Tips Agar Mobil Hemat dan Irit Bensin(BBM)

Tips Agar Mobil Hemat dan Irit Bensin(BBM)

Cara mengemudi dan merawat mobil agar mobil hemat bensin solar dan bahan bakar

Hmm… Mungkin akhir-akhir ini Anda punya pertanyaan “Bagaimana agar mobilku tidak boros lagi ya?”. Jika itu permasalahan yang sedang Anda hadapi, Anda tidak perlu terburu-buru untuk berganti mobil yang katanya mobil-mobil keluaran sekarang itu lebih irit BBM, baik bensin maupun solar. Yang perlu Anda ketahui, sekalipun Anda berganti mobil yang katanya irit, hal itu belum tentu menjamin konsumsi BBM mobil anda menjadi lebih hemat. Lalu kenapa mobil menjadi lebih boros bahan bakar? Jawabannya mungkin karena cara Anda salah dalam mengemudi dan merawat mobil Anda. Langsung saja berikut tips mudah agar mobil lebih irit bahan bakar.

Saat di rumah, sebaiknya jangan terlalu lama memanaskan mobil. Memanaskan mobil terlalu lama malah akan membuat bensin terbuang secara percuma. Panaskan mobil cukup 10-15 menit tiap pagi, agar stamina mesin selalu terjaga. Sebelum bepergian, pastikan Anda selalu mengecek tekanan angin pada ban Anda. Memaksakan bepergian dengan kondisi ban yang kempes atau kurang angin akan membuat beban mobil Anda semakin berat dan akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil Anda. Perhatikan juga barang bawaan dan beban mobil Anda. Untuk Anda yang hobi memasang ekterior mobil, sebaiknya kurangilah memasang eksterior yang dapat mengurangi hambatan angin. Misalnya Anda dapat melepas bumper depan dan rak barang di atas mobil apabila benar-benar tidak dibutuhkan.

Saat menggunakan mobil untuk bepergian, sebaiknya perhatikan jarak tempuh yang akan Anda tuju. Jarak yang terlalu dekat akan membuat mobil Anda mengkonsumsi BBM lebih banyak, karena proses dalam mesin belum optimal. Kendarailah mobil dengan halus. Pastikan Anda berjalan dengan menggunakan gigi yang tepat dan kecepatan yang konstan, karena semakin sering pedal gas di lepas dan diinjak kembali, maka konsumsi bahan bakar akan semakin boros. Disarankan pula untuk berkendara dengan kecepatan tidak lebih dari 90 km/jam. Lagi-lagi hal tersebut akan membuat konsumsi bahan bakar mobil Anda menjadi lebih banyak. Jangan sering melakukan pengereman secara mendadak, dan ketika jalanan macet total dengan perkiraan waktu yang cukup lama, sebaiknya mesin mobil dimatikan saja. Gunakan AC dengan efisien.

Yang terakhir dan tak kalah penting, sebaiknya Anda menggunakan bahan bakar mobil Anda sesuai ketentuan dan persyaratan dari pabrik. Misal jika perusahaan yang mengeluarkan mobil Anda menganjurkan Anda untuk menggunakan pertamax, ya patuhi saja untuk menggunakan pertamax dan tidak memaksakan memakai bensin. Hal tersebut penting agar proses di dalam mesin mobil Anda menjadi optimal dan konsumsi BBM menjadi tidak boros. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan servis secara berkala. Tentunya di bengkel resmi dari perusahaan mobil Anda. Begitulah tips supaya mobil hemat bahan bakar yang kami tulis secara simple, praktis, mudah dilakukan, dan semoga dapat menjadi solusi dari permasalahan Anda.