak Anda agar tidak basah jika sewaktu-waktu anak Anda mengompol.

Jika terapi yang Anda jalankan belum membuahkan hasil dan anak Anda tetap saja masih mengompol, jangan memberikan ancaman pada mereka. Misalnya dengan mengatakan “Kalau ngompol lagi, nanti papa marah lho!”. Alih-alih berkata begitu, lebih baik Anda berkata “Adek jangan ngompol lagi ya, malu sama kakek nekek kalo adek masih ngompol”. Sekalipun Anda kesal sekali, hindari untuk memarahi mereka karena hal tersebut justru dapat membuat anak Anda merasa sedih, tertekan, dan dapat menimbulkan stress.

Biasakanlah untuk memberikan pujian bila anak Anda berhasil melewati tidurnya tanpa ngompol. Pujian yang Anda berikan akan membaut anak Anda bangga sekaligus hal tersebut baik dalam pertumbuhan rasa percara diri anak Anda.

Ajarkan juga pada anak Anda untuk memberitahu Anda jika mereka ingin buang air kecil. Misalnya dengan kalimat “Bunda, adek pengen pipis”. Selain itu ada baiknya juga agar Anda dapat bersikap peka bila anak sudah mulai gelisah dan menunjukkan gelagat ingin pipis. Yang penting Anda harus selalu sabar dan terus berusaha ya. Itulah beberapa cara agar anak tidak ngompol saat tidur dimalam hari.