Tips Berolahraga Ketika Sedang Berpuasa Di Bulan Ramadhan Yang Aman Dan Benar

Tips Berolahraga Ketika Sedang Berpuasa Di Bulan Ramadhan Yang Aman Dan Benar

Tips Berolahraga Ketika Sedang Berpuasa – Bulan puasa sebentar lagi akan datang, tiba saatnya seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa dengan menahan segala hawa napsu, lapar dan haus dan keinginan yang tidak baik. Dengan menahan lapar dan haus tentunya tubuh menjadi kurang bertenaga dan Anda dengan mudah merasakan lelah dan tidak bersemangat. Namun, hal itu harus Anda lawan dan Anda buang jauh-jauh kebiasaan malas-malasan tersebut (Baca juga Tips Mencegah Rasa Lesu Saat Berpuasa).
Kebiasaan malas dan kurang bersemangat ini bisa disebabkan karena Anda tidak melakukan kegiatan seperti biasanya, mungkin pada hari-hari biasa Anda selalu berolahraga namun karena Anda sedang berpuasa membuat Anda menghilangkan kebiasaan tersebut. Berolahraga memang menjadi kebiasaan yang baik yang harus selalu Anda lakukan setip harinya. Meskipun Anda sedang berpuasa pun, Anda dapat terus berolahraga namun dengan intensitas yang tentu saja dikurangi, mengingat Anda sedang berpuasa. 

TIPS BEROLAHRAGA KETIKA SEDANG BERPUASA DI BULAN RAMADHAN

Tidak sedikit orang juga menghindari untuk berolahraga karena takut jika puasa mereka akan menjadi batal. Ya, itu menjadi pilihan Anda sekalian. Apakah Anda ingin tetap menjalankan kegiatan olahraga tersebut atau tidak melakukannya. Itu semua pilihan Anda. Namun, bagi Anda yang ingin tetap berolahraga meskipun sedang berpuasa, berikut ini kami berikan beberapa tips berolahraga saat berpuasa yang bisa Anda perhatikan dan Anda coba lakukan :
Tips Berolahraga Ketika Sedang Berpuasa
Tips Berolahraga Ketika Sedang Berpuasa

Tips Berolahraga Ketika Sedang Berpuasa. Perhatikan Jenis Olahraga Yang Anda Lakukan

Ketika berpuasa tidak ada makanan ataupun minuman yang masuk ke tubuh sehingga hormon insulin yang seharusnya berfungsi untuk mentransfer glukosa ke dalam tubuh tidak ada, dan tubuh menjadi kurang bersemangat. Dengan berolahraga justru akan membuat glukosa masuk ke dalam otot-otot dan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan tidak lemas.
Tips Berolahraga Ketika Sedang Berpuasa
Berolahraga Saat Berpuasa Di Bulan Ramadhan
Namun, tetap saja karena Anda sedang berpuasa sebaiknya memilih olahraga yang ringan dan tidak terlalu berat. Olahraga yang bisa Anda lakukan saat sedang berpuasa misalnya seperti jalan santai bersama keluarga, atau lari-lari kecil mengitari kompleks rumah, yoga, taichi di pagi hari atau bahkan bersepeda santai bersama anak-anak dan pasangan Anda.

Tips Berolahraga Ketika Sedang Berpuasa. Perhatikan Waktu Anda Berolahraga

Selain Jenis olahraga, yang perlu Anda perhatikan selanjutnya yaitu waktu berolahraga yang tepat. Jangan sampai Anda memilih waktu yang tidak pas dan akan membuat Anda semakin lemas dan akhirnya membuat batal puasa Anda. Waktu yang tidak ataupun kurang pas untuk berolahraga yaitu pada siang hari yang panas dan terik, itu tentunya akan membuat olahraga Anda semakin berat dan kemungkinan untuk membatalkan puasa juga semakin besar. 
Tips Berolahraga Saat Sedang Menjalankan Puasa
Tips Berolahraga Saat Sedang Menjalankan Puasa
Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi saat berolahraga. Beberapa gejala dehidrasi, seperti kepala pusing dan berkunang-kunang, bibir pecah-pecah, kulit kering dan badan lemas. Maka dari itu, waktu yang pas juga harus Anda perhatikan jika Anda ingin berolahraga. Waktu yang pas seperti pada saat sore hari menjelang berbuka puasa, saat matahari tidak berada tepat di atas kepala kita.
Baca juga :
Yuk Masak Masakan Enak Untuk Berbuka Puasa Di Hari Pertama
Tips Jitu Agar Puasa Anda Terasa Lebih Ringan
 7 Cara Paling Asik Untuk Ngabuburit Selama Bulan Puasa
Menu Sehat Dan Enak Untuk Berbuka Puasa
Anda bisa berolahraga tepat satu jam sebelum berbuka puasa, jadi ketika Anda sudah lelah saat berolahraga sore Anda bisa langsung mendapatkan asupan makanan dan minuman yang Anda butuhkan saat berbuka puasa. Atau Jika Anda ingin berolahraga setelah berbuka yaitu 2 jam setelah berbuka puasa. Anda juga bisa melakukan olahraga dipagi hari dengan melakukan jalan pagi.
Tips Berolahraga Saat Sedang Menjalankan Puasa
Tips Berolahraga Ketika Sedang Berpuasa

Tips Berolahraga Ketika Sedang Berpuasa. Perhatikan Tempat Anda Berolahraga

Hal yang perlu Anda perhatikan lagi jika ingin berolahraga ketika sedang berpuasa yaitu tempat. Tempat olahraga haruslah yang nyaman dan sejuk, dan sebisa mungkin terhindar dari polusi udara yang dapat mengganggu kesehatan pernafasan Anda sekalian. Anda bisa melakukan olahraga di tempat dan area yang terbuka seperti lapangan atau dibawah pohon untuk mendapatkan udara yang segar dan masih sejuk.
Tips Berolahraga Ketika Berpuasa
Tips Berolahraga Ketika Berpuasa
Demikian tadi beberapa tips berolahraga ketika sedang berpuasa di bulan ramadhan yang aman dan benar. Dengan berolahraga tubuh menjadi lebih sehat dan tetap bugar dan bersemangat menjalankan ibadah puasa Anda.